6 Sumber Makanan Nutrisi Tinggi untuk Penuhi Energi Anak

Bagikan Artikel:

Setiap Ibu pasti ingin sang anak mendapatkan makanan nutrisi tinggi yang sehat dan mengenyangkan. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, makanan bergizi dapat menurunkan berbagai keluhan kesehatan, seperti gizi buruk, anemia, dan juga sembelit.

Di sisi lain, mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi tidaklah sulit. Selain banyak ragamnya, ketersediaannya juga melimpah di sekitar kita. Berikut adalah daftar makanan nutrisi tinggi yang baik dan sehat untuk dikonsumsi anak.

 

1.   Sayuran Hijau

Contoh makanan bernutrisi tinggi yang pertama adalah sayuran hijau. Sayuran hijau, seperti sawi, brokoli, dan bayam, mengandung banyak sekali nutrisi penting, seperti serat, vitamin A, vitamin C, serta vitamin K.

Asupan ini juga kaya berbagai mineral yang diperlukan tubuh, seperti magnesium, kalium, zat besi, folat, hingga kalium. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga kaya akan antioksidan. Mengonsumsi sayuran hijau dalam jumlah cukup memberikan suplai nutrisi dan energi bagi tubuh anak.

Baca Juga : Anak Kecapekan? Berikan Makanan & Minuman Ini untuk Kembalikan Energinya

 

2.   Buah-buahan

Buah-buahan merupakan sumber nutrisi vitamin, mineral, dan antioksidan yang banyak sekali. Misalnya, apel dan jeruk yang kaya akan vitamin C; pisang kaya akan kalium; dan alpukat yang tinggi dengan kandungan lemak sehat, kalium, dan vitamin C yang tinggi.

Mana buah sebagai makanan nutrisi tinggi yang terbaik? Semuanya adalah baik, sehat, bagus dikonsumsi anak. Variasikan jenis buah-buahan untuk anak agak nutrisi yang diperoleh semakin lengkap.

 

3.   Keju

Keju adalah sumber protein yang hebat. Anak usia 3 - 8 tahun membutuhkan 13 - 19 gram protein per hari; dan 34 gram dibutuhkan anak usia 9 - 13 tahun. Sementara itu, protein harus dikonsumsi secara teratur dalam makanan karena tidak dapat disimpan untuk digunakan nanti.

Menggabungkan jenis karbohidrat yang tepat, seperti buah, dengan camilan kaya protein seperti keju, bisa membantu memaksimalkan tingkat energi dan mempertahankan rasa kenyang.

 

4.   Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan tinggi nutrisi berikutnya adalah kacang dan biji-bijian. Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang tanah, kacang mete, kacang almon, biji labu, hingga wijen mengandung nutrisi lengkap. Seperti protein dan serat, vitamin E dan magnesium.

Apabila anak tidak suka makan kacang utuh, cobalah sajikan sandwich kacang atau mentega almon kecil di atas roti gandum.

 

5.   Telur

Telur adalah asupan yang dikemas dengan nutrisi lengkap. Satu buah telur mengandung 6 protein, lemak, serta kaya vitamin D, vitamin B12, dan zat besi.

Zat-zat tersebut berperan meningkatkan imunitas dan pembentukan sel darah merah anak.

Penyajian telur juga relatif mudah dan bervariasi. Telur bisa direbus, didadar, mata sapi, hingga campuran dalam makanan.

 

6.   Susu

Makanan nutrisi tinggi selanjutnya adalah susu. Ya, segelas susu mengandung nutrisi lengkap dengan komposisi vitamin, mineral, protein hewani dan lemak sehat. Susu juga merupakan sumber kalsium terbaik yang bisa mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.

Itulah sebabnya, Ibu bisa memberikan MILO 3in1 setiap hari. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

Itulah enam makanan nutrisi tinggi untuk mendukung energi anak. Ibu tinggal mengombinasikannya dengan asupan sehat lainnya. Berikan dalam porsi cukup diikuti dengan menjalani pola hidup sehat lainnya. Selamat mencoba!

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak Aktivitas
5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan

Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online Aktivitas
Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online

Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak

Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya Aktivitas
Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya

Kamu punya hobi bermain games di PC atau gadget setiap hari? Kayaknya kamu harus mulai mengasah skill permainanmu, deh. Siapa tahu kamu nantinya bisa

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah Aktivitas
5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak Aktivitas
Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan

Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya

Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Tahukah Ibu kalau memberi makanan dan minuman anak tidak boleh sembarangan. Apalagi saat anak Ibu sudah memasuki usia sekolah. Ada sejumlah kebutuhan

5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani Aktivitas
5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Pernahkah Ibu melihat anak menangis karena tidak mau masuk kelas? Biasanya, ini terjadi karena ia tak ingin berpisah dari Ibunya. Hal selanjutnya yang

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana Aktivitas
5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun,