SUPAYA TAK CEDERA, CARI TAHU CARA LARI YANG BENAR SUPAYA TAK CEDERA, CARI TAHU CARA LARI YANG BENAR

Supaya Tak Cedera, Cari Tahu Cara Lari Yang Benar

30 September 2020

Selain menyenangkan, olahraga lari juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental anak. Jika dilakukan secara rutin, tubuh anak bisa jadi lebih kuat dan daya tahan tubuhnya pun akan meningkat, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Terlepas dari segala manfaatnya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk menghindari risiko cedera saat lari. Apa saja itu? Berikut ini informasi lengkapnya, Bu!

1. GUNAKAN PAKAIAN YANG MENYERAP KERINGAT

Meskipun terlihat sepele, menggunakan baju yang menyerap keringat merupakan hal yang penting. Mengapa demikian? Pakaian olahraga yang baik bisa memberikan rasa hangat pada saat cuaca sedang berangin, dan memberikan rasa sejuk ketika cuaca sedang panas. Selain itu, bila pakaian yang dipakai Sang Juara tidak mampu menyerap keringat dengan baik, ia akan merasa kurang nyaman, dan rentan mengalami cedera. Maka dari itu, pilihlah pakaian olahraga yang dapat menyerap keringat dengan baik.

2. Pakai Sepatu yang Tepat

Memilih sepatu olahraga yang tepat juga merupakan salah satu hal yang wajib Ibu perhatikan. Perlu Ibu ketahui bahwa ada berbagai jenis sepatu olahraga, sesuai dengan kebutuhan aktivitas yang dilakukan. Contohnya, jika Sang Juara akan melakukan olahraga lari, maka gunakanlah sepatu khusus lari. Hal ini untuk menghindari jari kaki lecet, rasa sakit pada betis, sakit lutut, dan lainnya. Selain itu, pastikan anak juga menggunakan ukuran sepatu yang sesuai. Hindari ukuran sepatu yang terlalu pas maupun terlalu besar.

3. LAKUKAN PEMANASAN

Nah, sebelum olahraga, ingatkan anak untuk melakukan pemanasan ya, Bu. Kadang kala karena terlalu semangat untuk olahraga, banyak anak yang mengabaikan pemanasan. Padahal, meskipun sudah sering melakukan olahraga, pemanasan wajib dilakukan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kram otot dan terhindar dari cedera ketika berolahraga. Selain itu, pemanasan juga dilakukan untuk meningkatkan cairan yang melumasi persendian sehingga membuat sendi anak menjadi lebih lentur.

4. PERHATIKAN TEKNIK BERLARI YANG BENAR

Tahukah Ibu bahwa olahraga lari juga harus dilakukan dengan teknik yang benar? Awalnya memang terasa kaku, namun jika sudah terbiasa, tubuh anak akan beradaptasi dengan baik. Salah satu teknik berlari yang bisa anak lakukan adalah mulai berjalan kaki dengan jarak dan durasi yang pendek. Jadi, ingatkan anak untuk tidak memaksakan diri, ya. Kemudian, perlahan cobalah berlari dengan posisi yang benar, yaitu badan lurus agak mencondong ke depan, pandangan lurus ke depan, dan ayunkan tangan secara natural di kanan dan kiri tubuh.

Baca Juga: Manfaat Susu Coklat yang Mengandung Vitamin D & Kalsium untuk Anak

5. TERAPKAN CARA BERNAPAS YANG BAIK

Mengatur pernapasan bagi pemula memang cukup menantang. Meski begitu, ada cara mudah yang dapat diikuti Sang Juara. Berikut ini langkah-langkah agar bisa bernapas dengan baik:

  • Hirup udara melalui hidung
  • Penuhi ruang di paru-paru
  • Lepaskan melalui mulut yang sedikit terbuka

Langkah-langkah ini sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan menarik napas melalui mulut dapat menyebabkan terhirupnya kotoran dan debu sehingga masuk ke saluran pernapasan.

Itu dia beberapa cara agar dapat melakukan olahraga lari dengan benar agar terhindar dari risiko cedera. Nah, setelah lelah berolahraga, jangan lupa kembalikan energi Sang Juara dengan MILO Activ-Go. MILO Activ-Go merupakan minuman cokelat yang kaya akan Vitamin B Kompleks yang membantu mengembalikan energi anak setelah aktif bergerak. Jadi, ia bisa tetap aktif untuk raih lebih. Selamat berlari bersama Sang Juara!

buy now image
BELI PRODUK MILO