cara-menjaga-kesehatan-tubuh-anak-olahraga-pagicara-menjaga-kesehatan-tubuh-anak-olahraga-pagi

Alasan Olahraga Pagi Bisa Bantu Sang Juara Optimalkan Tumbuh Kembangnya

19 February 2021

facebook iconwhatsapp icon

Setiap Ibu tentu sudah tahu bahwa olahraga bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh anak. Memang sih olahraga bisa dilakukan kapan saja, baik pagi maupun sore hari. Tapi, tahukah Ibu, ada sederet alasan mengapa olahraga pagi lebih direkomendasikan bagi anak. Salah satunya adalah untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Mengapa begitu? Yuk, cari tahu alasannya di bawah ini: 

1. Saat Pagi Hari, Udara Lebih Bersih 

Jika anak terbiasa melakukan olahraga outdoor atau di luar rumah, pagi hari menjadi waktu yang tepat karena udaranya masih bersih dan segar. Alasannya, karena udara pagi hari masih belum terkontaminasi tinggi oleh polusi. Karena itu udaranya masih segar, sehingga ideal untuk olahraga outdoor di pagi hari. Meski begitu, pastikan Sang Juara tetap mengikuti protokol kesehatan selama masa pandemi ya, Bu.  

2. Anak Mendapat Vitamin D yang Cukup dari Sinar Matahari 

Sinar matahari di pagi hari mengandung Vitamin D yang sangat penting dalam memelihara kesehatan tubuh anak. Selain menjadi cara menjaga kesehatan tubuh anak yang ideal, sinar matahari di pagi hari juga dapat membantu penyerapan Kalsium dalam tubuh, dengan begitu kesehatan tulang anak dapat lebih terjaga. Waktu ideal untuk mendapatkan sinar matahari yang baik adalah jam 9 hingga 10 pagi.  

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh 

Olahraga pagi menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh anak dan mengoptimalkan metabolisme tubuhnya. Metabolisme ini memiliki peran penting dalam mengubah makanan dan minuman menjadi sumber energi untuk beraktivitas setiap harinya. Salah satu jenis olahraga pagi yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh adalah olahraga kardio yang dapat meningkatkan detak jantung, seperti lari pagi, bersepeda, dan olahraga lainnya.  

 

Baca Juga: Pentingnya Aktivitas Fisik Bagi Pertumbuhan Anak 

 

4. Meningkatkan Suasana Hati Anak 

Olahraga dapat meningkatkan endorfin atau hormon rasa senang dalam tubuh anak. Oleh karena itu, setelah olahraga pagi, biasanya anak akan jadi lebih semangat dan memiliki suasana hati positif yang dapat membuat ia lebih bersemangat menjalankan harinya. Tentu saja ini  dapat berpengaruh baik bagi prestasi anak di sekolah, karena ia akan lebih semangat belajar, Bu.  

5. Meningkatkan Nafsu Makan Anak Saat Sarapan 

Apakah Sang Juara termasuk anak yang tidak suka sarapan? Jika iya, olahraga di pagi dapat meningkatkan nafsu makan anak saat sarapan. Sebab, ketika olahraga energi anak akan terkuras yang kemudian membuatnya merasa lapar, sehingga akhirnya memiliki nafsu makan untuk menyantap sarapannya.  

Rekomendasi Olahraga di Pagi Hari 

Sekarang Ibu sudah tahu pentingnya olahraga pagi sebagai cara menjaga kesehatan tubuh anak. Lantas, olahraga apa saja yang sebaiknya dilakukan? Tentu saja sebisa mungkin pilih olahraga di luar rumah, dengan begitu anak bisa aktif bergerak dan mendapatkan Vitamin D dari sinar matahari. Untuk jenis olahraganya dapat disesuaikan dengan keinginan anak, misal lari pagi, bersepeda, atau sekedar lompat tali di pekarangan rumah, dan lain sejenisnya.  

 

Selain mengajak anak rutin olahraga pagi, cara menjaga kesehatan tubuh anak yang juga bisa Ibu lakukan adalah menjaga asupan makanan dan minumannya. Berikan Sang Juara menu sarapan bergizi dan lengkapi dengan segelas MILO Activ-Go. MILO Activ-Go mengandung kebaikan alami dari Ekstrak Malt, bubuk Kakao, dan Susu. Adapun kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya dapat mengembalikan energi anak setelah berolahraga di pagi hari, Bu! 

buy now image
BELI PRODUK MILO