20 April 2021

Inspirasi Sarapan Sehat untuk Anak saat Sekolah Online

Bagikan Artikel:

Meski anak masih bersekolah secara daring, Ibu tetap perlu memperhatikan sarapan sehat untuk anak sekolah. dr. William Sears, dokter anak asal California, Amerika Serikat menyatakan bahwa anak yang rajin sarapan pagi akan lebih fokus dalam belajar daripada anak yang melewatkan sarapan pagi. Hal ini disebabkan energi yang berasal dari asupan karbohidrat bisa membuat anak lebih aktif dalam berdiskusi, menangani suatu persoalan yang diberikan guru, hingga mendapatkan nilai yang lebih baik. Lalu, sarapan seperti apa yang sebaiknya diberikan kepada anak? Berikut ini kreasi menu sarapan yang bisa Ibu buat beserta kandungan nutrisinya.

Baca Juga : 3 Alasan Anak Harus Sarapan Saat Mau Ujian

1. Bubur Ayam

Saat cuaca dingin dan hujan turun, Ibu bisa membuat sarapan sehat untuk anak sekolah seperti bubur ayam agar tubuhnya tetap terasa hangat di pagi hari. Ibu memerlukan beras putih yang sudah dicuci bersih, kaldu ayam, garam, dan telur ayam yang sudah direbus untuk memasak bubur ayam dengan topping lengkap. Untuk cara membuatnya, cek di sini, ya!

Setelah itu, jangan ketinggalan untuk melengkapi sarapan anak dengan MILO 3in1. Memangnya ada bedanya sarapan dengan dilengkapi MILO dan tidak? Yuk, cek kandungan nutrisinya!

Kandungan Nutrisi

Sarapan Dilengkapi MILO

Sarapan tanpa MILO

Energi

33%

25%

Protein

48%

38%

Zat Besi

65%

31.9%

Vitamin D

36%

2.67%

Vitamin B1

58%

33.4%

Vitamin B2

80.9%

31.9%

Vitamin B3

103.5%

57.3%

Vitamin B5

52%

24.5%

2. Nasi Goreng

Ibu juga bisa berkreasi dengan nasi sebagai sarapan sehat untuk anak sekolah. Pasalnya, ada juga anak yang merasa belum makan kalau belum memakan nasi. Kreasi pertama dengan nasi adalah memasak nasi goreng. Selain mudah dibuat, bahannya pun mudah ditemukan di dapur. Ibu bisa mengintip resepnya di sini.

Namun, jangan lupa untuk melengkapi sarapan anak dengan MILO 3in1. Berikut ini adalah nutrisi yang akan didapatkan anak bila sarapan nasi goreng dilengkapi MILO 3in1 dan yang tidak.

Kandungan Nutrisi

Sarapan Dilengkapi MILO

Sarapan tanpa MILO

Energi

34%

25%

Protein

79%

70%

Zat Besi

89%

55.2%

Vitamin D

33%

0%

Vitamin B1

45%

20.3%

Vitamin B2

67.8%

18.8%

Vitamin B3

77.3%

31.1%

Vitamin B5

59.3%

32.2%

Vitamin C

75%

33%

3. Nasi Kuning

Kreasi sarapan sehat untuk anak sekolah berbahan nasi lainnya yang bisa dicoba di rumah adalah nasi kuning. Ibu hanya perlu menyiapkan 500 gram nasi putih, 50 gram santan, kunyit dan jahe 1 ruas. Siapkan pula 2 siung bawang putih dan 3 siung bawang merah. Selain itu, siapkan juga garam, 1 batang serai dan 2 lembar daun salam. Bagaimana cara membuatnya? Ibu bisa cek resep lengkapnya di sini.

Untuk melengkapi sarapannya, Ibu bisa menyiapkan MILO yang disajikan dengan es batu agar terasa lebih segar. Penting untuk menyiapkan MILO untuk melengkapi sarapan anak, lho. Berikut ini adalah perbedaan sarapan nasi kuning yang dilengkapi MILO dan yang tidak.

Kandungan Nutrisi

Sarapan Dilengkapi MILO

Sarapan tanpa MILO

Energi

27%

19%

Protein

29%

19%

Zat Besi

50%

16.2%

Vitamin D

37%

3.28%

Vitamin B1

46%

21.1%

Vitamin B2

63.4%

14.4%

Vitamin B3

83.2%

37%

Vitamin B5

46.7%

18.8%

4. French Toast

Roti juga bisa menjadi pilihan sajian sarapan sehat untuk anak sekolah, lho. Ibu bisa membuat French toast sehat dengan bahan roti tawar gandum, telur ayam, margarin, kayu manis bubuk, dan susu full cream. Intip cara membuatnya di sini, ya.

Untuk melengkapi sarapan anak, jangan lupa menyajikan segelas MILO. Berikut ini nutrisi yang terkandung saat anak menyantap French toast dengan dilengkapi MILO dan tanpa MILO.

Kandungan Nutrisi

Sarapan Dilengkapi MILO

Sarapan tanpa MILO

Energi

25%

17%

Protein

39%

29%

Zat Besi

69%

36.1%

Vitamin D

44%

10.2%

Vitamin B1

57%

32.6%

Vitamin B2

80.5%

31.5%

Vitamin B3

73.7%

27.5%

Vitamin B5

47.5%

19.7%

Vitamin C

51%

8%

5. MILO Balls

Bola-bola sereal juga bisa menjadi salah satu ide kreasi sarapan sehat untuk anak sekolah. Saat anak bosan bersantap sarapan dengan makanan berat, MILO Balls bisa menjadi pilihan Ibu. Agar nutrisi yang didapatkan anak lebih maksimal jangan lupa tambahkan beberapa buah-buahan seperti stroberi atau apel di atasnya.

Saat menyiapkan MILO Balls, jangan lupa pakai MILO 3in1, ya. Memangnya ada bedanya sarapan sereal dengan MILO dan tanpa MILO? Ibu bisa memeriksanya langsung di tabel kandungan nutrisi ini.

Kandungan Nutrisi

Sarapan Dilengkapi MILO

Sarapan tanpa MILO

Energi

27%

19%

Protein

29%

20%

Zat Besi

104%

70.6%

Vitamin D

52%

18.33%

Vitamin B1

29.3%

4.9%

Vitamin B2

134.5%

85.5%

Vitamin B3

132.4%

86.2%

Vitamin B5

45.1%

32.8%

Vitamin C

64%

22%

 

6. Sandwich

Kreasi sarapan sehat yang praktis terakhir adalah sandwich atau roti lapis sangat cocok untuk dimakan anak di pagi hari bersama MILO. Sarapan sandwich termasuk praktis karena cara membuatnya mudah dan makannya pun tidak repot. Ibu bisa mengecek resepnya di sini.

Selain itu, tanyakan kepada anak terlebih dahulu ingin sarapan dilengkapi MILO hangat atau dingin. Kenapa harus sarapan dilengkapi MILO? Tentunya demi melengkapi kebutuhan nutrisi anak, Bu. Bagaimana perbedaaanya? Cek table di bawah, yuk!

Kandungan Nutrisi

Sarapan Dilengkapi MILO

Sarapan tanpa MILO

Energi

27%

19%

Protein

43%

33%

Zat Besi

61%

28.1%

Vitamin D

37%

3.28%

Vitamin B1

65%

40.5%

Vitamin B2

69.8%

20.8%

Vitamin B3

73.6%

27.4%

Vitamin B5

39.4%

11.1%

Vitamin C

67%

24%

Pentingnya Sarapan Sehat untuk Anak Sekolah Dilengkapi MILO

Anak membutuhkan asupan gizi yang seimbang untuk meningkatkan imunitas tubuh dan membantunya tetap berenergi. Asupan gizi yang dimaksud seperti vitamin A, vitamin B2, B3, B6, B12, vitamin D, vitamin C, fosfor, kalsium, dan zat besi. Setiap gelas MILO mengandung nutrisi tersebut serta kebaikan alami yang berasal dari susu, ekstrak malt, dan cokelat untuk mendukung Sang Juara tetap berenergi untuk belajar dan beraktivitas. 

Ibu bisa perhatikan kembali perbedaan saat anak mengonsumsi MILO saat sarapan dan yang tidak mengonsumsi MILO saat sarapan. Perbedaannya jauh berbeda bukan? Mulai kini, segera siapkan MILO di rumah untuk menemani santap sarapan Sang Juara, ya.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Manfaat Pencak Silat Aktivitas
Selain untuk Bela Diri, Simak Manfaat Pencak Silat untuk Tubuh dan Mental Berikut Ini

Anak Ibu hobi latihan pencak silat? Ini adalah aktivitas yang positif karena banyak manfaat pencak silat baik untuk kesehatan, bela diri, dan juga

Teknik Menendang Bola yang Benar Aktivitas
Bagaimana Teknik Menendang Bola Sepak yang Benar?

Buat kamu yang hobi sepak bola tentu perlu tahu bagaimana teknik menendang bola yang tepat agar tendangan lebih akurat dan performa di lapangan

Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya Aktivitas
Ciri ciri Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya

Ibu pasti sudah tahu bahwa peran kalsium bagi kesehatan anak sangat penting. Sebagai salah satu jenis mineral, kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga

Cara Bermain Sepak Bola Aktivitas
Cara Bermain Sepak Bola dan Teknik Dasarnya yang Perlu Kamu Tahu

Mulai anak-anak hingga dewasa tampaknya sudah begitu akrab dengan sepak bola. Jika anak Ibu ada yang tertarik berlatih dan ingin belajar cara bermain

Cara Melakukan Dribling Bola Basket Aktivitas
Ini 4 Cara Melakukan Dribbling Bola Basket yang Perlu Kamu Kuasai

Saat mulai berlatih basket, pemain perlu menguasai cara melakukan dribbling bola basket secara baik dan benar. Dribbling adalah salah satu teknik

Teknik Dasar Bola Basket Aktivitas
5 Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Dikuasai Pemula

Bola basket adalah salah satu permainan yang banyak digemari di dunia, tak terkecuali oleh anak dan remaja. Olahraga tim ini bertujuan memasukkan bola

Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh Aktivitas
5 Contoh Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kamu sudah familiar dengan istilah latihan koordinasi? Ini merupakan aktivitas untuk melatih kemampuan respons motorik halus secara akurat, termasuk

Manfaat Badminton untuk Fisik dan Mental Aktivitas
10 Manfaat Badminton untuk Dukung Fisik dan Mental

Ibu perlu memberi dukungan penuh saat anak senang berlatih olahraga, termasuk badminton. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat

Fungsi Vitamin dan Mineral Bagi Tubuh Aktivitas
Ini 7 Fungsi Vitamin dan Mineral untuk Dukung Anak Sehat dan Berprestasi

Ibu perlu memahami fungsi vitamin dan mineral berperan penting bagi tumbuh kembang supaya anak sehat, aktif, dan berprestasi. Lalu apa yang dimaksud

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.