3 Alasan Anak Harus Sarapan Saat Mau Ujian3 Alasan Anak Harus Sarapan Saat Mau Ujian

3 Alasan Anak Harus Sarapan Saat Mau Ujian

02 December 2021

facebook iconwhatsapp icon

Apakah anak sering melewatkan menu sarapan paginya? Kebiasaan tersebut harus segera diubah. Ini karena sarapan sehat untuk anak sekolah sangat penting. Terutama bagi anak yang memiliki segudang aktivitas dan akan mengikuti ujian. Bahkan, sarapan bisa mempengaruhi nilai-nilai akademis anak, lho. Ibu belum percaya?

Menurut hasil survei yang dilakukan Survei Konsumsi Makanan Individu Indonesia pada tahun 2014, satu dari tiga anak berusia 5-12 tahun memiliki kadar asupan energi dan Protein yang rendah. Tentunya, ini mengganggu konsentrasi belajar ketika berada di sekolah. Bisa-bisa hal yang sudah dipelajari anak, buyar begitu saja ketika ujian. Tentunya Ibu tak mau itu terjadi, kan? Oleh karena itu, ada beberapa hal yang membuat sarapan sehat untuk anak sekolah itu penting. Ibu perlu mengetahui berikut ini.

1. Lebih Fokus

Berdasarkan Permenkes No. 41/2014 tentang pedoman gizi berimbang, sarapan sangat diperlukan agar anak mendapatkan nutrisi yang seimbang setiap hari. Sarapan mengandung 15%-30% nutrisi yang diperlukan tubuh anak pada hari itu. Oleh karena itu, sarapan sebaiknya dikonsumsi sebelum jam 9 pagi agar tubuh tidak kekurangan gizi dan energi.

Baca Juga : 5 Cara Biasakan Anak Untuk Sarapan

Ketika anak-anak mendapatkan sarapan dengan nutrisi yang tepat, mereka cenderung mengalami peningkatan fungsi kognitif dan performa. Misalnya, lebih mudah berkonsentrasi dibanding anak-anak yang tidak sarapan.

Tentunya, hal tersebut dibutuhkan oleh anak. Ketika ujian tiba, anak akan lebih mudah fokus dalam mengerjakan soal walau ada gangguan di sekitarnya. Manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah juga membuatnya bisa lebih mudah berkonsentrasi saat menerima materi pelajaran dari guru.

Itu sebabnya, Bu, sarapan sehat untuk anak sekolah itu sangat penting disajikan. Pastikan anak mengonsumsinya sebelum mulai belajar.

2. Tidak Lemas

TIba-tiba, Ibu dihubungi wali kelas sekolah karena anak tampak lemas dan kelelahan. Namun, setelah dicek, anak dalam kondisi sehat. Kira-kira apa yang terjadi, ya? Coba cek, apakah si anak sudah sarapan tadi pagi? Kalau belum, mungkin itu penyebabnya.

Studi terhadap anak-anak yang mengikuti program pemerintah Program Nutrition Goes to School (NGTS) dan kelompok anak yang tahu soal gizi dasar terkait sarapan pun pernah dilakukan. Penelitian ini membandingkan kelompok anak yang rutin mengonsumsi sarapan bergizi (dalam hal ini yang mengikuti NGTS) dengan yang tidak sarapan.

Melalui penelitian selama 10 bulan, diketahui kalau anak yang mendapatkan sarapan bergizi seimbang secara signifikan memiliki daya ingat yang lebih baik dibanding yang tidak mengonsumsi sarapan. Kebiasaan sarapan ini juga dinilai dapat meningkatkan performa anak selama belajar di sekolah.

Perlu Ibu tahu, tubuh manusia memerlukan energi untuk beraktivitas seharian. Nah, salah satu cara mendapatkan energi adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Bayangkan kalau anak memulai hari tanpa adanya asupan energi dalam tubuh. Pastinya, secara otomatis tubuh akan mengambil cadangan energi yang semestinya digunakan untuk fungsi organ lain. Itu sebabnya, anak akan jadi merasa lelah dan lemas karena tubuh dan otak tak bekerja dengan baik.

Meski penting, Ibu juga tidak boleh sembarangan memberikan menu sarapan pagi anak. Pilihan menu yang salah bisa membuat anak mengantuk selama ujian di sekolah. Ada baiknya Ibu menghindari memberikan banyak karbohidrat dalam menunya. Ini supaya anak tidak kekenyangan dan justru mengantuk.

Baca Juga:Perhatikan, Ini Nutrisi yang Wajib Ada di Menu Sarapan untuk Anak

3. Memudahkan Berpikir

Sarapan sehat untuk anak sekolah juga bermanfaat untuk fungsi otak, lho. Tentunya, saat ujian anak mengandalkan memori dan kemampuan memecahkan masalah untuk menjawab soal-soalnya. Selain belajar, kedua hal itu bisa ditingkatkan dengan konsumsi menu sarapan yang tepat.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, makanan yang mengandung Omega 3 seperti dalam biji rami dan ikan dapat membantu meningkatkan memori. Dengan konsumsi kandungan ini, aliran darah dalam tubuh anak akan lebih lancar sehingga yang dibutuhkan otak untuk bekerja terpenuhi.

Selain Omega 3, anak juga membutuhkan energi yang didapat dari Karbohidrat, Protein, Serat, dan beberapa nutrisi lainnya. Oleh karena itu, untuk melengkapi menu sarapan anak, Ibu bisa memberikan MILO Activ-Go setiap hari. Dalam segelas minuman coklat ini, terdapat kandungan Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk bantu anak berenergi dan aktif sepanjang hari.

Pastinya MILO dapat melengkapi kebutuhan sarapan sehat untuk anak sekolah. Jadi, ayo ingatkan anak untuk sarapan dan lengkapi dengan segelas MILO sebelum berkegiatan!

buy now image
BELI PRODUK MILO