7 Sayuran Tinggi Kalsium untuk Dukung Anak Aktif

Bagikan Artikel:

Penting bagi Ibu untuk mencukupi kebutuhan asupan kalsium untuk menjaga anak agar sehat dan aktif. Untuk memenuhi nutrisi ini, Ibu bisa memberikan sayuran tinggi kalsium, buah tinggi kalsium, dan juga makanan sumber kalsium lainnya. Untuk tahu lebih jauh tentang manfaat kalsium dan pilihan sayuran tinggi kalsium, simak ulasan berikut, Bu!

Manfaat Kalsium untuk Kesehatan

Kalsium memiliki beragam manfaat, seperti untuk kesehatan tulang, gigi, dan menjaga fungsi otot agar tetap kuat dan sehat. Selain itu kalsium juga bekerja dengan magnesium untuk mendukung fungsi saraf dan mengatur detak jantung yang sehat.

Kalsium juga diperlukan dalam proses pembekuan darah dan pengaturan tekanan darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan kalsium yang cukup dapat membantu mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar.

Namun, penggunaan suplemen kalsium sebaiknya dibatasi mesti sesuai dengan kebutuhan, terutama bagi anak-anak. Asupan kalsium yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal dan masalah kesehatan lainnya.

Kebutuhan kalsium berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah sebagai berikut untuk anak dan remaja adalah:

  • Usia 7-9                        : 1000 mg
  • Usia 10-18 tahun          : 1200 mg

7 Sayuran Tinggi Kalsium

Berikut ini adalah beberapa sayuran atau makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk pertumbuhan dan perkembangan agar anak sehat dan aktif.

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan zat besi dan kalsium. 100 gram bayam mentah mengandung sekitar 99 mg kalsium, sedangkan bayam yang diolah mengandung sekitar 245 mg kalsium per 100 gram. Ibu bisa menyajikan bayam dengan olahan sayur bening, salad, atau tumis bayam. Bayam juga bisa menjadi pilihan sayuran tinggi kalsium untuk ibu hamil.

2. Selada

Sayuran selada memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang khas yang cocok diolah untuk sayur rebus, salad dan tumis. Setiap 100 gram selada mengandung kalsium sekitar 75 mg.

3. Kubis Hijau

Kubis yang sering digunakan dalam pembuatan menu sayuran seperti sup, salad, juga kimchi, juga termasuk sayuran tinggi kalsium. Kubis hijau mengandung kalsium sekitar 40 mg per 100 gram dan sekaligus merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

4. Kale

Sayuran kale termasuk makanan tinggi kalsium dan mengandung zat gizi lain sepeti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Pada setiap 128 gram sayuran kale mengandung sekitar 192 mg kalsium.

5. Brokoli

Ibu juga bisa mengolah sayuran brokoli sebagai pilihan menu tinggi kalsium untuk anak. Tidak hanya kalsium, brokoli juga mengandung vitamin A, E, zat besi,dan juga potassium.

6. Pakcoy

Pakcoy pun pun merupakan sayuran tinggi kalsium dan serat yang juga merupakan sumber nutrisi lain seperti protein, vitamin A, C, zink, zat besi, selenium, dan beberapa mineral penting lain.

7. Edamame

Pilihan lain sayuran tinggi kalsium adalah edamame yang menyerupai kedelai dengan ukuran lebih besar. Selain diolah jadi masakan, edamame juga bisa hanya direbus untuk camilan sehat. Selain kalsium, kandungan nutrisi lainnya pada edamame adalah protein, zat besi, zink, folat, dan juga serat.

Makanan dan Minuman Lain yang Mengandung Kalsium

Selain 7 sayuran di atas, opsi makanan yang mengandung tinggi kalsium adalah keju, almond, dan chia sheed. Tidak hanya 10 makanan yang mengandung kalsium tersebut, Ibu juga bisa memberikan jeruk dan kiwi sebagai buah yang mengandung kalsium paling tinggi.

Sedangkan untuk pilihan minuman tinggi kalsium, Ibu bisa memberikan yoghurt dan susu tinggi kalsium.

Dengan memberikan sayuran tinggi kalsium dan nutrisi seimbang lainnya pada pola makan sehari-hari, anak dan remaja akan mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk optimalkan tumbuh kembangnya.

Selain mencukupi asupan nutrisi lengkap dan seimbang, bisa juga dengan mengonsumsi Nestlé MILO NutriUp Kaleng.

Nestlé MILO NutriUp Kaleng merupakan minuman cokelat paduan dengan sumber vitamin B2, B3, B6 dan D serta Kalsium dan Fosfor untuk membantu mendukung aktivitas sepanjang hari.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.