01 September 2022

5 Cara Bagaimana Menyiapkan Anak untuk Bersekolah

Bagikan Artikel:

Hari pertama sekolah tak cuma membuat anak deg-degan. Namu, para orang tua tak kalah excited dengan pengalaman pertama ini. Tak jarang Ibu berubah menjadi bawel ketika hari itu akan tiba. Pastinya Ibu ingin semuanya perfect, jangan sampai ada yang terlewat. Sebenarnya, bagaimana menyiapkan anak untuk bersekolah untuk pertama kalinya?

Sebenarnya, keresahan Ibu dan bagaimana menyiapkan anak untuk bersekolah yang sempurna wajar terjadi. Ini karena sekolah pertama merupakan momen terpenting bagi anak. Bahkan, anak juga harus mempresentasikan dirinya dengan baik pada kesempatan tersebut.

Menurut studi yang dipublikasikan tahun 2004 dalam jurnal Association for Psychological Science, hari pertama masuk sekolah adalah momen sangat penting dari keseluruhan kegiatan selama anak bersekolah. Tentunya, persiapannya harus dipikirkan degan baik. Saat kelas pertama, pastinya Ibu mau anak sekolah tampil menarik, rapi, penuh kesiapan, jelas, dan antusias. Kesan pertama ini dapat membuat hubungan yang positif terhadap lingkungan sekitarnya.

Setelah mengetahui pentingnya momen tersebut, saatnya Ibu cari tahu bagaimana menyiapkan anak untuk bersekolah? Berikut ini beberapa tips anak sekolah yang bisa Ibu jalankan sebelum momen itu tiba.

Baca Juga : Sarapan Sehat Untuk Anak Sekolah Untuk Daya Tahan Tubuh!

 

1. Cari Tahu Soal Sekolah

“Tak kenal maka tak sayang.” Pepatah populer tersebut juga cocok dengan masalah persekolahan anak. Walau tak bicara langsung, pastinya anak punya kekhawatiran sendiri terhadap sekolah atau kelas barunya. Misalnya, ia khawatir tak punya teman atau bahkan takut gurunya galak.

Kekhawatiran tersebut hanya akan membuat anak tidak bersemangat untuk memulai hari pertamanya sekolah. Untuk mengatasinya, Ibu bisa memperkenalkan sekolah yang dituju anak terlebih dulu. Sekarang ini, sejumlah sekolah memiliki akun social media sendiri. Ibu bisa mengeceknya bersama anak.

Cari tahu juga kegiatan dan keunggulan sekolah tersebut. Ini bisa cek dari komentar beberapa alumni atau anak yang bersekolah di sana. Cari hal yang sekiranya membuat anak tertarik. Misalnya, ia suka olahraga basket. Nah, cek prestasi klub basketnya. Siapa tahu, anak makin bersemangat masuk sekolah.

 

2. Persiapkan Bekal dengan Baik

Bagaimana menyiapkan anak untuk bersekolah? Salah satu hal yang paling utama dan sederhana, bisa mulai dari bekal yang dibawanya ke sekolah. Pastikan Ibu memberikan anak bekal yang kaya akan nutrisi. Ibu bisa menghiasnya sedikit supaya anak tahu kalau sedang didukung.

Ada baiknya, Ibu menyiapkan bekal yang cukup mengenyangkan. Ini supaya anak tidak jajan sembarangan di sekolah barunya. Bisa membawanya sedikit banyak agar anak bisa berbagi dengan teman sekelasnya. Berbagi makanan bisa menjadi cara jitu bersosialisasi.

 

3. Antar Anak Saat Hari Pertama Sekolah

Mengantar anak saat hari pertama sekolah ternyata penting, lho. Luangkan waktu orang tua untuk mengantarnya sehari saja. Secara tidak langsung, Ibu telah memberikan dukungan pada anak agar berani untuk melangkah ke jenjang yang baru. Setidaknya, ini mengurangi kekhawatiran anak akan sekolah barunya.

Untuk anak yang lebih kecil, hari sekolah pertama bisa menjadi momen yang mengerikan. Ini karena kemungkinan pertama kalinya ia berpisah lama dengan kedua orang tuanya. Jadi, mengantarnya ke sekolah bisa menjadi simbol bahwa anak tidak ditinggalkan.

 

4. Apresiasi Anak

Jangan lupa untuk menanyakan kondisi anak ketika sudah pulang sekolah. Pinta ia ceritakan soal hari pertamanya di sekolah. Tanyakan siapa nama teman-teman yang diingatnya. Bila ternyata anak menjalani hari pertamanya dengan baik, Ibu jangan ragu untuk memujinya.

Bisa juga memberikan hadiah kecil-kecilan, seperti membuatkan makanan favorit atau menambah waktu bermain games-nya sehari ini. Pastinya, anak merasa dihargai usahanya. Ia pun termotivasi untuk rajin datang ke sekolah.

 

5. Kerja Sama dengan Guru

Bagaimana menyiapkan anak untuk bersekolah dengan baik? Salah satunya, Ibu harus sudah mengontak guru wali kelasnya terlebih dulu. Bila anak Ibu memiliki kondisi khusus, ungkapkan kepada guru. Ibu juga harus aktif menanyakan perkembangan anak di kelas. Ini supaya terpantau terus kondisi anak walaupun jauh dari Ibu.

Bagaimana menyiapkan anak untuk bersekolah yang mudah diterapkan? Pastikan anak tetap sehat selama beraktivitas dan lengkapi kebutuhan energi dan nutrisinya dengan memberikan MILO UHT. Minuman sehat ini cocok untuk dibawa sebagai bekal sekolah karena bentuknya yang praktis disantap. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. MILO kotak ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

menanamkan kepada anak pentingnya olahraga Aktivitas
Menanamkan kepada Anak Pentingnya Olahraga

Selain makanan dan minuman kaya nutrisi, Ibu juga harus mengajak anak melakukan aktivitas fisik setiap hari. Memiliki tubuh bugar dan aktif adalah

siapkan 4 hal ini saat anak mau berangkat sekolah Aktivitas
Siapkan 4 Hal Ini Saat Anak Mau Berangkat Sekolah

Berangkat sekolah menjadi momen tersibuk Ibu dan anak ketika pagi hari. Apalagi anak sudah masuk sekolah tahun ajaran baru 2022 secara tatap muka. Itu

alasan usia ideal masuk SD adalah 7 tahun Aktivitas
Alasan Usia Ideal Masuk SD adalah 7 Tahun

Walau terlihat mudah, ternyata permasalahan memilih sekolah untuk anak cukup pelik, Ibu. Apalagi untuk anak yang baru akan merasakan jenjang

6 contoh sikap optimis untuk diajarkan kepada anak Aktivitas
6 Contoh Sikap Optimis untuk Diajarkan kepada Anak

Tahukah Ibu ternyata sikap optimis dibutuhkan anak juga dalam tahap perkembangannya. Anak pastinya memiliki impian atau target tertentu dalam

 5 cara meningkatkan percaya diri anak yang ampuh Aktivitas
5 Cara Meningkatkan Percaya Diri Anak yang Ampuh

Ibu pastinya sering mendengar istilah insecure digunakan dalam social media. Bahkan, beberapa kali anak menyebutkan kata tersebut di depan Ibu ketika

dukung perkembangan karakter anak dengan 4 cara Ini! Aktivitas
Dukung Perkembangan Karakter Anak dengan 4 Cara Ini!

Ibu merasa ada perubahan karakter anak ketika ia memasuki usia abege atau remaja? Anak yang tadinya penurut dan mudah senyum, berubah menjadi

mengenal 4 tahap perkembangan kognitif pada anak Aktivitas
Mengenal 4 Tahap Perkembangan Kognitif pada Anak

Kecerdasan kognitif anak ternyata tidak bisa muncul dengan sendirinya, lho. Anak harus mendapatkan rangsangan tertentu agar kemampuan tersebut muncul.

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Aktivitas Fisik Untuk Anak Aktivitas
Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Aktivitas Fisik

Mengapa aktivitas fisik itu penting untuk anak? Ya, semestinya Ibu jangan senang kalau anak hanya lebih suka berdiam diri saja di rumah. Bahkan, tidak

Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Anak Aktivitas
Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Teratur untuk Anak

Ketika hari olahraga nasional, biasanya sekolah akan membuat acara pertandingan untuk seluruh murid. Ada baiknya, Ibu mempersiapkan untuk hari itu