Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Bagikan Artikel:

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.  

Kenapa makanan gizi seimbang sangat penting bagi anak usia sekolah? Ini karena manfaat makanan bergizi bagi anak usia sekolah menjaga mereka tetap berenergi menjalani berbagai aktivitas dan mendukung tumbuh kembang lebih optimal. Selain itu, manfaat makanan sehat juga untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan konsentrasi belajar.

Ibu mau tahu lebih banyak mengenai makanan sehat bergizi seimbang dan bagaimana mengatur pola makan sehat untuk anak usia sekolah? Yuk, Bu, simak bahasannya berikut ini.  

Apa yang Dimaksud dengan Makanan Bergizi Seimbang?

Berdasarkan informasi dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 41 tahun 2014, pengertian gizi seimbang adalah susunan atau pengaturan pola makan bergizi sehari-hari yang mengandung sejumlah nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Empat Pilar pada Pedoman Gizi Seimbang

Untuk menerapkan pedoman gizi seimbang sebagai langkah menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak, Ibu perlu memperhatikan empat pilar utama berikut ini:

1. Mengonsumsi aneka ragam makanan  

Cara untuk mendapatkan gizi seimbang adalah dengan mengonsumsi makanan yang beraneka ragam dan memperhatikan kebutuhan gizi harian. Ibu bisa menerapkan konsep Tumpeng Gizi Seimbang yang menggantikan prinsip 4 sehat 5 sempurna. Kandungan gizi makanan pada konsep Tumpeng Gizi seimbang menekankan pada pembangian porsi seperti makanan pokok (karbohidrat), lauk pauk (sumber protein), dan memperbanyak konsumsi buah-sayur (sumber vitamin, mineral, serat), dan membatasi garam, gula, serta lemak. Selain itu makan sehat bergizi dan seimbang, pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan mengonsumsi minimal 8 gelas air putih per hari.

2. Rutin melakukan aktivitas fisik

Ibu juga perlu membiasakan anak untuk rutin berolahraga untuk memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh termasuk metabolisme zat gizi.

3. Hidup bersih

Selain membiasakan untuk menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang, hal lain yang juga penting untuk diterapkan adalah menjaga kebersihan. Kebiasaan ini akan menghindarkan anak terinfeksi dari bakteri atau kuman penyebab penyakit. Ajakrkan anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan aau sehabis main, menjaga agar makanan ditutup agar terhindar dari lalat, menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin, dan menggunakan sandal atau sepatu untuk mencegah cacingan.

4. Menjaga berat badan normal

Jangan lupa juga untuk selalu mengontrol berat badan anak. Ini karena indikator yang menunjukkan anak memperoleh keseimbangan zat gizi adalah tercapainya berat badan yang normal atau dikenal dengan Indeks Massa Tubuh (IMT). 

Contoh Menu Makanan Bergizi Seimbang

Untuk contoh makanan sehat untuk anak usia sekolah, Ibu bisa menerapkan pola Isi Piringku yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pola Isi Piringku mengatur dalam penyajian satu kali makan terdiri dari setengah piring diisi sayur dan buah, sedangkan setengah lainnya diisi dengan makanan pokok dan lauk pauk. Contoh pola makan sehat bergizi untuk satu kali penyajian adalah sebagai berikut:

  • Makanan pokok atau sumber karbohidrat, contoh pilihannya adalah 150 gram nasi, 300 gram kentang buah  kentang (300 gr), dan 75 gram mie kering (1,5 gelas).
  • Lauk Pauk. Untuk pilihan olahan makanan sehat untuk lauk, bisa didapatkan dari sumber hewani, pilihannya seperti 75 gram ikan kembung atau 80 gram ayam tanpa kulit, 1 butir telur ayam, atau 70 gram daging sapi sedang. Lauk juga bisa ditambahkan dari sumber protein nabati seperti 100 gram tahu atau tempe.
  • Sayuran dan buah penting untuk melengkapi makan sehat bergizi dan seimbang. Ibu bisa menyajikan 150 gram sayuran ditambah dengan buah seperti 150 gram pepaya, satu buah pisang ambon, atau 2 buah jeruk.

Itu tadi penjelasan mengenai cara mengatur pola makan bergizi seimbang untuk mendukung tumbuh kembang anak. Selain itu, Ibu bisa melengkapi kebutuhan nutrisi anak di pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya dengan menyiapkan MILO kotak yang dapat di bawa ke sekolah.

Produk MILO kotak memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt yang menghasilkan energi. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan kecukupan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

Menkes RI. 2014. Permenkes Nomor 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang

Kemenkes RI. Isi Piringku Sekali Makan. Retrieved 6/5/2024 from https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/isi-piringku-sekali-makan

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.