Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Bagikan Artikel:

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Hal itu penting diperhatikan mengingat problem malnutrisi pada remaja jadi masalah global yang terus meningkat, diantaranya masalah obesitas. Penting bagi anak usia remaja terbiasa dengan pola makanan sehat dan gaya hidup sehat agar kebiasaan ini berlanjut hingga dewasa.  

Pola Menu Makanan Sehat untuk Remaja

Ibu perlu tahu kalau konsep pola makan sehat dengan slogan menu 4 sehat 5 sempurna sudah berubah sejak 2017 dan digantikan dengan Isi Piringku.

Bagaimana penerapan slogan Isi Piringku pada makanan diet sehat sehari-hari? Menurut laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, slogan Isi Piringku menjelaskan bahwa porsi makan yang sebaiknya dikonsumsi dalam satu piring terdiri 50 persen buah dan sayur dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Berikut ini adalah nutrisi dan tips makan sehat bagi anak usia remaja yang perlu Ibu perhatikan dan diterapkan sehari-hari.

1. Nutrisi Seimbang

Remaja usia sekolah membutuhkan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat, dan mineral yang cukup sesuai kebutuhan usianya.

Untuk sumber karbohidrat bisa nasi putih, nasi merah, ubi, atau roti gandum utuh. Untuk sumber protein yang sehat meliputi daging ayam atau sapi tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan produk kedelai seperti tahu dan tempe.

Sementara untuk asupan lemak sehat, Ibu bisa menyajikan makanan dengan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda seperti ikan salmon, kembung, alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

2. Makan tiga kali sehari dengan camilan sehat

Remaja sebaiknya makan 3 kali sehari dengan tambahan camilan sehat di antara waktu makan. Hal ini membantu menjaga tingkat energi yang stabil sepanjang hari dan mencegah kelebihan makan.

3. Sajikan menu kaya serat dan kurangi garam

Tingkatkan serat dalam makanan seperti sayur dan buah-buahan yang disukai anak. Serat dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan dan menjaga kesehatan usus anak. Ibu juga sebaiknya  menghindari menyajikan menu cepat saji atau makanan olahan, dan juga yang tinggi kadar garamnya.

4. Minum cukup air putih

Air adalah minuman terbaik untuk menghidrasi tubuh anak. Hindari minuman tinggi gula seperti minuman berkarbonasi atau jus buah yang mengandung banyak kalori. Lebih baik Ibu memberikan anak buah utuh atau dibuat salad buah.

5. Memasak dengan dikukus, rebus, atau panggang

Saat memasak makanan untuk remaja, dianjurkan untuk memilih cara memasak dengan dipanggang atau dikukus daripada digoreng. Metode memasak ini menjaga kandungan nutrisi makanan dan mengurangi asupan lemak jenuh.3 Terapkan cara memasak ini untuk menyajikan sarapan sehat atau menu makan siang dan makan malam untuk anak.

Selain itu, teknik memasak dengan mengukus atau rebus juga jadi cara untuk menyiapkan menu defisit kalori atau menu sarapan rendah kalori jika anak Ibu sedang bermasalah dengan berat badan.

6. Batasi asupan gula

Sebaiknya Ibu mulai mengedukasi anak untuk mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih. Terlalu banyak gula dalam makanan atau minuman dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas dan penyakit gigi.

Selain makan sehat, penting juga bagi anak remaja untuk aktif secara fisik. Melibatkan diri dalam aktivitas fisik setiap hari membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Contoh Menu Makan Sehat untuk Anak

Untuk menyiapkan menu makanan sehat untuk anak remaja yang aktif di sekolah maupun kegiatan lainnya, Ibu bisa mencoba beberapa menu berikut ini:

  • Sarapan. Untuk menu sarapan sehat, Ibu bisa menyiapkan roti gandum panggang dengan selai kacang, pisang, dan segelas susu rendah lemak. Menu ini juga bisa jadi opsi sarapan untuk diet bagi keluarga.
  • Makan siang. Nasi merah dengan ayam panggang, tumis sayuran, dan segelas air putih.
  • Camilan sore. Potongan buah segar atau salad buah atau sayuran dengan yogurt rendah lemak.
  • Makan malam. Ikan atau ayam panggang dengan kentang rebus, brokoli kukus, dan segelas air perasan jeruk.

Jika anak Ibu mengalami kondisi medis tertentu, Ibu bisa berdiskusi dengan tenaga medis atau ahli gizi untuk menyesuaikan menu makanan sehat sesuai dengan kebutuhan.

Untuk melengkapi menu makan sehat, nutrisi harian anak juga bisa didukung dengan mengonsumsi MILO Activ-Go. Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Rachmi, C., Jusril, H., Ariawan, I., Beal, T., & Sutrisna, A. (2021). Eating behaviour of Indonesian adolescents: A systematic review of the literature. Public Health Nutrition, 24(S2), S84-S97. doi:10.1017/S1368980020002876 (https://www.cambridge.org/core/journals/public-health-nutrition/article/eating-behaviour-of-indonesian-adolescents-a-systematic-review-of-the-literature/0659E7B5F8E76CC488CC672183E1E836)  
  2. Kemenkes RI. Isi Piringku. Dari https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/062511-isi-piringku . Diakses 5/10/2023
  3. Hopkins Medicine. Healthy Eating During Adolescence. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/healthy-eating-during-adolescence . Diakses 5/10/2023 
  4. Healthline. The Effects of Fast Food on the Body. Dari https://www.healthline.com/health/fast-food-effects-on-body . Diakses 5/10/2023
  5. KidsHealth. Why Drinking Water Is the Way to Go. Dari https://kidshealth.org/en/kids/water.html . Diakses 5/10/2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.