Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Bagikan Artikel:

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh dan memicu berbagai masalah kesehatan, seperti daya tahan tubuh menurun, infeksi, gangguan pencernaan, hingga penyakit kronis seperti jantung dan kanker.

Tapi Ibu bisa melindungi anak dari pengaruh buruk radikal bebas dengan memberikan konsumsi makanan antioksidan secara rutin. Mungkin ada yang masih penasaran, apa itu makanan antioksidan tinggi? 

Makanan antioksidan adalah makanan yang mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi.

Dan untuk mengetahui lebih detail tentang manfaat dan jenis makanan antioksidan yang bisa Ibu sajikan untuk anak, simak pembahasan berikut.

Manfaat Makanan Tinggi Antioksidan

Dengan rutin memberikan makanan kaya antioksidan sesuai kebutuhan anak, hal tersebut akan memberikan sejumlah manfaat penting bagi kesehatannya. Berikut di antaranya:

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

Beberapa makanan yang mengandung polifenol dan juga berfungsi sebagai antioksidan dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Sejumlah makanan kaya polifenol dan tinggi antioksidan bisa diperoleh dari cokelat hitam, anggur, kunyit, buah beri, dan apel. 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh anak. Hal ini karena kandungan antioksidan membantu melawan infeksi dan meredakan peradangan dalam tubuh.

  • Mencegah penyakit jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi antioksidan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena antioksidan melindungi pembuluh darah dan arteri kerusakan akibat radikal bebas, seperti mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah dan penyumbatan pada arteri.

  • Mencegah kanker

Antioksidan juga mampu melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu penyebab kanker. Beberapa senyawa antioksidan, seperti resveratrol, polifenol, dan flavonoid yang ditemukan dalam anggur merah, paprika, dan buah beri diketahui memiliki fungsi antioksidan yang mengurangi risiko kanker.

  • Menjaga kesehatan mata

Beberapa senyawa antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang banyak terdapat pada wortel dan bayam dapat membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dan mencegah gangguan mata terkait usia seperti degenerasi makula.

Contoh Makanan Tinggi Antioksidan

Beberapa senyawa antioksidan banyak ditemukan dalam makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, beta-karoten, selenium, dan flavonoid.

Ibu bisa menyajikan makanan yang kaya antioksidan sebagai menu pelengkap sarapan atau  diolah jadi jus minuman antioksidan tinggi Berikut contoh makanan sebagai sumber antioksidan:

1. Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah kaya antioksidan. Dengan mengonsumsi blueberry secara rutin dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan juga untuk bantu meningkatkan kesehatan otak.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung senyawa antioksidan yaitu polifenol dan flavonoid yang dapat membantu melindungi kesehatan jantung, mencegah peradangan, dan meningkatkan kesehatan metabolism tubuh.

3. Kacang pecan

Jenis kacang ini memiliki kandungan tinggi lemak sehat,  fosfor, vitamin A, dan juga sumber vitamin E, serta antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

4. Strawberry

Strawberry kaya akan antioksidan, dan juga vitamin C, mangan, serta folat. Mengonsumsi strawberry secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung.

6. Kubis merah

Kubis merah adalah salah satu sayur tinggi antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung, mencegah kanker, dan mengurangi peradangan.

7. Raspberry

Raspberry merupakan buah antioksidan tinggi  dapat membantu perkembangan fungsi otak, menjaga kesehatan pencernaan dan mata, serta melawan pertumbuhan sel kanker tertentu, salah satunya adalah kanker usus besar. 

8. Anggur

 Anggur ungu atau merah merupakan salah satu dan buah kaya antioksidan yang juga mengandung vitamin E, vitamin C, dan selenium. Mengonsumsi anggur secara rutin dapat membantu melindungi jantung, menjaga kesehatan mata, dan mencegah risiko kanker.

9. Bit

Buah bit mengandung senyawa antioksidan yang disebut betalain yang bisa membantu mencegah kanker dan mengatasi gangguan pencernaan. Mengonsumsi bit dapat membantu melindungi dari peradangan di organ hati.

Setelah ibu mengetahui contoh antioksidan yang terdapat pada jenis makanan di atas, ibu bisa menyajikannya pada anak untuk menu pagi atau bekal ke sekolah. Dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya antioksidan secara teratur, anak-anak akan memiliki daya tahan tubuh kuat dan melindungi dari sejumlah penyakit.

Ibu juga perlu melengkapi kebutuhan energi anak di pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya. Untuk melengkapi energi anak sekaligus memberikannya minuman dengan kandungan susu, berikanlah MILO 3in1.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Fletcher, J. A guide to antioxidant foods. Dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/325873 . Diakses 4/10/2023
  2. Petre, A. What Are Polyphenols? Types, Benefits, and Food Sources. Dari https://www.healthline.com/nutrition/polyphenols . Diakses 4/10/2023
  3. Cleveland Clinic. How To Build Up Your Kid’s Immune System. Dari https://health.clevelandclinic.org/how-to-boost-your-kids-immunity/#:~ . Diakses 4/10/2023
  4. P2PTM Kemkes RI. Makanan Super Pencegah Kanker Serviks. Dari https://p2ptm.kemkes.go.id/tag/makanan-super-pencegah-kanker-serviks . Diakses 4/10/2023
  5. Harvard. Diet Review: Anti-Inflammatory Diet. Dari https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/healthy-weight/diet-reviews/anti-inflammatory-diet/ . Diakses 4/10/2023
  6. Eske, J. What are the health benefits of dark chocolate?.  Dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/dark-chocolate#:~ . Diakses 4/10/2023
  7. WebMD. Health Benefits of Pecans. Dari https://www.webmd.com/diet/health-benefits-pecans . Diakses 4/10/2023
  8. Ware, M. What are the health benefits of grapes?. Dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/271156#:~. Diakses 4/10/2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Aktivitas
Selain Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain dari Vitamin A!

Ibu tampaknya sudah banyak tahu soal manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, baik untuk orang dewasa dan juga anak. Namun, selain untuk indera

menu makanan sehat Aktivitas
Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk

Makanan antioksidan tinggi Aktivitas
Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel

Makan dulu atau olahraga dulu Aktivitas
Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Penjelasannya

Nutrisi yang tepat adalah hal yang penting saat berolahraga. Tetapi, banyak orang seringkali bingung soal nutrisi saat berolahraga. Baik jenis

Susu yang bisa menambah tinggi badan Aktivitas
Cek Nutrisi Penting Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Indikator penting dalam tumbuh kembang anak ada dua, yakni berat badan dan tinggi badan.Tenaga kesehatan biasanya mengukur pertumbuhan si kecil dengan

Macam macam makanan yang mengandung kalsium Aktivitas
Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang

Manfaat vitamin C untuk tubuh Aktivitas
Ketahui 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut Ini

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya Ibu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi anak tiap harinya

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Cara meningkatkan imun tubuh Aktivitas
Cara Meningkatkan Imun Tubuh Bagi Kamu yang Aktif Berkegiatan

Saat sedang sibuk beraktivitas atau pergantian musim, seringkali tubuh kita jadi lebih mudah sakit. Itu sebabnya Ibu juga perlu mengedukasi anak

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.