10 Jenis dan Fungsi Mineral bagi Tubuh

Bagikan Artikel:

Tidak hanya karbohidrat, nutrisi lain seperti protein, lemak, dan vitamin, mineral juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lalu apa yang dimaksud mineral? Mineral adalah mikro nutrisi berupa elemen yang terdapat pada makanan dan dibutuhkan tubuh untuk tumbuh kembang dan berfungsi secara normal.

Untuk lebih jelasnya, Ibu bisa ketahui jenis dan fungsi mineral bagi tubuh serta beberapa sumber mineral baik dari makanan dan minuman berikut ini.

Jenis dan Fungsi Mineral bagi Tubuh

Sejumlah mineral pun dikelompokkan menjadi mineral makro mineral dan mikro mineral. Fungsi mineral makro adalah asupan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih besar daripada mineral mikro.  Contoh mineral makro diantaranya natrium, kalsium, dan sodium. Sementara mineral mikro diantaranya adalah zat besi, zink, dan selenium.

Berikut jenis dan fungsi mineral bagi tubuh yang perlu kamu ketahui.

  1. Natrium. Manfaat mineral natrium adalah menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot. Contoh mineral dapat ditemukan dalam garam dapur, saus kedelai, makanan olahan, susu, roti, sayuran, dan daging tanpa pengolahan.
  2. Kalsium. Fungsi kalsium adalah untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, membantu fungsi otot dan fungsi saraf, pembekuan darah, dan menjaga tekanan darah. Sumber-sumber kalsium dapat ditemukan dalam susu, salmon, ikan sarden, kacang-kacangan, dan yoghurt.
  3. Klorida. Diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan produksi asam lambung. Sumbernya terdapat pada garam dapur, saus kedelai, makanan olahan, susu, daging, roti, dan sayuran.
  4. Magnesium. Jenis mineral magnesium diperlukan dalam produksi asam amino, kontraksi otot, transmisi saraf, dan menjaga sistem imun. Sumber magnesium dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, seafood, dan cokelat.
  5. Fosfor. Peran fosfor penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, sistem pembuluh darah, dan fungsi otot. Sumber fosfor terdapat pada daging sapi dan ayam, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu.1
  6. Kalium. Selain 5 fungsi mineral di atas, ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot. Sumbernya terdapat pada daging, susu, buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan.
  7. Zat Besi. Jenis mineral mikro ini berfungsi untuk membentuk hemoglobin, mencegah anemia, dan membantu metabolisme energi. Sumber-sumber zat besi dapat ditemukan dalam ati sapi atau ayam, daging, ikan, seafood (terutama kerang), kuning telur, kacang-kacangan, buah-buahan kering, sayuran hijau, sereal atau susu yang difortifikasi zat besi.
  8. Zink. Mineral mikro zink bermanfaat untuk penyembuhan luka, mendukung fungsi kognitif, menjaga imun, dan mengoptimalkan fungsi mengecap rasa. Sumber-sumber seng dapat ditemukan dalam daging, ikan, unggas, biji-bijian yang difermentasi, dan sayuran.
  9. Tembaga. Jenis mineral mikro yang berperan untuk dalam pembentukan jaringan ikat, pembuluh darah, menjaga sistem saraf dan imun, serta mendukung perkembangan otak. Sumber-sumber kromium dapat ditemukan dalam hati, ragi, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan keju.
  10. Selenium. Selenium berperan untuk melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas, infeksi dan risiko penyakit kardiovaskular, mengoptimalkan fungsi tiroid, dan metabolisme tubuh. Sumber selenium bisa didapatkan dari daging sapi, ayam, ikan, roti gandum utuh, dan beberapa produk makanan yang difortifikasi.

Dampak Kekurangan dan Kelebihan Mineral

Melihat manfaat pentingnya mineral, pastikan anak mendapatkan asupan mineral secara cukup sesuai pedoman angka kecukupan gizi (AKG). Dampak kekurangan mineral diantaranya kelelahan, anemia, kram otot, penurunan daya tahan tubuh, juga gangguan tumbuh kembang pada anak.

Sebaliknya kelebihan mineral juga sebaiknya dihindari, karena bisa berdampak seperti mual, asam lambung, sembelit, dan diare.

Itu tadi bahasan tentang fungsi mineral bagi tubuh dan beberapa sumber makanan dan minuman yang mengandung mineral. Jangan lupa lengkapi juga kebutuhan energi anak di pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya dengan memberikannya minuman dengan kandungan susu, dimana Ibu bisa menyiapkan MILO 3in1.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, coklat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Inspirasi Nutrisi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

sumber kalsium Inspirasi Nutrisi
Pilihan Makanan dengan Sumber Kalsium Tinggi untuk Anak yang Gemar Olahraga

Penting bagi Ibu untuk selalu memastikan asupan makanan dan minuman anak mengandung gizi seimbang sesuai kebutuhan. Salah satu zat gizi yang

sayuran tinggi serat Aktivitas
Optimalkan Kesehatan dengan Sayuran Tinggi Serat: Panduan Konsumsi yang Tepat

Ibu pasti khawatir kalau anak-anak tidak suka atau tidak doyan makan sayur. Padahal sayuran tinggi serat sangat penting untuk mendukung pertumbuhan

Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh Inspirasi Nutrisi
5 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh agar Tetap Berenergi

Beberapa jenis minuman dari bahan alami memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tentu ini baik

Jenis dan Fungsi Mineral Bagi Tubuh Inspirasi Nutrisi
10 Jenis dan Fungsi Mineral bagi Tubuh

Tidak hanya karbohidrat, nutrisi lain seperti protein, lemak, dan vitamin, mineral juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara

Sayur Tinggi Zat Besi Ini Baik untuk Dikonsumsi Inspirasi Nutrisi
Inilah 7 Sayur Tinggi Zat Besi Ini Baik untuk Dikonsumsi

Saat menyediakan menu bergizi lengkap dan seimbang buat anak, Ibu perlu memastikan ada menu sayur tinggi zat besi karena kandungan nutrisinya

Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya Aktivitas
Ciri ciri Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya

Ibu pasti sudah tahu bahwa peran kalsium bagi kesehatan anak sangat penting. Sebagai salah satu jenis mineral, kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga

Manfaat Susu Tinggi Kalsium Inspirasi Nutrisi
Manfaat Susu Tinggi Kalsium Bagi Tubuh

Beberapa orang ada yang memilih susu tinggi kalsium sebagai salah satu pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan tubuh. Biasanya produk di

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.