Ini Cara Menjaga Kesehatan Tulang Anak Lewat Makanan dan Minuman

Bagikan Artikel:

Punya tulang yang kuat sedari dini adalah modal penting bagi anak di masa depan, lho! Anak bisa bebas berlari, meloncat, dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Tapi ini tak bisa datang begitu saja, harus diusahakan. Jadi, bagaimana cara menjaga kesehatan tulang anak?

Yang pertama, Ibu dan Ayah penting memastikan anak mendapatkan asupan nutrisi penting untuk tulang, seperti kalsium, vitamin D, magnesium, dan zinc, di masa pertumbuhannya. Pasalnya, pembentukan tulang pada kebanyakan orang akan melambat atau selesai di usia 20 tahun.

Lantas, apa saja minuman dan makanan yang baik untuk tulang kuat dan sehat tersebut? Berikut enam makanan dan minuman sebagai cara menjaga kesehatan tulang anak.

 

1.  Telur

Telur adalah sumber makanan yang penuh dengan nutrisi penting. Tak hanya protein sebagai zat pembangun, kuning telur bahkan mengandung vitamin D, K, A, dan E.

Sederet gizi tersebut sempurna untuk tulang yang sehat. Ibu bisa menyajikan telur dalam bentuk rebus, dadar, atau dicampurkan ke dalam sup. Semuanya enak!

Baca Juga : Benarkah Susu Bikin Anak Tinggi? Ini Faktanya!

 

2.  Sayuran Hijau

Sayuran hijau rupanya bukan cuma baik bagi sistem pencernaan anak. Faktanya, sumber makanan nabati ini juga baik untuk tulang.

Mereka adalah sumber kalsium, antioksidan, vitamin C, dan vitamin K, yang baik. Coba berikan anak beragam sayuran hijau setiap harinya. Misalnya, bayam, sawi, kangkung, dan juga selada.

 

3.  Yoghurt

Salah satu minuman yang baik untuk kesehatan tulang adalah yoghurt. Produk olahan susu yang sudah mendapatkan proses fermentasi ini adalah sumber kalsium, probiotik, vitamin D dan A, folat, serta kalium yang amat baik bagi kesehatan tulang.

Ibu bisa menyajikan segelas yoghurt di pagi hari saat sarapan. Atau, Ibu bisa mencampurkannya dengan smoothies kesukaan anak.

Baca Juga : Ini Cara Menjaga Kesehatan Tulang Anak Lewat Makanan dan Minuman

4.  Ikan

Tahukah Anda kalau ikan, seperti tuna, lele, dan sarden, adalah salah satu sumber vitamin D yang bisa membantu penyerapan kalsium.

Beberapa ikan, seperti salmon, tuna, dan sarden, juga mengandung omega-3 yang juga berperan pembentukan dalam massa otot tulang.

 

5.  Tahu

Makanan pendukung kesehatan tulang tak perlu selalu mahal. Tahu salah satunya. Diketahui, setengah cangkir tahu mengandung lebih dari 800 miligram kalsium. Makanan populer di Indonesia ini juga mengandung vitamin D, A, C, B, zat besi, dan Fosfor.

Tahu dapat disajikan dengan cara digoreng atau dicampurkan ke dalam sup dan tumisan sayur. Cara menjaga kesehatan tulang anak yang mudah, bukan?

 

6.  Susu Coklat

Dari semua minuman dan makanan di atas, minum susu, termasuk susu coklat, kerap menjadi top list sebagai cara menjaga kesehatan tulang. Dokter dan ahli juga sering menyarankan para orang tua untuk memberikan susu sebagai pelengkap gizi anak.

Melansir Parenting Firstcry, segelas susu sapi mengandung kalsium, potasium, vitamin D dan A, yang dapat mendukung kekuatan tulang anak. Anak dapat minum sekitar dua gelas susu sapi setiap hari.

Ibu di rumah bisa memberikan MILO 3in1. Susu MILO 3in1 punya segudang nutrisi untuk kesehatan tulang anak. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

Jadi, Ibu siapkan masa depan anak dengan baik mulai dari pembentukan tulang yang kuat dan sehat. Konsumsi makanan dan minuman di atas untuk mendukungnya. Jangan lupa, barengi cara menjaga kesehatan tulang dengan aktivitas fisik dan olahraga secara rutin, ya!

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

menanamkan kepada anak pentingnya olahraga Aktivitas
Menanamkan kepada Anak Pentingnya Olahraga

Selain makanan dan minuman kaya nutrisi, Ibu juga harus mengajak anak melakukan aktivitas fisik setiap hari. Memiliki tubuh bugar dan aktif adalah

siapkan 4 hal ini saat anak mau berangkat sekolah Aktivitas
Siapkan 4 Hal Ini Saat Anak Mau Berangkat Sekolah

Berangkat sekolah menjadi momen tersibuk Ibu dan anak ketika pagi hari. Apalagi anak sudah masuk sekolah tahun ajaran baru 2022 secara tatap muka. Itu

alasan usia ideal masuk SD adalah 7 tahun Aktivitas
Alasan Usia Ideal Masuk SD adalah 7 Tahun

Walau terlihat mudah, ternyata permasalahan memilih sekolah untuk anak cukup pelik, Ibu. Apalagi untuk anak yang baru akan merasakan jenjang

6 contoh sikap optimis untuk diajarkan kepada anak Aktivitas
6 Contoh Sikap Optimis untuk Diajarkan kepada Anak

Tahukah Ibu ternyata sikap optimis dibutuhkan anak juga dalam tahap perkembangannya. Anak pastinya memiliki impian atau target tertentu dalam

 5 cara meningkatkan percaya diri anak yang ampuh Aktivitas
5 Cara Meningkatkan Percaya Diri Anak yang Ampuh

Ibu pastinya sering mendengar istilah insecure digunakan dalam social media. Bahkan, beberapa kali anak menyebutkan kata tersebut di depan Ibu ketika

dukung perkembangan karakter anak dengan 4 cara Ini! Aktivitas
Dukung Perkembangan Karakter Anak dengan 4 Cara Ini!

Ibu merasa ada perubahan karakter anak ketika ia memasuki usia abege atau remaja? Anak yang tadinya penurut dan mudah senyum, berubah menjadi

mengenal 4 tahap perkembangan kognitif pada anak Aktivitas
Mengenal 4 Tahap Perkembangan Kognitif pada Anak

Kecerdasan kognitif anak ternyata tidak bisa muncul dengan sendirinya, lho. Anak harus mendapatkan rangsangan tertentu agar kemampuan tersebut muncul.

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Aktivitas Fisik Untuk Anak Aktivitas
Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Aktivitas Fisik

Mengapa aktivitas fisik itu penting untuk anak? Ya, semestinya Ibu jangan senang kalau anak hanya lebih suka berdiam diri saja di rumah. Bahkan, tidak

Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Anak Aktivitas
Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Teratur untuk Anak

Ketika hari olahraga nasional, biasanya sekolah akan membuat acara pertandingan untuk seluruh murid. Ada baiknya, Ibu mempersiapkan untuk hari itu