Benarkah Susu Bikin Anak Tinggi? Ini Faktanya!Benarkah Susu Bikin Anak Tinggi? Ini Faktanya!

Benarkah Susu Bikin Anak Tinggi? Ini Faktanya!

01 December 2021

facebook iconwhatsapp icon

Umumnya, anak suka mengonsumsi susu coklat. Rasanya yang lezat membuat hidangan ini menjadi favorit anak. Ada yang bilang kebiasaan minum susu dapat membuat anak lebih tinggi. Benarkah demikian?

Sebenarnya, tinggi badan anak dipengaruhi berbagai faktor, yaitu:

  1. Genetik orang tua;
  2. Nutrisi yang dikonsumsi; dan
  3. Aktivitas pemicu pertumbuhan yang sering dilakukan anak.

Jadi, tidak melulu hanya karena keturunan. Bila memiliki keturunan tinggi, nutrisi terpenuhi, dan sering melakukan olah raga yang baik untuk pertumbuhan tubuh, pastinya tinggi anak akan maksimal. Lalu, di manakah peran susu?

Susu putih dan susu coklat berperan sebagai pendukung nutrisi anak. Bila anak tak bisa mendapatkan gizi yang seimbang dalam makanannya, susu bisa bantu melengkapinya. Tentu saja, nutrisi yang lengkap dapat membantu pertumbuhan anak lebih dari tinggi potensinya.

Kandungan Susu yang Perlu Ibu Ketahui

Ibu masih ragu memberikan anak susu? Susu putih dan susu coklat memiliki banyak kandungan gizi makronutrien serta juga mikronutrien. nutrisi. Berikut ini kandungan nutrisi yang ada dalam segelas susu.

  • Protein

    Perlu Ibu ketahui kandungan Protein paling banyak ada di susu, lho. Fungsi nutrisi yang satu ini untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh. Berguna juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

    Protein juga membantu tubuh menyerap sejumlah mineral, seperti Kalsium dan Fosfor. Tentunya, mineral ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang anak. Terutama bagi Ibu yang ingin tubuh anak tinggi maksimal.

  • Vitamin B

    Selain Protein, susu juga mengandung Vitamin B. Beberapa jenis Vitamin B yang berhubungan dengan pertumbuhan tulang dan perkembangan tubuh adalah Vitamin B2 (riboflavin) dan B12 (kobalamin).

  • Vitamin D

    Siapa bilang Vitamin D hanya bisa didapat dari sinar matahari? Nutrisi yang satu ini juga terdapat dalam susu. Fungsinya untuk memperkuat metabolisme tubuh dan membantu penyerapan Kalsium serta Fosfat di dalam usus.

  • Fosfor

    Mau tulang anak tumbuh dengan baik? Nah, Fosfor bisa membantu peran Kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, nutrisi ini juga bertugas bantu kerja otot dan saraf.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Vitamin untuk Anak yang Perlu Diketahui

  • IGF-1

    Pertumbuhan anak tak akan lengkap tanpa kehadiran Insulin Growth Factor 1 atau IGF-1. Zat ini memperlancar pertumbuhan sel dalam tubuh, termasuk sel tulang. Ternyata, susu dapat meningkatkan IGF-1, lho.

  • Kalsium

    Susu putih dan susu coklat disebut-sebut mengandung Kalsium. Kandungan nutrisi yang satu ini punya peran penting untuk pertumbuhan tulang, termasuk di dalamnya tinggi tubuh anak. Itu sebabnya, banyak yang mengaitkan dan percaya susu dapat menambah tinggi anak.

Dari keterangan di atas, susu dapat mendukung pertumbuhan tinggi anak. Lalu, Kapankah waktu yang tepat minum susu untuk menambah tinggi badan anak?

Waktu yang Tepat untuk Minum Susu

Menurut riset yang dilakukan PubMed, susu baik dikonsumsi ketika habis olahraga. Saat itulah, susu berperan sebagai pengganti energi yang keluar. Bahkan, mempercepat proses perkembangan otot dan tulang. Namun, sebenarnya, hingga saat ini belum ada rekomendasi khusus mengonsumsi susu untuk mendapatkan manfaat tertentu.

Ada baiknya Ibu mengetahui aktivitas anak terlebih dulu ketika ingin memberikan susu. Pastikan anak mendapatkan energi yang dibutuhkan. Caranya, selain memberikan porsi makan dengan asupan gizi seimbang, Ibu bisa memberikan anak MILO 3in1 setiap hari. Perpaduan malt, juga susu MILO coklat ini mengandung Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk bantu anak terus berenergi sepanjang hari.

Jadi, ayo berikan anak susu coklat yang sehat, bergizi, dan penuh energi.

buy now image
BELI PRODUK MILO