aktivitas untuk anak anak di rumahaktivitas untuk anak anak di rumah

5 Aktivitas untuk Anak-Anak di Rumah Bisa Dilakukan Saat Akhir Pekan

05 July 2022

facebook iconwhatsapp icon

Pernahkah Ibu bingung atau kehabisan ide aktivitas untuk anak-anak saat weekend atau liburan? Apalagi anak sudah melakukan kegiatan sehari-hari di rumah. Pastinya, Ibu khawatir ia akan bosan menjalani hari liburnya. Karena ketika merasa bosan, anak biasanya menjadi lebih cranky dan mood-nya pun jelek sepanjang hari. 

Supaya tak resah dan gelisah lagi, Ibu bisa cek contoh kegiatan anak di rumah berikut ini. Siapa tahu aktivitas untuk anak-anak ini cocok. Dilihat, yuk!

 

1. Camping di Rumah

Ibu memiliki rumah yang ada halaman cukup luas? Area ini bisa menjadi sarana aktivitas untuk anak-anak selama akhir pekannya, lho. Ibu dan ayah bisa mendirikan tenda camping di sini. Ajak anak untuk melakukan kegiatan berkemah kecil-kecilan di luar rumah. Ini menjadi petualangan baru bagi anak, terutama yang pernah camping

Serunya lagi, Ibu bisa memasak makan malam di depan tenda juga dengan kompor kecil. Ini supaya suasana camping lebih terasa. Selain sensasinya baru, anak pun bisa mempelajari soal alam. 

Misalnya, mendengar suara serangga yang muncul ketika malam hari atau suhu yang berubah dari panas ke dingin. Pastikan juga, cuaca cerah sebelum melakukan camping di rumah, ya

 

2. Olahraga Bersama

Pastinya, Ibu tahu kalau olahraga rutin baik sekali untuk kesehatan fisik dan mental. Apalagi, kalau aktivitas tersebut dilakukan bersama keluarga. Ini bisa menjadi kegiatan anak yang seru dan baik untuk tumbuh kembangnya. 

Ibu bisa memilih olahraga jogging, jalan cepat, ataupun bersepeda bersama. Tak perlu jauh-jauh atau dalam durasi yang lama. Cukup mengelilingi lingkungan rumah saja. Kegiatan ini bisa Ibu jadikan rutinitas yang nanti juga bermanfaat untuk membangun hubungan, sekaligus kesehatan anak. 

Jangan lupa membuat sesuatu yang fun selama melakukan olahraga bareng anak, ya. Ini agar anak menunggu-nunggu waktu olahraga bersama kedua orangtuanya. 

 

3. Proyek Seni

Membuat sebuah proyek seni bisa menjadi aktivitas untuk anak-anak yang dilakukan pada waktu weekend atau liburan. Tenang, Ibu tak perlu melakukan proyek seni yang sulit. Cari yang sederhana, yang penting anak bisa mengeksplorasi hal baru. Misalnya, melakukan tes campur warna cat ataupun tebak gambar. 

Ibu juga bisa mencari inspirasi proyek seni sederhana dari video-video di YouTube. Awalnya, anak mungkin kurang tertarik dengan proyek seni. Namun, bila Ibu mengemasnya dengan seru, tentu anak menjadi ingin mencobanya. 

 

4. Membereskan Kamar

Aktivitas di rumah ini mungkin merupakan salah satu yang dihindari anak. Biasanya, hal ini karena ia menganggapnya suatu kewajiban yang membosankan dan melelahkan. Supaya anak tidak enggan melakukannya, Ibu bisa merancangnya menjadi aktivitas yang seru. 

Misalnya, membuat permainan adu cepat membereskan mainan yang tercecer. Apabila ia menang, Ibu bisa memberikannya hadiah sederhana. Bisa juga, Ibu mengajak anak mencuci mainannya yang sudah kotor. Umumnya, anak lebih tertarik dengan aktivitas yang melibatkan air. 

Jangan lupa, aktivitas membereskan kamar ini bisa menjadi kebiasaan yang positif apabila dilakukan secara rutin lho, Bu. 

 

5. Ikut Lomba Virtual

Tahukah Ibu, aktivitas untuk anak-anak lainnya juga bisa didapatkan dari lomba virtual. Saat ini, banyak tempat les atau kegiatan anak yang dilakukan secara daring. Nah, Ibu bisa mencobanya. Misalnya, anak suka sekali menggambar. Coba ajak ia mengikuti lomba gambar virtual atau menghias rumah-rumahan bersama Ibu. 

Dari sini, anak akan belajar kerja sama bareng Ibu. Ia juga menjadi paham tentang keinginan untuk mencapai juara. Aktivitas ini pun merupakan kegiatan yang menantang adrenalin dan merangsang kreativitas anak. Siapa tahu, anak menjadi juara dan berprestasi di bidang tersebut. 

Supaya tetap aktif sepanjang melakukan aktivitas untuk anak-anak, kembalikan energinya dengan memberikan MILO UHT. Minuman coklat berenergi memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

buy now image
BELI PRODUK MILO