24 October 2022

Cek 5 Manfaat Aktivitas Fisik Jangka Panjang Ini

Bagikan Artikel:

Ibu pastinya menginginkan anak tumbuh sehat dan kuat. Itu sebabnya, setiap hari Ibu menyediakan makanan dan minuman bergizi untuk anak. Namun, tak cukup itu, Ibu juga harus mengajak anak melakukan aktivitas fisik. Sebenarnya, manfaat aktivitas fisik ini sangat banyak. Salah satunya adalah menjaga imunitas tubuh.

Namun, sebelum membahas lebih jauh soal manfaat aktivitas fisik, sebaiknya kita memahami lebih lanjut kegiatan tersebut. Sebenarnya, apa itu aktivitas fisik?

Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Kementerian Kesehatan punya jawabannya. Menurutnya, aktivitas fisik adalah setiap gerakan dilakukan tubuh yang menyebabkan otot rangka bekerja dan meningkatkan penggunaan tenaga serta energi.

Menurut WHO, aktivitas fisik secara teratur dalam sehari minimal dilakukan selama 60 menit untuk usia anak dan remaja. Waktu 60 menit bisa dibagi dua hingga empat kali sesi. Jadi, anak tidak perlu aktivitas langsung selama 1 jam tersebut. Bisa dibagi-bagi 15 menit, satu kali sesi.

Apa saja jenis aktivitas fisik? Perlu Ibu tahu, mulai dari membersihkan kamar hingga olahraga berat, seperti basket dan sepak bola, termasuk dalam aktivitas fisik. Ibu bisa membiasakan anak melakukan olahraga karena ini merupakan kegiatan fisik yang teratur. Bahkan, bisa mengajak anak mengikuti persiapan dan pertandingan selama Hari Olahraga Nasional. Pastinya, ini membuat kegiatan fisik semakin fun.

Setelah memahaminya lebih lanjut, Ibu harus tahu manfaat aktivitas fisik. Terutama yang akan didapat setelah anak rutin melakukannya. Manfaat jangka panjang dari aktivitas fisik secara teratur adalah sebagai berikut ini.

 

1. Mengontrol Berat Badan

Ibu pastinya tidak ingin anak mengalami obesitas. Ini karena masalah kesehatan tersebut dapat memunculkan penyakit berbahaya, seperti diabetes dan stroke. Untuk menjaga dan mengontrol berat badan, anak memerlukan aktivitas fisik.

Jenis kegiatan tersebut secara tidak disadari dapat membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh anak. Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau membantu dalam penurunan berat badan.

 

2. Meningkatkan Semangat

Anak juga terkadang mengalami stres akibat seharian belajar di dalam kelas. Hal ini membuatnya adi bad mood seharian. Bahkan, enggan datang ke sekolah. Supaya anak tidak mengalami hal tersebut, ada baiknya rutin melakukan aktivitas fisik.

Manfaat aktivitas fisik lainnya adalah merangsang senyawa kimia dan hormon bahagia di dalam tubuh untuk meningkat. Tentunya, ini akan memunculkan perasaan lebih bahagia, santai, dan lega. Perasaan inilah yang dapat mengurangi stres.

 

3. Meningkatkan Energi

Aktivitas fisik memang mengeluarkan banyak energi. Namun, perlu Ibu tahu rutinitas ini membuat tubuh menjadi lebih cepat dan meningkatkan produksi energi. Latihan dan aktivitas fisik memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan dan membantu sistem kardiovaskular untuk bekerja lebih efisien.

Dengan begitu, energi baru akan lebih mudah terbentuk. Selain itu, aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Anak termasuk yang susah tidur ketika malam hari? Nah, manfaat aktivitas fisik lainnya dapat membantu Ibu mengatasi masalah tersebut. Bila anak sering atau rutin melakukan kegiatan tersebut, pastinya tubuh akan terasa lelah. Hal ini membuat keinginan beristirahat lebih tinggi. Jangan heran anak akan langsung tidur setelah kegiatan fisik ini dilakukan.

 

5. Meningkatkan Kebugaran

Aktivitas fisik secara teratur memperkuat otot dan meningkatkan pasokan oksigen dan nutrisi ke jaringan sehingga sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Kondisi ini tanpa disadari membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Bahkan, bisa mencegah munculnya penyakit-penyakit berat.

Itu tadi manfaat aktivitas fisik secara jangka panjang untuk tubuh anak. Berikan MILO Activ-Go setelah anak berolahraga untuk mengembalikan energinya yang hilang. Produk MILO ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Tumbuh Aktif

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Cara meningkatkan imun tubuh Aktivitas
Cara Meningkatkan Imun Tubuh Bagi Kamu yang Aktif Berkegiatan

Saat sedang sibuk beraktivitas atau pergantian musim, seringkali tubuh kita jadi lebih mudah sakit. Itu sebabnya Ibu juga perlu mengedukasi anak

Manfaat vitamin k bagi tubuh Aktivitas
Berikut 7 Kegunaan Vitamin K Bagi Tubuh

Walaupun jenis vitamin K belum terlalu populer, tapi Ibu perlu tahu kalau manfaat vitamin K juga dibutuhkan oleh orang dewasa dan juga anak karena

Cara meningkatkan fokus dan daya ingat Aktivitas
Bagaimana Cara Meningkatkan Fokus dan Daya Ingat Ketika Belajar?

Sebagian Ibu mungkin pernah mengalami problem anaknya sulit fokus dan konsentrasi saat belajar. Tentunya kondisi seperti itu jadi tantangan tersendiri

Manfaat senam kebugaran jasmani Aktivitas
Apa Manfaat Senam Kebugaran Jasmani? Simak Penjelasan Berikut, Yuk!

Hampir semua orang mungkin sudah tahu dengan senam kebugaran jasmani atau yang disingkat SKJ. Biasanya olahraga senam pagi dengan iringan musik dan

Permainn olahraga tradisional Aktivitas
8 Permainan Olahraga Tradisional yang Seru untuk Anak

Dunia anak adalah dunia bermain. Tapi, tidak hanya bermain, berbagai jenis permainan anak-anak juga kerap memasukkan unsur olahraga. Apalagi pada

Makanan yang mengandung vitamin b tinggi Aktivitas
7 Makanan yang Mengandung Vitamin B Tinggi dan Manfaat Pentingnya

Bukan rahasia lagi, tubuh memerlukan vitamin dan mineral untuk bisa berfungsi dengan baik. Tidak terkecuali vitamin B.Jika Anda bertanya, vitamin B

Cara menghilangkan ngantuk saat belajar Aktivitas
7 Cara Menghilangkan Ngantuk saat Belajar, Wajib Coba!

Mengantuk adalah salah satu hal yang kadang dihadapi anak saat sedang fokus belajar. Yang bikin kesal, rasa kantuk tak jarang muncul saat motivasi

Teknik Dasar Dalam Permainan Bulutangkis yang Perlu Diketahui Aktivitas
Teknik Dasar Dalam Permainan Bulutangkis yang Perlu Diketahui

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia, yang bisa dimainkan oleh seluruh kalangan usia dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.