Olahraga Dirumah Untuk AnakOlahraga Dirumah Untuk Anak

Yuk, Lakukan 6 Olahraga dirumah Untuk Anak!

21 July 2021

facebook iconwhatsapp icon

Pada masa sekarang ini, tentunya anak tidak dapat bermain dengan bebas di luar rumah. Terkadang, hal tersebut membuat ia bosan dan uring-uringan. Bahkan, Ibu mulai kehabisan ide untuk membuat anak tetap aktif walau di rumah. Ibu tak perlu resah, olahraga dirumah untuk anak bisa menjadi salah satu solusinya. Pastinya, Ibu bertanya-tanya bagaimana bisa olahraga tetap dilakukan dirumah bersama anak? Sebenarnya, Ibu cukup menyulap sebuah olahraga menjadi aktivitas yang seru untuk dilakukan bersama anak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Coba Pahami Perasaan Anak

Untuk memulai aktivitas di rumah, pertama-tama Ibu harus memahami perasaan dan keinginan anak. Ketahui waktu ia mulai merasa bosan. Biasanya, anak akan memberikan sinyal, seperti rewel, bermalas-malasan, dan mencari perhatian orang tua.

Saat itulah, Ibu harus memberi pengertian kepadanya. Ajak anak berbicara dan beritahu kalau rasa bosan yang dirasakan wajar terjadi. Ibu juga bisa meminta anak mengutarakan isi hati dan keinginannya. Obrolan dari hati ke hati ini bisa jadi inspirasi Ibu menentukan aktivitas anak.

2. Ibu Ikut Serta dalam Aktivitas Anak

Salah satu hal yang membuat anak bosan adalah tidak ada teman bermain. Pada masa seperti saat ini, interaksi sosial anak sangat terbatas. Kebanyakan anak hanya berinteraksi dengan teman-temannya lewat gawai. Karena hal tersebut, Ibu harus menjadi partner anak dalam bermain dan beraktivitas. Ibu bisa memilih olahraga dirumah untuk anak yang bisa dimainkan bersama. Tentunya, ini akan membuat suasana rumah jadi lebih ramai dan menyenangkan.

Baca Juga : Alasan Olahraga Bisa Bantu Anak Jadi Pemberani

3. Lakukan Olahraga Favorit Anak

Olahraga dirumah untuk anak bisa dipilih dari hal yang disukainya. Misalnya, anak sangat menyukai bermain basket atau sepakbola. Ibu bisa menghadirkan olahraga tersebut di rumah. Contohnya, memodifikasi permainan basket dengan bola yang lebih kecil. Lalu, ibu membuat ring basket dari ember atau panci masak. Ibu dan anak bisa main adu memasukkan bola ke dalam wadah tersebut. Tentunya ini bisa menyenangkan bagi anak. Ibu juga bisa memainkan 3on3 atau futsal bila halaman rumah cukup luas untuk bermain bagi 4 orang atau lebih. Untuk inspirasi olahraga lainnya, sekaligus info soal teknik-teknik dasar yang bisa dilatih di rumah, Ibu bisa mengajak anak mengunjungi MILO Activ Academy di sini.

4. Buat Permainan Seru di Rumah

Tentunya, aktivitas tak cuma olahraga. Ada kemungkinan anak meminta ganti permainan olahraga yang tengah dilakukan. Itu sebabnya, ibu harus banyak akal dan ide. Tenang, banyak hal yang bisa dilakukan, kok.

Ibu bisa mengajak anak untuk bermain lompat tali bersama ataupun berburu harta karun. Contohnya, Ibu bisa menyembunyikan sejumlah mainan favorit anak. Tempatkan dalam sebuah kotak, lalu berikan sejumlah petunjuk di beberapa surat rahasia. Perlu Ibu tahu, aktivitas ini tak hanya membantu anak aktif bergerak, tapi juga melatih logika berpikirnya, lho.

5. Ajak Olahraga Ringan

Olahraga dirumah untuk anak tak cuma yang berat-berat, kok. Ibu juga bisa mengajak anak melakukan olahraga ringan. Misalnya, lakukan stretching atau gerakan yoga ringan di depan televisi. Ibu juga bisa mengajaknya untuk dance, zumba, atau aerobik bersama. Hanya nyalakan video dan musik, Ibu serta si kecil bisa berjoget bersama.

6. Siapkan Makanan Bersama

Setelah seharian melakukan aktivitas olahraga bersama di rumah, tentunya anak perlu mengisi energi kembali. Kali ini, libatkan anak dalam menyiapkan makanan di dapur. Beri kesempatan padanya untuk merasa penting dan dibutuhkan.

Ibu bisa menyiapkan makanan yang kaya nutrisi, seperti sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa lengkapi dengan segelas MILO ActivGo. MILO ActivGo dengan malt, susu, serta rasa cokelat yang lezat mengandung Vitamin B1, B2, B3, B6, C, dan D, serta Zat Besi, Kalsium, dan Fosfor untuk mengembalikan energi anak setelah bergerak aktif seharian.

Sekarang, Ibu sudah tidak kehabisan ide aktivitas dan olahraga dirumah untuk anak, kan? Yuk, coba cara-cara di atas untuk bantu anak tetap aktif selama di rumah!

buy now image
BELI PRODUK MILO