Selain untuk Bela Diri, Simak Manfaat Pencak Silat untuk Tubuh dan Mental Berikut Ini

Bagikan Artikel:

Anak Ibu hobi latihan pencak silat? Ini adalah aktivitas yang positif karena banyak manfaat pencak silat baik untuk kesehatan, bela diri, dan juga aspek mental.

Untuk lebih tahu tentang olahraga ini, baik dari sejarah pencak silat, tujuan pencak silat, dan juga manfaatnya, yuk simak ulasan berikut, Bu.

Pengertian Pencak Silat

Perlu diketahui, pencak silat adalah seni bela diri tradisional asal Indonesia dan berakar dari budaya Melayu, serta sudah diperkenalkan sejak beberapa abad yang lalu, tepatnya abad ke 7 Masehi.

Saat ini pencak silat juga sudah dikenal di kancah internasional dan dipertandingkan di beberapa event olahraga nasional dan internasional. Selain itu, pencak silat juga telah diakui United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Sejumlah siswa dari tingkat dasar hingga universitas juga banyak yang mengikuti latihan bela diri ini dan belajar teknik dasar pencak silat secara khusus dan juga kegiata ekstrakurikuler sekolah.

Manfaat Pencak Silat untuk Fisik dan Mental

Dalam penerapannya, 4 fungsi pencak silat adalah sebagai metode bela diri, metode seni (melalui irama dan keselarasan gerakannya), latihan fisik, serta melatih mental dan spiritual. Secara lebih rinci, berikut manfaat pencak silat dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diketahui.

  1. Meningkatkan kemampuan fisik. Dengan melakukan latihan pencak silat secara rutin, hal tersebut dapat meningkatkan kondisi fisik seperti kekuatan, kelincahan, dan daya tahan tubuh.
  2. Meningkatkan konsentrasi. Dengan latihan pencak silat yang intens, rangkaian teknik dan gerakannya juga membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.
  3. Meningkatkan ketahanan mental. Sejumlah teknik bela diri pada pencak silat juga mengajarkan untuk kekuatan mental, terutama saat latihan bertanding menghadapi lawan.
  4. Meningkatkan disiplin. Disiplin menjadi salah satu nilai penting dalam olahraga, dan hal tersebut juga didapatkan saat rutin berlatih pencak silat. Kedisiplinan yang kuat dapat membawa manfaat baik untuk mental dan juga bisa diterapkan pada keseharian.
  5. Melatih keseimbangan. Latihan pencak silat dapat membantu melatih keseimbangan tubuh, koordinasi gerakan, hingga sehingga memperbaiki postur tubuh.
  6. Meningkatkan rasa percaya diri. Latihan pencak silat tidak hanya serangkaian latigan fisik, namun juga latihan bela diri dimana hal ini bisa meningkatkan kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan atau situasi bahaya.
  7. Mengurangi stres. Aktivitas fisik dalam pencak silat juga dapat meningkatkan hormon endorphin yang membantu mengurangi tingkat stres sekaligus menjaga kesehatan mental.
  8. Membangun kemampuan kerja sama. Melalui latihan dan kompetisi, pencak silat dapat membantu melatih kemampuan kerja sama dalam tim.
  9. Mengasah insting dan kreativitas. Latihan teknik-teknik bela diri dalam pencak silat dapat membantu seseorang untuk melatih insting dan juga lebih kreatif dan berpikir cepat dalam merespon situasi.

Itu tadi bahasan mengenai manfaat pencak silat yang bisa jadi pengetahuan dan bekal latihan anak. Selain itu, jangan lupa lengkapi asupan nutrisi anak dengan segelas MILO 3in1 agar anak tetap berenergi setelah latihan pencak silat.

MILO 3in1 dengan malt, susu, dan rasa cokelat yang lezat diperkaya vitamin B1, B2, B3, B6, kalsium, dan fosfor untuk membantu anak kembali berenergi setelah beraktivitas. Rasa cokelatnya yang lezat juga lebih enak dan segar dinikmati dalam penyajian dingin.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Manfaat Pencak Silat Aktivitas
Selain untuk Bela Diri, Simak Manfaat Pencak Silat untuk Tubuh dan Mental Berikut Ini

Anak Ibu hobi latihan pencak silat? Ini adalah aktivitas yang positif karena banyak manfaat pencak silat baik untuk kesehatan, bela diri, dan juga

Teknik Menendang Bola yang Benar Aktivitas
Bagaimana Teknik Menendang Bola Sepak yang Benar?

Buat kamu yang hobi sepak bola tentu perlu tahu bagaimana teknik menendang bola yang tepat agar tendangan lebih akurat dan performa di lapangan

Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya Aktivitas
Ciri ciri Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya

Ibu pasti sudah tahu bahwa peran kalsium bagi kesehatan anak sangat penting. Sebagai salah satu jenis mineral, kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga

Cara Bermain Sepak Bola Aktivitas
Cara Bermain Sepak Bola dan Teknik Dasarnya yang Perlu Kamu Tahu

Mulai anak-anak hingga dewasa tampaknya sudah begitu akrab dengan sepak bola. Jika anak Ibu ada yang tertarik berlatih dan ingin belajar cara bermain

Cara Melakukan Dribling Bola Basket Aktivitas
Ini 4 Cara Melakukan Dribbling Bola Basket yang Perlu Kamu Kuasai

Saat mulai berlatih basket, pemain perlu menguasai cara melakukan dribbling bola basket secara baik dan benar. Dribbling adalah salah satu teknik

Teknik Dasar Bola Basket Aktivitas
5 Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Dikuasai Pemula

Bola basket adalah salah satu permainan yang banyak digemari di dunia, tak terkecuali oleh anak dan remaja. Olahraga tim ini bertujuan memasukkan bola

Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh Aktivitas
5 Contoh Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kamu sudah familiar dengan istilah latihan koordinasi? Ini merupakan aktivitas untuk melatih kemampuan respons motorik halus secara akurat, termasuk

Manfaat Badminton untuk Fisik dan Mental Aktivitas
10 Manfaat Badminton untuk Dukung Fisik dan Mental

Ibu perlu memberi dukungan penuh saat anak senang berlatih olahraga, termasuk badminton. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat

Fungsi Vitamin dan Mineral Bagi Tubuh Aktivitas
Ini 7 Fungsi Vitamin dan Mineral untuk Dukung Anak Sehat dan Berprestasi

Ibu perlu memahami fungsi vitamin dan mineral berperan penting bagi tumbuh kembang supaya anak sehat, aktif, dan berprestasi. Lalu apa yang dimaksud

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.