23 February 2022

4 Manfaat Lari Pagi untuk Psikologis Anak

Bagikan Artikel:

Ibu melihat anak kurang aktivitas fisik. Biasanya, ia hanya berkutat dengan gadget-nya saja. Tampaknya, Ibu harus membuat rutinitas baru untuknya. Coba mulai dengan olahraga yang simple, yakni lari pagi dengan cara jogging. Perlu Ibu tahu manfaat lari pagi itu banyak, lho.

Sebelum mengetahui lari pagi bermanfaat untuk apa, ada baiknya kita cari tahu sedikit soal aktivitas ini. Jogging adalah variasi lari yang dilakukan secara perlahan dengan santai. Biasanya, dilakukan sambil menikmati lingkungan alam sekitar serta manfaat udara pagi.

Walau terkesan ringan, Ibu dan anak juga tetap harus melakukan pemanasan sebelum jogging pagi dimulai. Paling tidak, lakukan peregangan badan 10-15 menit, terutama di bagian kaki dan lengan. Ini supaya untuk menghindari terjadinya cedera otot atau kram.

Nah, sebenarnya apa kegunaan jogging ini untuk anak? Secara fisik, manfaat lari pagi setiap hari bisa menguatkan otot, tulang, dan juga daya tahan tubuh. Anak akan tidak mudah terserang bakteri ataupun virus.

Namun, fungsinya tak hanya itu, lho. Manfaat lari pagi juga ada yang berhubungan dengan mental atau psikologis anak. Apa saja ya, kira-kira?

 

1. Mengurangi Stres

Banyak yang belum menyadari kalau manfaat lari pagi salah satunya adalah mengurangi stres. Tentunya, ibu bertanya-tanya, kok, bisa? Sebelum itu, Ibu harus tahu soal endocannabinoid. Ini merupakan senyawa yang diproduksi secara alami di dalam tubuh. Nah, kehadiran zat kimia ini memberikan efek menenangkan.

Lalu apa hubungannya dengan jogging di pagi hari? Beberapa penelitian menunjukkan aktivitas olahraga tersebut dapat melepaskan endocannabinoid lebih banyak. Senyawa tersebut semakin lancar menyebar hingga ke otak karena aliran darah lancar. Itu sebabnya, rasa stres tersebut kemudian berubah menjadi perasaan tenang dan nyaman setelah lari.

Tentunya, anak yang mungkin stres di rumah ataupun terhadap pelajarannya bisa lebih merasa senang ketika habis berlari. Itu sebabnya, jogging pagi bisa membuat kesehatan mental anak lebih terjaga lagi.

 

2. Memperbaiki Pola Tidur

Anak termasuk tipe orang yang sering terbangun tengah malam saat tidur atau justru sering begadang? Aduh, hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan, Bu. Bisa-bisa kebiasaan ini bisa mengurangi daya tahan tubuh. Tahukah Ibu salah satu cara mengatasi pola tidur tidak beraturan pada anak ini bisa cara dengan lari santai pagi hari?

Saat jogging, hampir semua otot di tubuh bekerja keras. Jangan heran ketika usai melakukan aktivitas ini tubuh merasa pegal atau lelah. Ditambah lagi dengan adanya senyawa endocannabinoid yang membuat anak menjadi lebih rileks.

Kondisi fisik dan dan mental anak yang seperti ini membuatnya lebih mudah untuk tidur pada malam hari. Bahkan, bisa masuk dalam tahap deep sleep lebih cepat. Anak akan bangun pagi dengan wajah cerah karena tidak merasa kurang tidur. Selain itu, istirahat cukup ini membuat otak anak kembali bekerja dengan baik.

 

3. Mengoptimalkan Kemampuan Otak

Manfaat lari pagi setiap hari juga ada yang berhubungan dengan kemampuan otak anak, lho. Perlu Ibu tahu, ketika anak melakukan jogging, memicu terjadinya peningkatan kekuatan otak. Kekuatan ini kemudian digunakan otak untuk membuat sel-sel baru serta meningkatkan kinerjanya.

Semakin berat aktivitas lari yang dilakukan, semakin banyak sel baru yang dibentuk. Lalu saat lari juga, kadar protein di dalam tubuh membantu dalam berpikir secara logika, mengambil keputusan, hingga menerima informasi baru. Tak heran, kalau olahraga ini dapat meningkatkan kecerdasan juga untuk anak.

 

4. Meningkatkan Kadar Endorfin

Manfaat lari pagi lainnya adalah bisa meningkatkan kadar hormon endorfin di dalam tubuh anak. Hormon ini sebenarnya memiliki fungsi yang mirip dengan obat pereda gejala kecemasan. Jika endorfin muncul, suasana hati anak akan lebih baik. Akibatnya, anak jauh dari risiko gangguan kecemasan.

Selain hormon tersebut, lari juga bisa meningkatkan dopamin dan serotonin. Keduanya juga berfungsi sebagai mood booster. Itu sebabnya, ada baiknya anak-anak rutin berolahraga pada pagi hari. Mulai dari jogging hingga nantinya mencoba aktivitas lainnya.

 

Bagaimana bentuk dukungan Ibu terhadap aktivitas ini? Ibu bisa menyiapkan MILO UHT untuk anak sesudah berolahraga. Ini supaya energi yang diperlukan tubuh tetap terpenuhi. Minuman coklat berenergi ini mengandung Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi. Semua ini berguna untuk memasok 100% energi anak. Ayo Bu, biarkan anak rasakan manfaat lari pagi!

 

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak Aktivitas
5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan

Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online Aktivitas
Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online

Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak

Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya Aktivitas
Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya

Kamu punya hobi bermain games di PC atau gadget setiap hari? Kayaknya kamu harus mulai mengasah skill permainanmu, deh. Siapa tahu kamu nantinya bisa

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah Aktivitas
5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak Aktivitas
Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan

Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya

Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Tahukah Ibu kalau memberi makanan dan minuman anak tidak boleh sembarangan. Apalagi saat anak Ibu sudah memasuki usia sekolah. Ada sejumlah kebutuhan

5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani Aktivitas
5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Pernahkah Ibu melihat anak menangis karena tidak mau masuk kelas? Biasanya, ini terjadi karena ia tak ingin berpisah dari Ibunya. Hal selanjutnya yang

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana Aktivitas
5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun,