5 Manfaat Aktivitas Fisik untuk Menjaga Kesehatan Anak

Bagikan Artikel:

Tahukah Ibu kalau anak sebaiknya tidak dibiarkan berdiam diri saja menatap gadget seharian? Anak juga harus melakukan kegiatan fisik untuk tumbuh kembangnya. Manfaat aktivitas fisik juga banyak sekali untuk kesehatan tubuh. Misalnya, mulai dari mengurangi lemak tubuh hingga meningkatkatkan metabolisme tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat aktivitas fisik yang tepat, WHO menyarankan anak usia 5-17 tahun untuk setidaknya melakukannya 60 menit (satu jam) setiap harinya. Tujuan aktivitas fisik sendiri sebenarnya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Itu sebabnya, ini sangat penting dilakukan untuk anak.

Supaya Ibu bisa lebih memahami pentingnya kegiatan tersebut, berikut manfaat aktivitas fisik teratur bagi anak. 

 

1. Mengendalikan Berat Badan

Anak-anak pastinya cenderung lebih menyukai makanan manis dan junk food untuk dikonsumsi. Coba Ibu bayangkan kalau kebiasaan ini tidak dibarengi dengan kegiatan fisik. Pastinya, anak bisa mengalami masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Sedangkan, permasalahan kesehatan ini dapat menghambat pertumbuhannya.

Menurut European Childhood Obesity Group (ECOG), melakukan aktivitas fisik sebenarnya masuk dalam program pengobatan masalah berat badan berlebih untuk anak. Jenis kegiatan ini sebenarnya membantu anak mengeluarkan energi dan kalori, meningkatkan massa tubuh tidak berlemak, serta kontrol keinginan makan.

Baca Juga : Pentingnya Aktifitas Fisik Bagi Pertumbuhan Anak

 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat aktivitas fisik teratur lainnya adalah bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak. Bila anak melakukannya rutin setiap hari, virus, bakteri, dan radikal bebas akan sulit masuk ke dalam tubuh. Hal ini karena sirkulasi darah meningkat saat tubuh anak aktif bergerak.

Sirkulasi darah yang seperti ini dapat dengan mudah membersihkan bakteri yang masuk ke saluran pernapasan. Tentunya, tanpa disadari antibodi anak semakin terbentuk untuk melawan infeksi. Tak lupa juga aktivitas fisik bisa mengurangi peradangan, sehingga tubuh lebih kuat melawan paparan penyakit.

 

3. Meningkatkan Kinerja Sendi dan Otot

Memiliki otot yang kuat bukan berarti tubuh anak akan mirip seperti atlet binaraga. Terkadang, kekuatan otot justru tidak terlihat oleh mata. Untuk mendapatkan otot yang kuat dan sendi lentur, anak harus rutin melakukan aktivitas fisik. Nah, mengapa kekuatan otot dan kelenturan sendi diperlukan anak?

Dalam periode pertumbuhan aktif, anak perlu menggunakan kemampuan motorik kasar dan halusnya. Namun, kemampuan tersebut tidak akan muncul kalau Ibu tidak mengasahnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan melakukan aktivitas fisik.

Aktivitas fisik juga berfungsi untuk melatih sinyal antara otak dan seluruh otot yang ada di tubuh. Hal ini supaya kemampuan koordinasi anak bisa lebih lancar dan baik.

Baca Juga : Yuk, Bantu Anak Tingkatkan Imun dengan Melakukan Aktivitas Fisik

 

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Anak Ibu memiliki postur yang sedikit bungkuk? Sebenarnya, postur yang seperti ini bisa dicegah dan juga diperbaiki. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan aktivitas fisik, seperti lari, berjalan, dan melompat. Masalah ini sebenarnya masih ada hubungannya dengan tulang anak, lho.

Manfaat aktivitas fisik lainnya adalah meningkatkan kepadatan tulang anak. Hal ini supaya anak terhindar dari risiko osteoporosis ketika sudah bertambah usia nantinya.

 

5. Mencegah Stres dan Kecemasan

Ibu ternyata anak-anak yang mau memasuki usia remaja rentan sekali dengan stres hingga gangguan kecemasan. Hal ini karena pada masa tersebut, anak sangat sensitif terhadap pendapat orang lain. Untuk mencegah kondisi mental anak menjadi buruk, Ibu bisa mengajaknya melakukan aktivitas fisik.

Berjalan kaki selama 30 menit atau yoga bersama di rumah bisa menjadi pilihan Ibu dan anak beraktivitas fisik. Kegiatan ini membuat anak teralihkan dari pikiran negatif dan fokus terhadap hal lainnya. Selain itu, mood anak pun bisa membaik karena olahraga membuatnya lebih bersemangat.

Siapa tahu anak bisa mendapatkan kegiatan atau keterampilan favorit baru. Misalnya, jadi suka bersepeda, bermain inline skate, atau memasukan bola ke dalam keranjang. Tentunya, anak yang sudah fokus akan melupakan stres dan kecemasannya.

 

Jangan lupa, Ibu juga harus memberikan anak asupan bergizi untuk anak. Ingat, makanan yang masuk ke dalam tubuh selain untuk menjaga kesehatan digunakan untuk beraktivitas fisik. Itu sebabnya penting bagi Ibu untuk menyediakan minuman pelengkap gizi anak, seperti MILO Activ-Go.

Minuman coklat favorit anak ini mengandung susu, bubuk kakao, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman berenergi ini juga mengandung Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

Itu tadi manfaat aktivitas fisik untuk anak. Ibu jangan lupa untuk selalu mendukung pertumbuhan anak aktif. Selamat mencoba!

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.