5 Contoh Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh

Bagikan Artikel:

Kamu sudah familiar dengan istilah latihan koordinasi? Ini merupakan aktivitas untuk melatih kemampuan respons motorik halus secara akurat, termasuk dengan interaksi fungsi otot yang optimal. Latihan koordinasi juga merupakan kemampuan untuk menggunakan otot yang tepat dengan intensitas yang sesuai untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Apa saja jenis dan manfaat latihan koordinasi yang bisa kamu lakukan sehari-hari? Yuk, simak ulasan berikut ini.

5 Contoh Latihan Koordinasi

Berikut beberapa contoh latihan koordinasi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keseimbangan sekaligus kekuatan otot.

1. Lompat Tali

Teknik dalam olahraga lompat tali dapat membantu meningkatkan koordinasi antara mata, kaki, dan tangan. Selain itu, kamu akan belajar pola motorik baru untuk meningkatkan komunikasi dan sinkronisasi antara otak, pergelangan tangan, dan otot kaki bawah.

2. Berenang

Cara melakukan latihan koordinasi tubuh juga bisa dilakukan dengan berenang, baik menggunakan gaya dada, gaya punggung, atau gaya bebas. Pada saat berenang kamu perlu berkosentrasi untuk mengkoordinasikan gerakan lengan dan kaki agar seimbang dan melaju, serta mengatur pernapasan selama berada di dalam air.

3. Bersepeda

Latihan koordinasi lainnya juga bisa dilakukan dengan bersepeda. Saat bersepeda terdapat rangkaian aktivitas yaitu koordinasi mengerahkan tenaga pada otot kaki untuk mengayuh pedal dan juga kekuatan lengan untuk menahan keseimbangan.

4. Melempar dan menangkap bola

Kamu juga bisa melakukan latihan koordinasi dalam kebugaran jasmani, dimana ini merupakan latihan koordinasi sejumlah bagian tubuh dengan integrasi beberapa gerakan. Contoh latihan koordinasi dalam kebugaran jasmani adalah melempar atau memantulkan bola tenis ke dinding datar dengan tangan kanan, kemudian menangkapnya dengan tangan kiri, lalu lanjutkan lemparan dan tangkap secara bergantian sisi tangannya.

5. Squat

Melakukan gerakan squat jongkok dan berdiri juga merupakan bentuk latihan koordinasi. Saat melakukan gerakan ini, beberapa bagian tubuh seperti pinggang, paha, kaki berkoordinasi untuk menopang berat, dan ditambah dengan koordinasi gerak tangan untuk mempertahankan keseimbangan.

Tujuan dan Manfaat Latihan Koordinasi

Berikut ini adalah beberapa tujuan dan manfaat yang didapatkan dengan rutin melakukan latihan koordinasi:

  • Meningkatkan fungsi kognitif. Latihan keseimbangan dan koordinasi secara rutin seminggu 3 kali dan masing-masing selama 30 menit bisa membantu untuk meningkatkan konsentrasi. 
  • Peningkatan stamina tubuh. Latihan koordinasi juga bisa meningkatkan kekuatan dan agility pada pemain sepak bola, yang juga dapat diterapkan pada berbagai aktivitas fisik yang  nikmati.
  • Menjaga keseimbangan. Latihan stabilitas dan koordinasi secara rutin yang dilakukan selama 20 menit dua kali seminggu selama 12 minggu meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh.
  • Mengurangi risiko jatuh. Program latihan latihan koordinasi juga membantu tubuh lebih kuat dan stabil sehingga mengurangi tingkat risiko jatuh saat beraktivitas.
  • Meningkatkan fokus. Latihan koordinasi bisa menjadi cara untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi sehingga membantu dalam proses belajar dan aktivitas lainnya.

Itulah beberapa contoh latihan koordinasi dan manfaatnya untuk kesehatan sekaligus meningkatkan keseimbangan tubuh.

Selain berolahraga, pastikan juga untuk mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang. Selain itu, jangan lupa minum segelas MILO 3in1 agar tetap berenergi setelah beraktivitas.

MILO 3in1 dengan malt, susu, dan rasa cokelat yang lezat diperkaya vitamin B1, B2, B3, B6, kalsium, dan fosfor, dan zat besi, untuk membantu anak kembali berenergi setelah beraktivitas. Rasa cokelatnya yang lezat juga lebih enak dan segar dinikmati dalam penyajian dingin.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.