21 December 2023

10 Manfaat Kebugaran Jasmani untuk Jangka Panjang

Bagikan Artikel:

Ibu pastinya tahu bahwa tubuh sehat dan bugar adalah aset penting bagi semua orang, baik itu untuk anak, remaja, maupun dewasa. Dengan jasmani yang bugar, anak bisa lebih mudah mengikuti proses belajar dan melakukan aktivitas lainnya. Lalu apa yang perlu dilakukan untuk mencapai kebugaran jasmani dan apa saja manfaat kebugaran jasmani untuk jangka panjang? Ibu bisa dapatkan informasinya pada ulasan berikut ini. 

Definisi dan Prinsip Kebugaran Jasmani

Jadi, apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani? Ibu bisa jelaskan juga pada anak bahwa kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dalam melakukan beban fisik tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan.  

Jadi tujuan kebugaran jasmani adalah untuk meningkatkan atau menjaga kondisi fisik dan kesehatan tubuh supaya tetap fit dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Ibu juga perlu tahu tentang prinsip kebugaran jasmani atau konsep kebugaran jasmani yang merupakan aturan dasar yang dianjurkan dalam program latihan kebugaran jasmani. Terdapat enam prinsip dasar latihan kebugaran yang meliputi:

  • Perbedaan individu (Individual Differences). Pada prinsip ini ditegaskan bahwa masing-masing individu memiliki respons yang berbeda terhadap program latihan.
  • Beban berlebih (Overload). Prinsip overload menyatakan bahwa untuk mencapai peningkatan kebugaran, kekuatan, atau daya tahan tubuh, beban latihan perlu ditingkatkan dengan sistem terukur untuk mencapai tujuan dari latihan.
  • Progresif (Progression): Prinsip progresif mengimplikasikan bahwa untuk mencapai tujuan atau tingkat latihan yang optimal perlu melalui proses dan dalam kurun waktu yang tepat.
  • Adaptasi (Adaptation). Prinsip adaptasi mengacu pada kemampuan tubuh untuk menyesuaikan diri dengan peningkatan atau penurunan tuntutan fisik.
  • Penggunaan yang tepat (Use & disuse). Prinsip ini menyatakan bahwa tubuh akan mengalami hipertrofi (pertumbuhan massa otot) saat melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin. Sebaliknya, tubuh juga bisa mengalami penyusutan massa otot ( atrofi) saat tidak melakukan latihan. 
  • Spesifik (Specificity). Pada prinsip ini menjelaskan jika ingin mendapat hasil atau prestasi optimal  dalam olahraga tertentu, kita harus melatihnya secara spesifik dan konsisten.

10 Manfaat Kebugaran Jasmani

Untuk memacu anak giat latihan olahraga, Ibu juga bisa jelaskan bahwa berbagai gerakan kebugaran jasmani, termasuk juga senam kebugaran jasmani memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan daya tahan fisik

Melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin dapat meningkatkan energi dan meningkatkan sistem imun, serta daya tahan kebugaran jasmani atau fisik. Seperti contoh, gerakan aerobik khususnya dapat memperkuat sistem kardiovaskuler dan paru-paru, sehingga memperbaiki sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh 

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Gerakan kebugaran jasmani juga bisa menurunkan kadar kolesterol sehingga membantu mencegah risiko jantung koroner. 1

3. Meningkatkan kualitas tidur

Latihan olahraga atau kebugaran jasmani juga bermanfaat untuk melepaskan hormon endorphin yang membuat suasana hati lebih rileks sehingga membuat anak bisa lebih nyenyak tidur atau memiliki tidur berkualitas. Tapi Ibu juga perlu memastikan agar anak tidak melakukan olahraga saat menjelang jam tidur malam, karena ini justru akan mengganggu kualitas tidurnya. Olahraga sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari.

4. Meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres

Latihan kebugaran jasmani memiliki efek positif pada fungsi otak, termasuk meningkatkan kemampuan kognitif, juga mengurangi risiko depresi dan gangguan kecemasan pada anak. 4

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Latihan kebugaran jasmani secara rutin bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori lebih efektif dimana hal tersebut membantu untuk menjaga berat badan tetap ideal. 4

6. Meningkatkan kekuatan otot

Salah satu contoh kebugaran jasmani, seperti latihan angkat beban ternyata dapat membantu meningkatkan kekuatan dan pembentukan massa otot sehingga akan mendukung aktivitas sehari-hari.4

7. Meningkatkan kelenturan atau fleksibilitas tubuh

Latihan kebugaran jasmani juga bisa membantu meningkatkan kelenturan tubuh sehingga mengurangi risiko cedera otot dan juga memudahkan anak saat beraktivitas. 4 

8. Menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis

Latihan fisik atau kebugaran jasmani yang dilakukan secara rutin, seperti lari dan angkat beban dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga membantu untuk mencegah osteoporosis baik di masa muda maupun tua.4

9. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Beberapa jenis  kebugaran jasmani seperti, seperti berenang, jalan sehat, dan lari bisa membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus yang berperan penting dalam mempertahankan fungsi metabolisme usus, sehingga mengurangi risiko peradangan, iritasi, hingga kanker usus. 

10. Membantu menjaga keseimbangan dan koordinasi tubuh

Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, tubuh juga akan terlatih untuk menjaga keseimbangan dan koordinasi antara otot-otot serta sistem saraf. 4

Itu tadi beberapa informasi terkait komponen kebugaran jasmani, unsur-unsur kebugaran jasmani, dan juga manfaatnya pada tumbuh kembang dan kesehatan. Selain itu, Ibu juga perlu memastikan anak selalu sehat selama beraktivitas dan melengkapi kebutuhan energi dan nutrisinya dengan memberikan MILO UHT yang praktis dikonsumsi dan dibawa ke mana saja. 

MILO kotak ini mengandung cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman cokelat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Siloam Hospital. Pengertian Kebugaran Jasmani: Manfaat, Unsur dan Contohnya. Dari  https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/kebugaran-jasmani . Diakses 10/10/2023
  2. Hello Sehat. Mengenal Kebugaran Jasmani, Unsur dan Manfaatnya. Dari https://hellosehat.com/kebugaran/kebugaran-jasmani/ . Diakses 10/10/2023
  3. Quinn, E. Scientific Rules That Lead to Fitness . Dari https://www.verywellfit.com/the-6-scientific-rules-you-must-follow-to-get-fit-3120111 . Diakses 10/10/2023 
  4. Healthline. The Top 10 Benefits of Regular Exercise. Dari https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise#TOC_TITLE_HDR_4 . Diakses 10/10/2023
  5. Kemkes RI. 5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidurmu agar Esok Pagi Lebih Bugar. Dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1012/5-cara-meningkatkan-kualitas-tidurmu-agar-esok-pagi-lebih-bugar#:~ . Diakses 10/10/2023
  6. Yayasan Gastroenterologi Indonesia. Mengapa Olahraga Baik Untuk Saluran Cerna Kita?. Dari https://ygi.or.id/mengapa-olahraga-baik-untuk-saluran-cerna-kita/ . Diakses 10/10/2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.