10 June 2024

Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Bagikan Artikel:

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan gerakan-gerakan berirama pada sejumlah anggota tubuh seperti lengan dan kaki yang berirama yang dilakukan secara terus-menerus dengan intensitas tinggi.

Nah, apa saja jenis senam aerobik yang cocok untuk anak, gerakan senam aerobik serta manfaatnya untuk kesehatan? Yuk, Bu, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Senam Aerobik?

Senam aerobic adalah latihan fisik berupa rangkaian gerakan tubuh (kaki, lengan, dan anggota tubuh lain) tubuh yang bertujuan meningkatkan kebugaran sistem organ tubuh seperti jantung, paru-paru, dan bagian lainnya. Untuk melakukan senam aerobik yang termasuk olahraga intensitas tinggi ini dibutuhkan banyak suplai oksigen supaya kondisi fisik kuat menyelesaikan latihan.

Gerakan pada latihan aerobik umumnya melibatkan kombinasi gerakan lompatan, tendangan, gerakan tangan, dan gerakan tubuh lainnya yang dilakukan dalam pola berirama yang diirigi musik dengan tempo cepat untuk meningkatkan motivasi dan intensitas latihan.

Manfaat Senam Aerobik untuk Anak

Senam aerobik memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi anak-anak, mulai dari kesehatan fisik hingga menjaga kesehatan mental, yuk simak penjelasannya.

  • Menjaga kesehatan jantung dan paru. Sejumlah gerakan aerobik, mulai dari gerakan pemanasan senam aerobik dan gerakan intensitas tinggi akan membantu meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru.
  • Meningkatkan kekuatan otot. Gerakan-gerakan dalam senam aerobik melatih fungsi dan kekuatan otot tubuh sehingga membuat mereka lebih aktif beraktivitas dan mengurangi risiko cedera.
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. Senam aerobik melibatkan gerakan tubuh yang kompleks dan bisa meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh anak-anak.
  • Mengurangi risiko obesitas. Dengan membakar kalori secara efektif, senam aerobik membantu mengontrol berat badan dan mengurangi risiko obesitas pada anak.
  • Mengurangi stres dan menjaga kesehatan mental. Senam aerobik juga dapat meningkatkan mood dan kesejahteraan mental anak-anak melalui pelepasan endorfin selama latihan.

5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak

Berikut beberapa jenis aerobik yang cocok dilakukan anak untuk meningkatkan kebugaran dan menjaga kesehatannya.

  1. Senam zumba kids. Zumba Kids adalah versi gabungan senam aerobik dan Zumba yang dirancang khusus untuk anak-anak. Gerakan diiringi dengan musik yang ceria dan menyenangkan, sehingga anak-anak dapat menikmati latihan.
  2. Senam jazzercise junior. Jazzercise junior menggabungkan gerakan tari jazz dengan senam aerobik. Ini menciptakan sesi latihan yang energik dan menyenangkan untuk anak-anak, sambil meningkatkan kebugaran fisik mereka.
  3. Senam hip hop kids. Senam hip hop kids mengadopsi gerakan-gerakan tari hip hop ke dalam rutinitas senam aerobik. Anak-anak dapat belajar gerakan-gerakan yang keren sambil membakar kalori dan meningkatkan kebugaran mereka.
  4. Senam tap dance. Jenis aerobik yang satu ini adalah mengambil inspirasi dari jenis tarian asal Amerika Serikat yang identik dengan gerakan ketukan kaki, tempo yang cepat, dan dinamis. Tap dance sangat bagus untuk anak-anak karena membantu mengembangkan musikalitas dan ritme gerakan kaki atau anggota tubuh lainnya.
  5. Senam lompat tali. Lompat tali adalah bentuk senam aerobik yang melibatkan penggunaan tali dengan berbagai gaya dan pola gerakan yang berbeda. Semal yang membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan koordinasi.

Gerakan dalam Senam Aerobik

Gerakan dalam senam aerobic pemula dapat bervariasi tergantung pada jenis senam dan koreografi yang digunakan. Namun, beberapa gerakan umum dalam senam aerobik meliputi:

  • Gerakan langkah kaki, seperti langkah-langkah maju dan mundur, serta langkah-langkah samping.
  • Tendangan, tendangan ke depan, ke samping, atau ke belakang.
  • Gerakan lengan dan tangan, meliputi gerakan tangan seperti punch, clap, atau wave.
  • Lompatan, seperti lompatan tinggi atau lompatan samping

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Latihan Senam Aerobik

Berikut adalah beberapa aturan umum yang perlu diperhatikan saat melakukan senam aerobik:

  • Pemanasan yang cukup. Sebelum memulai latihan, pastikan anak melakukan gerakan pemanasan senam aerobik selama 5-10 menit. Pemanasan membantu melemaskan otot-otot tubuh dan mengurangi risiko cedera selama latihan.
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang sesuai. Pilihlah pakaian dan sepatu yang nyaman dan sesuai untuk latihan aerobik.
  • Perhatikan postur tubuh. Selama latihan aerobik, jagalah postur tubuh yang baik dan sesuai arahan instruktur. Pastikan tubuh tetap tegak dan terkendali, dengan bahu terbuka dan perut tertarik ke dalam dan usahakan posisi tubuh tidak terlalu membungkuk.
  • Atur pernapasan. Selama latihan aerobik, Ibu juga perlu mengajarkan anak untuk mengatur ritme napas dengan benar untuk memastikan pasokan oksigen yang cukup ke otot-otot tubuh dan menjaga stamina selama latihan.
  • Hentikan jika ada rasa sakit atau tidak nyaman. Kalau merasa tidak nyaman atau mengalami rasa sakit selama latihan aerobik, hentikan latihan segera dan istirahat.
  • Lakukan pendinginan. Setelah selesai latihan aerobik, lakukan pendinginan selama 5-10 menit untuk membantu menurunkan detak jantung, mengembalikan suhu tubuh ke kondisi normal, dan  mengurangi ketegangan otot, serta mengurangi risiko cedera setelah latihan.

Itu tadi bahasan mengenai jenis senam aerobik untuk anak dan penjelasan teknik lainnya. Ibu juga bisa bisa mendukung anak yang berlatih senam aerobik dengan memenuhi asupan energinya.

Berikan MILO Activ-Goma setelah anak berolahraga untuk mengembalikan tenaga dan semangatnya. MILO terdiri dari komposisi utama, yaitu kandungan susu, coklat, dan malt. Selain itu juga mengandung vitamin B kompleks, C dan D, kalsium, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di masa tumbuh aktifnya.


Source:

Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN. 2020. Aktivitas Gerak Berirama

Bola. 9 Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan yang Sayang Dilewatkan. Retrieved 8/5/2024 from https://www.bola.com/ragam/read/5515992/9-manfaat-senam-aerobik-bagi-kesehatan-yang-sayang-dilewatkan

Parenting Firstcry. 10 aerobics exercises benefits for kids. Retrieved 8/5/2024 from https://parenting.firstcry.com/articles/10-aerobics-exercises-benefits-for-kids/

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.