6 Manfaat Olahraga Aerobik Bagi Anak-anak di Rumah 6 Manfaat Olahraga Aerobik Bagi Anak-anak di Rumah

6 Manfaat Olahraga Aerobik Bagi Anak-anak di Rumah

06 September 2021

Selama pandemi ini, mungkin anak jarang beraktivitas fisik. Padahal, Ibu tahu kegiatan tersebut diperlukan anak untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Apalagi Hari Olahraga Nasional sudah di depan mata. Untuk menyambutnya, Ibu bisa mengajak anak melakukan senam aerobik. Dari jenis senam ini, manfaat olahraga bagi anak-anak bisa didapatkan. Sebelum itu, kenali dulu yuk, sejumlah fakta dari olahraga aerobik Ibu bisa melakukannya dengan baik bersama anak di rumah.

Apa Itu Aerobik?

Menurut Stanford Children Health Hospital, Amerika Serikat, aerobik adalah latihan gerakan yang dapat memicu aliran darah terpompa lebih cepat ke seluruh organ tubuh. Aktivitas ini akan membuat jantung berdetak lebih kencang dan membuat paru-paru menghirup oksigen lebih banyak. Itu sebabnya, orang akan bernapas lebih cepat saat melakukan aerobik.

Tentunya, ada batasan waktu untuk melakukan olahraga anak satu ini. Departemen Kesehatan AS menyarankan aerobik dilakukan oleh anak sekitar 60 menit dan pastikan anak melakukan aerobik minimal tiga kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan supaya mendapatkan manfaat olahraga bagi anak-anak. Nah, Ibu bisa melakukannya bersama anak di rumah. Bisa dilakukan setiap pagi sebelum sekolah online atau pada sore hari saat anak mulai merasa bosan.

Manfaat Aerobik Bagi Anak

Bagaimana Bu, sudah paham soal aktivitas kesehatan yang satu ini, kan? Sekarang saatnya Ibu mengetahui manfaat dari olahraga aerobik. Berikut ini beberapa manfaat olahraga bagi anak-anak bila aerobik dilakukan dengan baik, benar, terukur, dan teratur.

  1. Membakar Kalori & Meningkatkan Metabolisme

    Obesitas menjadi perhatian utama Ibu ketika anak jarang berkegiatan fisik. Biasanya, obesitas terjadi saat energi yang keluar lebih sedikit dari energi yang masuk. Nah, aerobik bisa menjadi jawaban Ibu untuk membakar kalori ataupun lemak berlebih dalam tubuh anak sekaligus meningkatkan metabolisme tubuhnya.

    Senam aerobik membantu tubuh bergerak aktif meski gerakannya sederhana. Selain itu, aerobik juga sangat menyenangkan karena diiringi lagu yang bersemangat dan bisa dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Bahkan, anak bisa ikut berkompetisi dengan mengikuti senam aerobik, lho. Caranya, gabung MILO Activ Academy di sini, ikuti tahapan pelatihannya, dan tunjukkan prestasi olahraga anak dalam Kompetisi Kelas Activ sebagai pemilik poin terbanyak!

  2. Menjaga Paru-Paru dan Jantung Tetap Sehat

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, aerobik membuat otot-otot membutuhkan lebih banyak oksigen. Itu sebabnya, anak yang melakukan aerobik akan lebih cepat saat bernapas.

    Ibu mungkin berpikir anak ngos-ngosan karena lelah berolahraga. Padahal, ini merupakan tanda anak melakukan aerobik dengan tepat. Ketika anak bernapas lebih cepat, aktivitas ini membuat darah mengalir melewati paru-paru untuk mengambil oksigen. Jantung pun mempercepat gerakan pompa darah yang kaya oksigen ke seluruh otot dan organ tubuh. Secara tidak langsung, anak melakukan jenis olahraga kardiovaskular. Kalau dilakukan secara rutin, hal ini dapat memperkuat otot jantung dan paru-paru anak.

  3. Memperkuat Tulang dan Otot

    Manfaat olahraga bagi tubuh pastinya berhubungan dengan tulang dan otot. Menurut penelitian, orang yang melakukan aerobik secara rutin selama empat minggu mengalami peningkatan produksi protein otot rangka. Artinya, contoh aktivitas fisik seperti aerobik dapat menguatkan otot tubuh. Selain itu, dalam gerakan aerobik juga ada latihan menahan beban yang dapat melatih tulang menjadi lebih kuat.

  4. Melatih dan Mengembangkan Motorik Anak

    Bu, melatih motorik anak tak cuma diperlukan saat anak masih balita, tapi juga pada usia sekolah hingga remaja. Nah, salah satu cara untuk melatih motorik anak adalah melalui latihan gerakan, dan aerobik adalah salah satunya. Ini karena saat melakukan aerobik, anak akan mencontoh sejumlah gerakan dari instruktur atau video yang ditonton. Koordinasi bagian tubuh yang bergerak bersamaan, bergantian, maupun berlawanan inilah yang akan membantu meningkatkan kemampuan motorik anak.

  5. Menaikkan Mood Anak

    Terlalu lama di dalam rumah tentunya membuat anak bosan. Bahkan, berisiko membuat emosinya sulit terkontrol serta mood tidak menentu. Manfaat olahraga bagi anak-anak salah satunya juga berkaitan dengan kesehatan mentalnya, lho. Berdasarkan beberapa penelitian, sejumlah olahraga mampu mengurangi mood negatif dan meningkatkan mood positif. Hal ini mengurangi risiko anak mengalami stres ataupun masalah psikologi lainnya.

  6. Meningkatkan Kecerdasan Anak

    Sejumlah penelitian medis menemukan manfaat senam aerobik untuk kecerdasan anak, lho. Ibu mungkin bertanya-tanya, apa hubungannya gerakan fisik dan otak anak? Perlu Ibu tahu, rutin melakukan aerobik melatih proses berpikir anak. Kemampuan ini dilatih ketika anak mulai mengikuti gerakan demi gerakan dari senam aerobik. Saat itulah, anak belajar konsentrasi untuk menerima informasi baru sekaligus menerapkannya, sehingga bisa mengoptimalkan daya serap pelajaran di skeolah.

Baca Juga:  Alasan Olahraga Pagi Bisa Bantu Sang Juara Optimalkan Tumbuh Kembangnya

Ternyata banyak sekali ya, manfaat aerobik untuk anak. Mulai dari manfaat bagi fisik, mental, hingga kemampuan belajar. Supaya manfaat olahraga bagi anak-anak terasa dengan optimal, ajak anak melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum melakukan senam aerobik, ya. Fungsi pemanasan sebelum olahraga salah satunya adalah agar tubuh tidak kaget saat memulai gerakannya.

Nah, setelah selesai, Ibu bisa mengisi kembali energi anak dengan MILO UHT. Kombinasi malt, susu, dan cokelat yang lezat dalam sekotak MILO UHT pasti disukai anak. Tak hanya itu, MILO UHT juga mengandung Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk bantu anak terus berenergi sepanjang hari. Yuk, ajak anak untuk lebih sehat dan berenergi!

buy now image
BELI PRODUK MILO