24 October 2022

4 Cara Melatih Fisik Agar Tidak Cepat Lelah

Bagikan Artikel:

Sekolah pastinya akan melakukan perayaan Hari Olahraga Nasional dengan melakukan class meeting atau pertandingan olahraga antarkelas. Namun, anak jarang sekali olahraga sehingga jadi cepat lelah ketika melakukannya. Tampaknya, Ibu harus mengetahui cara melatih fisik agar tidak cepat lelah, nih. Ini supaya bisa semangat ketika pertandingan olahraga nanti.

Tubuh mudah lelah berarti ada yang kurang dari anak. Ibu bisa memberikan asupan makanan dan minuman bernutrisi tinggi supaya energi anak terkumpul dengan cepat. Namun, bila hanya makanan saja tidak cukup. Cara agar fisik kuat tidak mudah lelah adalah dengan berolahraga atau beraktivitas fisik.

Menurut WHO, anak di bawah 18 tahun setidaknya harus melakukan aktivitas fisik selama 60 menit setiap harinya. Ini bisa dibagi-bagi dua hingga empat sesi. Tergantung waktu yang dimiliki anak untuk berkegiatan. Tujuannya, supaya tubuh anak semakin kuat. Itu dia salah satu cara melatih fisik agar kuat.

Supaya anak lancar saat pertandingan di sekolah nanti apa yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa cara melatih fisik agar tidak cepat lelah. Hal ini juga bisa diterapkan kepada orang dewasa juga, ya.

Di tengah kesibukan aktivitas anak, Ibu harus mengajak anak untuk berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh. Agar anak mau berolahraga dan tidak merasa lelah berlebih setelahnya, berikut ini adalah beberapa cara melatih fisik agar tidak cepat lelah.

 

1. Lakukan Pemanasan

Perlu Ibu tahu, pemanasan merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum anak melakukan olahraga jenis apa pun. Hal ini supaya performa tubuh sudah baik dan juga tidak terjadi cedera pada otot. Paling tidak anak harus melakukan pemanasan selama 10-15 menit.

Coba lakukan pemanasan dari mulai kepala hingga ujung kaki, ya. Lakukan dengan benar sehingga anak lebih tahan fisiknya ketika berolahraga. Ini bisa menjadi salah satu cara melatih fisik agar tidak cepat lelah.

 

2. Awali dengan Olahraga Ringan

Ibu langsung mengajak anak main sepak bola. Padahal, ia jarang sekali berolahraga. Sebaiknya, hal tersebut dihindari. BIsa-bisa anak mengalami cedera otot dan kelelahan yang teramat sangat. Ada baiknya,cara melatih fisik agar tidak cepat lelah dimulai dari olahraga ringan terlebih dulu.

Misalnya, berjalan cepat, tracking, dan jogging ringan di sekitar lingkungan rumah. Bisa juga mengajaknya menari atau yoga. Lakukan secara bertahap untuk perkenalan dengan olahraga.

 

3. Lakukan dengan Santai

Cara melatih fisik agar tidak cepat lelah tidak bisa dipaksakan kepada anak, lho. Untuk menarik perhatian anak berolahraga, Ibu bisa mengajaknya dengan santai. Misalnya, berjalan kaki sambil melihat pemandangan di tempat yang menarik atau bersepeda keliling lingkungan rumah.

Pastinya, anak akan menikmatinya. Setelah anak terbiasa, barulah Ibu mulai mengajaknya ke olahraga yang lebih berat dan serius. Saat inilah, Ibu mulai menetapkan target kepada anak.

 

4. Mulai Berolahraga Berat

Bawa intensitas olahraga ke level yang lebih tinggi saat sudah terbiasa dengan intensitas sedang. Lakukan olahraga intensitas tinggi 1-3 kali dalam seminggu seperti berlari, bermain bulutangkis, hingga tenis. Hal ini akan membuat anak terbiasa untuk berolahraga dan tidak lelah lagi.

Itu tadi cara melatih fisik agar tidak cepat lelah untuk anak. Untuk mengembalikan energi anak setelah berolahraga, Ibu bisa memberikannya Berikan MILO Activ-Go. Produk MILO yang satu ini mengandung susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Olahraga

Materi sepak bola Olahraga
Suka Olahraga? Simak Materi Sepak Bola Berikut Ini, Yuk!

Sepak bola yang disebut olahraga sejuta umat juga banyak diminati di kalangan anak dan remaja. Tidak hanya membuat suasana hati jadi bahagia, olahraga

Manfaat olahraga skipping Olahraga
10 Manfaat Olahraga Skipping dan Tips Melakukannya

Pernah melihat anak-anak bermain lompat tali? Lompat tali atau skipping mungkin memang lebih dikenal sebagai permainan anak-anak daripada bentuk

Peraturan mini soccer Energi Aktif
Ini Dia Panduan dan Peraturan Mini Soccer yang Perlu Diketahui

Permainan mini soccer atau sepak bola mini saat ini menjadi salah satu olahraga favorit di kalangan anak dan remaja, terutama laki-laki. Dan bagi Ibu

7 Teknik Renang Dasar yang Perlu Diketahui Energi Aktif
7 Teknik Renang Dasar yang Perlu Diketahui

Banyak anak yang suka renang karena bagi mereka olahraga ini bisa sekaligus jadi sarana bermain di kolam maupun di laut. Tapi bukan cuma untuk

Teknik Dasar Dalam Permainan Bulutangkis yang Perlu Diketahui Aktivitas
Teknik Dasar Dalam Permainan Bulutangkis yang Perlu Diketahui

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia, yang bisa dimainkan oleh seluruh kalangan usia dari anak-anak hingga orang dewasa.

7 Latihan Kelincahan yang Bisa Dilakukan di Rumah Aktivitas
Seru! Simak 7 Latihan Kelincahan yang Bisa Dilakukan Bersama-sama di Rumah Berikut Ini

Saat anak sedang bermain, tentu Ibu tidak mau kan anak cedera? Untuk menghindarinya, Ibu bisa melakukan olahraga kelincahan bersama anak di rumah.

Manfaat Berenang Bagi Tubuh Anak Usia Sekolah Olahraga
Manfaat Berenang Bagi Tubuh untuk Anak Usia Sekolah

Berenang merupakan salah satu aktivitas fisik yang ideal untuk menjaga kesehatan. Berenang selama 30-45 menit seminggu sudah cukup menjadi cara yang

Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan yang Bisa Kamu Lakukan Olahraga
7 Jenis Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan yang Bisa Kamu Lakukan

Siapa sih yang enggak ingin punya tinggi badan ideal? Nah, salah satu cara meningkatkan tinggi badan bisa dilakukan dengan olahraga. Namun, bukan

4 cara melatih fisik agar tidak cepat lelah Olahraga
4 Cara Melatih Fisik Agar Tidak Cepat Lelah

Sekolah pastinya akan melakukan perayaan Hari Olahraga Nasional dengan melakukan class meeting atau pertandingan olahraga antarkelas. Namun, anak

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.