Ide Resep Menu Olahan Telur untuk Sarapan AnakIde Resep Menu Olahan Telur untuk Sarapan Anak

Ide Resep Menu Olahan Telur untuk Sarapan Anak

24 September 2021

facebook iconwhatsapp icon

Telur menjadi salah satu bahan sarapan sehat untuk anak yang mudah diolah. Selain bergizi, telur bisa dibuat menjadi menu yang disukai anak dan dimasak dalam waktu singkat. Jadi, akan mengurangi kerepotan Ibu dalam menyiapkan menu sarapan untuk anak pada pagi hari.

Kali ini, Ibu perlu mengetahui pentingnya mengonsumsi telur bagi anak. Selain itu, Ibu akan diberitahu bagaimana cara menghidangkannya menjadi sarapan sehat untuk anak yang tidak membosankan. Bahkan, bisa jadi favorit anak. Menarik bukan?

Pentingnya Konsumsi Telur untuk Anak

Terkadang, Ibu bertanya-tanya mengapa mesti telur yang menjadi pilihan sarapan untuk anak? Perlu Ibu ketahui, telur mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan anak ketika beraktivitas. Misalnya, kuning telur mengandung 90% Zat Besi dan juga Kalsium. Sedangkan bagian putihnya mengandung Protein.

Tentunya, kandungan nutrisi ini yang dapat menjaga daya tahan tubuh anak saat harus melakukan kegiatan seharian. Jadi, jangan heran kalau telur selalu muncul dalam menu sarapan sehat untuk anak. Bila Ibu masih ragu dengan manfaatnya, ini beberapa alasan mengapa telur bisa menjadi pilihan yang untuk menu sarapan anak.

  1. Kadar Protein Tinggi

    Telur sering disebut-sebut sebagai salah satu sumber makanan yang kaya akan protein. Dalam sebutir telur, terdapat 6-6,5 gram protein dan 70-85 kalori. Bila Ibu memberikannya dalam menu sarapan pagi hari, anak akan merasa kenyang lebih lama ketika beraktivitas.

    Menurut National Institutes of Health, Amerika Serikat, protein dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Nutrisi ini berfungsi untuk membentuk sel atau jaringan tubuh, memperkuat tulang, jadi sumber energi, serta memperkuat imun tubuh. Tentunya, semua manfaat ini dibutuhkan anak ketika aktif beraktivitas.

  2. Kaya Nutrisi Lainnya

    Tak cuma Protein, dalam sebutir telur juga terdapat sejumlah nutrisi lain. Ada Riboflavin yang mengubah makanan menjadi energi, Kobalamin untuk memproduksi sel darah merah, Lutein bermanfaat untuk kesehatan mata anak, Kolin yang menjaga kesehatan syaraf, serta Omega 3 untuk memperlancar fungsi otak.

    Telur juga mengandung Zat Besi, Zink, dan Fosfor yang penting bagi tubuh. Jadi, Ibu seperti mendapatkan sepaket nutrisi dalam satu butir telur. Cocok banget menjadi sajian sarapan untuk anak.

  3. Mudah Ditemukan

    Telur adalah bahan makanan yang sangat mudah ditemukan oleh Ibu. Bahan ini bisa didapatkan di supermarket ataupun warung di dekat rumah. Harganya pun cukup terjangkau. Ibu bisa mendapatkannya setiap saat. Biasanya, telur adalah salah satu bahan makanan yang selalu tersedia di rumah.

  4. Praktis Diolah

    Hal yang paling menyenangkan Ibu telur praktis diolah. Jadi, Ibu bisa siapkan kreasi sarapan anak yang menarik dan juga lezat dalam waktu cepat. Berikut beberapa ide resep telur untuk anak yang bisa Ibu buat dengan mudah.

  • Omurice ala Jepang

    Makanan favorit anak-anak di Jepang ini terbuat dari nasi putih yang digoreng dengan saus tomat. Lalu, setelah nasinya tercampur sempurna dengan saus tomat, akan dibungkus dengan omelet. Ibu bisa menggambar wajah sederhana di atas omelet dengan saus tomat agar terlihat menarik.

  • Telur Dadar Isi

    Ibu mau anak tidak bosan dengan menu telur dadar? Coba tambahkan daging atau sosis, jamur, dan sayuran dalam telur dadar. Biarkan bagian isi tersebut tak tampak oleh anak. Ini supaya ketika mengonsumsinya, anak merasa menemukan harta karun dalam telur dadar isi tersebut.

  • Telur Kukus Korea

    Resep telur untuk anak satu ini berasal Korea Selatan. Biasanya dikenal dengan nama gyeran jjim. Sebenarnya, ini merupakan telur kocok yang cara memasaknya dikukus. Lalu, bagian atasnya bisa diberikan rumput laut dan wijen. Menu yang satu ini cocok sekali disantap saat masih hangat.

  • Pizza Mie

    Kreasi sarapan anak yang satu ini selalu menjadi andalan Ibu ketika ingin menu praktis. Ini karena dalam menu ini sudah ada Karbohidratnya, yaitu mie. Ibu cukup mencampurkan mie yang sudah direbus ke dalam adonan telur kocok. Lalu digoreng atau dipanggang di oven. Teksturnya crispy, tetapi lembut di dalam.


Baca Juga: Inspirasi Sarapan Sehat untuk Anak Saat Sekolah Online

Agar kebutuhan energi anak terpenuhi, siapkan juga segelas MILO Activ-Go sebagai pelengkap sarapannya. Segelas kebaikan MILO Activ-Go yang mengandung malt, susu, dan cokelat bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian anak saat sarapan.

Perlu Ibu ketahui, kebutuhan energi anak saat sarapan adalah sekitar +600 kkal. Ketika Ibu menyediakan seporsi nasi goreng dengan telur mata sapi di atasnya, anak akan mendapatkan sekitar 29 gram Protein dan energi yang terpenuhi adalah 425 kkal. Nah, saat Ibu melengkapi sarapan anak dengan segelas MILO, energi yang didapat anak meningkat menjadi 570-600 kkal dan kebutuhan Protein yang terpenuhi mencapai 33-34 gram.

Mengapa bisa begitu? Ini karena dalam segelas minuman coklat berenergi ini terdapat Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Protein, Fosfor, dan Zat Besi. Yuk, berikan sarapan sehat untuk anak supaya ia mendapatkan energi untuk menghadapi aktivitas hariannya.

buy now image
BELI PRODUK MILO