13 December 2023

7 Jenis Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan yang Bisa Kamu Lakukan

Bagikan Artikel:

Siapa sih yang enggak ingin punya tinggi badan ideal? Nah, salah satu cara meningkatkan tinggi badan bisa dilakukan dengan olahraga. 

Namun, bukan sembarangan aktivitas fisik. Kamu perlu cermat memilih beberapa jenis olahraga untuk menambah tinggi badan yang tepat.

Sebelum mengenali beberapa contohnya, ketahui juga manfaat olahraga untuk kesehatan ya? 

Apa Saja Manfaat Olahraga untuk Kesehatan?

Kamu perlu ingat, gol olahraga bukan semata-mata demi meraih tinggi badan ideal. Tapi, ada sederet manfaat olahraga untuk kesehatan yang sayang banget kamu lewatkan, seperti: 

  • Meningkatkan kemampuan belajar 

Olahraga ternyata bisa bikin pikiran kamu semakin fokus, lho. Dengan begitu keterampilan berpikir dan belajar menjadi semakin tajam. Nah, bonusnya kamu bisa merasa lebih rileks karena tingkat stres berkurang.  

  • Menjaga berat badan ideal 

Agar berat badan tetap ideal, kamu wajib punya rutinitas olahraga untuk mengimbangi asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Kalau enggak imbang, tubuh bisa kelebihan kalori dan berat badan jadi rentan melonjak sampai obesitas.  

  • Mengurangi risiko penyakit kronis 

Kamu mungkin pernah mendengar beberapa jenis penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, sampai kanker. Nah, penyakit tersebut menurut penelitian salah satu faktor penyebabnya karena kurang olahraga dan kebiasaan mager.  

  • Memperkuat tulang, sendi, dan otot 

Olahraga bisa kamu jadikan investasi kesehatan jangka panjang, lho. Karena, seiring bertambahnya usia; tulang, sendi, dan otot bakal melemah. Tapi, tingkat kerusakan organ penopang tubuh itu bisa diperlambat, asalkan kamu rajin olahraga sejak dini. 1 2

Apa Saja Jenis Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan? 

Setelah menyimak manfaat olahraga di atas, kamu tentunya jadi enggak sabar segera ingin mulai rutinitas olahraga, bukan?

Tapi jangan buru-buru, pertimbangkan untuk memilih olahraga yang bisa meninggikan badan. Tak hanya dapat fondasi kesehatan, kamu juga bisa dapat bonus postur tubuh ideal.

Nah, berikut ini beberapa jenis olahraga untuk menambah tinggi badan yang potensial dan bisa kamu jajal: 

  • Basket

Basket termasuk olahraga peninggi badan yang efektif. Karena, ketika tubuh kamu banyak berlari dan melompat, aliran darah banyak mengalir ke lempeng pertumbuhan. Hal itu ternyata bisa membantu merangsang pertumbuhan untuk mencapai tinggi maksimum. Selain itu, lompatan juga bisa merangsang peregangan otot yang membuat otot dan tulang lebih panjang.    

  • Renang

Olahraga renang membuat semua otot bergerak karena tubuh dibuat bergerak dan mengapung secara horizontal di dalam air untuk melawan gravitasi. Nah, gerakan otot yang banyak meregang dan berkontraksi ini dapat meningkatkan pertumbuhan. Selain itu, olahraga ini juga memperkuat tulang belakang, sehingga postur tubuh lebih baik.  

  • Bersepeda 

Kamu barangkali sudah belajar naik sepeda sejak kecil, tapi belum kenal manfaatnya sebagai olahraga untuk menambah tinggi badan. Saat bersepeda, tubuh bagian bawah akan bekerja ekstra keras, terutama otot kaki, lutut, dan paha. Nah, kerja keras ini bisa menstimulasi pertumbuhan.  

  • Sepakbola 

Main sepakbola ternyata enggak cuman buat seru-seruan bareng teman. Tapi, olahraga yang banyak gerakan larinya ini juga bisa membantu tubuh kamu tumbuh lebih tinggi secara alami. Saat banyak berlari, otot lutut dan paha banyak meregang. Hal itu potensial untuk bantu meningkatkan tinggi badan.  

  • Yoga 

Olahraga agar cepat tinggi lainnya adalah yoga. Gerakan olahraga ini banyak yang fokus pada peregangan otot dan menarik tulang, sehingga efektif menambah tinggi badan. Selain itu, yoga juga bisa meredakan stres. Perlu kamu ketahui, hormon pertumbuhan yang mengatur tinggi badan bisa mengalir lebih baik seluruh tubuh dalam kondisi pikiran rileks.  

  • Lompat tali 

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan cara lama meningkatkan tinggi badan dengan lompat tali. Saat melompat secara konsisten selama beberapa saat, otot-otot bakal meregang dan berkontraksi. Hal itu bisa membantu meningkatkan tinggi badan. Selain itu, gerakan olahraga ini juga menghasilkan hormon pertumbuhan, yang merangsang kaki agar makin jenjang.  

  • Bergelantungan 

Waktu kecil, kamu pasti sering melakukan olahraga bergelantungan. atau istilah kerennya pull-up Ternyata, gerakan olahraga ini tak hanya seru dan menyenangkan. Tapi juga bisa membantu meluruskan dan memanjangkan tulang belakang, yang membuat tubuh semakin menjulang.3  

Perlu kamu ingat, beberapa olahraga untuk menambah tinggi badan di atas tidak bakal berhasil jika tidak diimbangi dengan konsumsi asupan makanan bergizi lengkap dan seimbang serta tidur cukup setiap hari. 4

Selamat mencoba!


Source:

  1. Sport and children - Better Health Channel. Retrieved on August 8, 2023 from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/sport-and-children  
  2. Benefits of Physical Activity - CDC. Retrieved on August 8, 2023 from https://www.cdc.gov/physicalactivity/basics/pa-health/index.htm   
  3. 7 Sports to Increase Height - MED MASH. Retrieved on August 8, 2023 from https://med-mash.ru/fitness/7-sports-to-increase-height-7089 
  4. How to Increase Height: Is It Possible? Factors Involved - Healthline. Retrieved on August 8, 2023 from https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height#how-to-increase-height  
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Olahraga

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

Cara Smash Bola Voli Energi Aktif
Cara Smash Bola Voli yang Efektif Memperkuat Skill dan Strategi Bermain

Bola voli merupakan salah satu olahraga favorit di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak dan remaja pun banyak yang

cara melatih otot kaki Energi Aktif
Langkah-langkah Efektif dalam Melatih Otot Kaki: Tips dan Trik untuk Kesehatan yang Optimal

Otot kaki merupakan bagian tubuh yang memiliki manfaat penting untuk berbagai gerak tubuh, termasuk bagi anak-anak dan remaja yang sedang banyak

jenis pukulan bulutangkis Energi Aktif
Teknik Mengasah Skill: Memahami Jenis Pukulan Bulutangkis yang Efektif

Bagi Ibu yang anaknya hobi bermain bulutangkis, salah satu teknik dasar yang perlu mereka kuasai adalah kemampuan untuk melakukan pukulan dengan tepat

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Cara Menjaga Kesehatan Mental Energi Aktif
10 Cara Menjaga Kesehatan Mental bagi Remaja

Mengetahui cara menjaga kesehatan mental bagi anak remaja adalah hal yang esensial karena mereka membutuhkan kesehatan mental yang solid untuk bisa

Manfaat Pencak Silat Aktivitas
Selain untuk Bela Diri, Simak Manfaat Pencak Silat untuk Tubuh dan Mental Berikut Ini

Anak Ibu hobi latihan pencak silat? Ini adalah aktivitas yang positif karena banyak manfaat pencak silat baik untuk kesehatan, bela diri, dan juga

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.