05 January 2024

10 Manfaat Olahraga Skipping dan Tips Melakukannya

Bagikan Artikel:

Pernah melihat anak-anak bermain lompat tali? Lompat tali atau skipping mungkin memang lebih dikenal sebagai permainan anak-anak daripada bentuk olahraga.

Padahal, meski terlihat sederhana dan mudah dilakukan, manfaat olahraga skipping bagi kesehatan tidak main-main, lho.

Peralatan yang dibutuhkan pun sederhana. Hanya perlu sebuah tali skipping, atau bisa juga menggunakan tali tambang, dan ruang yang cukup, kita sudah dapat melakukan olahraga ini.

Penasaran apa saja manfaat olahraga skipping bagi tubuh? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Apa Itu Skipping?

Skipping, lompat tali, atau jump rope. Ketiga istilah tersebut pada dasarnya adalah sama. Sesuai dengan namanya, skipping artinya melewati. Gerakan dalam skipping mengharuskan kita melewati tali yang diayunkan dengan cara melompatinya.

Permainan skipping atau lompat tali umumnya dilakukan sendiri, yakni dengan masing-masing tangan memegang ujung tali kemudian diayunkan melingkari tubuh sambil melompat menghindari tali yang melewati bagian bawah kaki.

Namun main lompat tali juga bisa dimainkan secara berkelompok, lho. Permainan lompat tali kelompok dimainkan minimal oleh tiga orang, dengan dua orang masing-masing memegang ujung tali dan satu orang melompat.

Jika dimainkan oleh lebih dari tiga orang, selain dua orang yang memegang tali bisa menjadi pelompat dan harus melompat bersamaan. Saat dimainkan berkelompok lompat tali bisa lebih menyenangkan.

Apa Manfaat Olahraga Skipping?

Meski sering dijadikan permainan oleh anak-anak, lompat tali tidak hanya untuk anak-anak. Siapa pun boleh bermain dan berlatih lompat tali dan merasakan manfaatnya. Apa saja itu?

1. Membakar kalori

Yang pertama, manfaat skipping adalah untuk membakar kalori sehingga olahraga ini cocok untuk menurunkan berat badan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melakukan lompat tali selama 10 menit dapat membakar kalori hingga 25% lebih banyak dibandingkan joging.

2. Melatih otot kaki

Gerakan melompat pada olahraga skipping baik untuk melatih otot tubuh bagian bawah, termasuk betis dan paha, agar lebih kuat dan kencang.

3. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Olahraga skipping melibatkan koordinasi lengan, kaki, dan dada untuk menjaga ritme gerakan tetap konstan. Gerakan melompat ke atas secara berulang dengan cepat juga membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik.

4. Melatih fokus

Skipping membutuhkan koordinasi banyak bagian tubuh secara bersamaan sehingga otak juga harus berpikir cepat. Ini membuat loncat tali melatih kemampuan anak dalam koordinasi, stamina, dan fokus.

5. Menjaga kesehatan jantung

Lompat tali termasuk olahraga kardio terbaik yang tepat untuk kesehatan jantung dan jantung yang sehat akan menjauhkan penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

6. Menjaga kesehatan mental dan pikiran

Saat melakukan skipping, tubuh dan pikiran akan bersinkronisasi, menghasilkan energi positif yang baik untuk menghilangkan stres dan depresi.

Olahraga skipping juga akan mendorong produksi endorfin dalam tubuh, serta melancarkan peredaran darah ke otak yang akan mengurangi stres.

7. Menguatkan tulang

Skipping adalah olahraga yang akan memberi tekanan pada tulang sehingga tubuh akan bereaksi dengan membangun tulang yang lebih padat dan kuat.

Pada anak-anak dan remaja, skipping juga membantu lempeng pertumbuhan untuk tumbuh sehingga menambah tinggi badan.

8. Melatih pernapasan

Gerakan melompat saat skipping merupakan cara yang baik untuk meningkatkan pernapasan dan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Ini membantu meningkatkan asupan oksigen dan energi.

9. Menyehatkan kulit

Skipping akan meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Tubuh juga dapat membuat racun dari dalam tubuh lebih cepat melalui keringat sehingga kulit akan tampak lebih bercahaya.

10. Meningkatkan kesehatan seluruh tubuh

Gerakan skipping walaupun sederhana namun melatih seluruh anggota tubuh, menyehatkan jantung, menguatkan tulang, melatih pernapasan, hingga menenangkan pikiran.

Tips Olahraga Skipping

Manfaat olahraga skipping akan dapat lebih optimal dirasakan tubuh jika dilakukan dengan cara yang tepat. Lalu, bagaimana cara melakukan permainan lompat tali yang baik dan benar? Ini tipsnya:

  1. Lakukan lompatan dengan berjinjit. Melompatlah menggunakan bagian depan telapak kaki seperti berjinjit. Mendarat dengan lembut tanpa tumit menyentuh tanah.
  2. Jangan melompat terlalu tinggi. Tingginya lompatan bukan hal utama saat skipping. Cukup melompat agar tali bisa melewati kaki. Melompat terlalu tinggi akan mengganggu ritme dan lebih cepat lelah.
  3. Jangan berlebihan menggerakkan tangan. Saat mengayunkan tali gunakan pergelangan tangan, sehingga tidak perlu terlalu banyak menggerakkan lengan.
  4. Perhatikan panjang tali skipping. Perhatikan tali agar tidak terlalu panjang maupun pendek karena akan menyulitkan saat diayunkan.
  5. Perhatikan ritme. Tidak perlu terburu-buru dalam lompat tali. Kita bisa mengatur seberapa cepat ayunan tali dan lompatan sesuai kemampuan.

Aktif bergerak, salah satunya dengan olahraga skipping sangat baik untuk kesehatan. Namun di samping itu, kita juga perlu menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Selain melalui makanan dan minuman bergizi, kita juga bisa minum MILO Activ-GO yang memiliki kandungan utama dari susu, ekstrak malt, gula, dan coklat. Diperkaya dengan 6 vitamin dan 3 mineral untuk bantu mengoptimalkan pelepasan energi lebih tahan lama dan mendukung anak terus aktif menjalani hari.

Itulah ulasan seputar olahraga skipping. Meski terlihat sederhana, pada kenyataannya ada banyak manfaat olahraga skipping yang bisa dirasakan. Jadi, sudah tertarik untuk mulai rutin melakukan skipping?


Source:

  1. Dictionary. Skipping. Dari https://www.dictionary.com/browse/skipping diakses pada 22 September 2023
  2. Healthifyme. 8 Surprising Benefits of Skipping Rope for Fitness. Dari https://www.healthifyme.com/blog/benefits-of-skipping/ diakses pada 22 September 2023
  3. Healthline. The Benefits of Jumping Rope Go Beyond Weight Loss. Dari https://www.healthline.com/health/jumping-rope-to-lose-weight diakses pada 22 September 2023
  4. Cosmopolitan. 10 reasons why you should add skipping to your workout routine. Dari https://www.cosmopolitan.com/uk/body/fitness-workouts/a24569/skipping-workout-benefits/ diakses pada 22 September 2023
  5. Built Lean. 7 Best Tips To Jump Rope Like a Pro. Dari https://www.builtlean.com/learn-how-to-jump-rope-like-a-pro-7-tips/ diakses pada 22 September 2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Olahraga

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

Cara Smash Bola Voli Energi Aktif
Cara Smash Bola Voli yang Efektif Memperkuat Skill dan Strategi Bermain

Bola voli merupakan salah satu olahraga favorit di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak dan remaja pun banyak yang

cara melatih otot kaki Energi Aktif
Langkah-langkah Efektif dalam Melatih Otot Kaki: Tips dan Trik untuk Kesehatan yang Optimal

Otot kaki merupakan bagian tubuh yang memiliki manfaat penting untuk berbagai gerak tubuh, termasuk bagi anak-anak dan remaja yang sedang banyak

jenis pukulan bulutangkis Energi Aktif
Teknik Mengasah Skill: Memahami Jenis Pukulan Bulutangkis yang Efektif

Bagi Ibu yang anaknya hobi bermain bulutangkis, salah satu teknik dasar yang perlu mereka kuasai adalah kemampuan untuk melakukan pukulan dengan tepat

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Cara Menjaga Kesehatan Mental Energi Aktif
10 Cara Menjaga Kesehatan Mental bagi Remaja

Mengetahui cara menjaga kesehatan mental bagi anak remaja adalah hal yang esensial karena mereka membutuhkan kesehatan mental yang solid untuk bisa

Manfaat Pencak Silat Aktivitas
Selain untuk Bela Diri, Simak Manfaat Pencak Silat untuk Tubuh dan Mental Berikut Ini

Anak Ibu hobi latihan pencak silat? Ini adalah aktivitas yang positif karena banyak manfaat pencak silat baik untuk kesehatan, bela diri, dan juga

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.