Anak Sibuk Sekolah? Jangan Lupa Asupan Vitamin B Ini!Anak Sibuk Sekolah? Jangan Lupa Asupan Vitamin B Ini!

Anak Sibuk Sekolah? Jangan Lupa Asupan Vitamin B Ini!

24 September 2021

facebook iconwhatsapp icon

Sekolah tatap muka akhirnya kembali dilakukan. Saatnya anak-anak kembali beraktivitas di sekolah. Pastinya, anak akan mulai sibuk. Mulai dari mengerjakan segudang tugas hingga mengikuti kegiatan di sekolah. Untuk itu, Ibu harus memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Jangan sampai kekurangan mineral dan Vitamin, terutama Vitamin B. Ini karena manfaat Vitamin B sangat diperlukan anak dalam menjalani aktivitas hariannya.

Salah satu manfaat Vitamin B yang paling penting adalah membuat anak terhindar dari segala penyakit yang ada di luar rumah. Jangan sampai anak kekurangan mineral dan Vitamin yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Perlu Ibu ketahui, Vitamin B terdiri dari beberapa jenis, lho. Biasanya, disebut dengan Vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks untuk anak ini bisa didapatkan dari bahan makanan dalam menu sarapan pada pagi hari. Supaya Ibu semakin paham dengan kebutuhan nutrisi tersebut, ini beberapa fungsi Vitamin B Kompleks yang perlu diketahui.

  1. Regenerasi Sel Darah Merah

    Perlu Ibu ketahui Vitamin B kompleks berguna untuk pembentukan hemoglobin. Ini merupakan salah satu komponen sel darah merah yang tugasnya membawa oksigen ke seluruh tubuh. Nutrisi ini juga dapat mencegah anak mengalami anemia atau kekurangan darah. Ini karena Vitamin B Kompleks untuk anak juga bertugas membentuk sel darah merah. Jadi, anak tidak akan loyo karena anemia bila mengonsumsi Vitamin ini setiap hari.

     

  2. Menambah Energi Anak

    Manfaat Vitamin B lainnya adalah dapat meningkatkan energi anak. Mengapa bisa begitu? Jadi, jenis nutrisi ini dapat memproses dan juga mengubah glukosa yang dikonsumsi anak menjadi energi. Vitamin ini juga bermanfaat untuk meleburkan Karbohidrat, Protein, serta Lemak. Hal ini membuat kinerja oksigen bisa maksimal di dalam tubuh anak.

    Setidaknya anak memerlukan Vitamin B sekitar 1-2 mg/hari. Bila Ibu menyertakan menu makanan mengandung Vitamin B Kompleks dalam sarapan pada pagi hari, pastinya anak tidak akan mudah mengantuk, lebih aktif di sekolah, tidak cepat lelah, serta aktif berolahraga.

     

  3. Meningkatkan Fungsi Otak

    Salah satu jenis Vitamin B adalah B12. Manfaat Vitamin B12 untuk anak salah satunya adalah meningkatkan fungsi otak. Jenis Vitamin ini sangat berkaitan erat terhadap proses metabolisme di bagian otak manusia. Bila sampai kekurangan nutrisi tersebut, bisa-bisa anak sulit berkonsentrasi dan daya ingat menurun.

    Dalam keseharian, fungsi Vitamin B Kompleks ini sebenarnya berkaitan dengan proses belajar anak. Jika terpenuhi kebutuhan hariannya, anak jadi mudah menyerap pelajaran, tak sulit berkonsentrasi, bahkan meningkatkan kemampuannya menyelesaikan masalah. Jangan sampai anak terlewatkan manfaat Vitamin B yang satu ini, ya.

     

  4. Memperlancar Pencernaan

    Vitamin B Kompleks untuk anak juga berguna untuk memperlancar pencernaan, lho. Jenis Vitamin ini larut dalam air dan sulit disimpan dalam sel lemak. Jadi, aman dikonsumsi anak sehari-hari. Anak akan merasa kenyang lebih lama sehingga tidak jajan sembarangan saat berada di sekolah.

    Hal ini membuat makanan yang dikonsumsi anak dapat diserap dan dicerna dengan baik oleh tubuh. Anak jadi terhindar dari masalah diare dan juga sembelit ketika beraktivitas sehari-hari. Saat pencernaan anak terjaga dengan baik, metabolisme tubuhnya pun bisa meningkat.

     

  5. Meningkatkan Stamina

    Perlu Ibu ketahui, Vitamin B kompleks dapat memproduksi antibodi dan juga sel darah putih dalam tubuh anak. Fungsi yang satu ini sebenarnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak dan juga stamina. Saat kebutuhan Vitamin B tersebut sudah terpenuhi, anak tidak akan mudah sakit serta tetap bersemangat mengikuti kegiatan sekolahnya seharian.
    Baca Juga: Tak Hanya Vitamin C, Vitamin B Juga Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Lho!

    Setelah mengetahui manfaat Vitamin B Kompleks untuk anak, saatnya Ibu memberikannya. Namun, dari mana Ibu mendapatkan nutrisi tersebut? Ibu bisa dapatkan dari ikan salmon, sayuran hijau, telur, susu, ataupun daging sapi.

buy now image
BELI PRODUK MILO