Minuman Coklat Bubuk untuk Atasi Masalah Stres Pada Anak

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga rentan terhadap stres. Lantas, hal apa saja yang bisa menjadi penyebab anak stres? Tentunya bermacam-macam Bu, namun penyebab paling umum adalah cemas menghadapi ujian dan pertandingan di sekolah. Menariknya, ternyata memberikan segelas minuman coklat bubuk bisa bantu anak mengatasi rasa kecemasannya lho, Bu. Sebelum membahas lebih lanjut soal hal tersebut, simak penjelasan berikut terlebih dahulu yuk!

Ciri Anak Mengalami Stres

Memasuki usia sekolah dan remaja, umumnya anak masih kesulitan untuk memahami dan mengungkapkan perasaannya. Bahkan, anak terkadang tidak sadar kalau ia sedang mengalami stres. Oleh karena itu, menjadi tugas Ibu untuk mengetahui ciri-ciri anak stres pada anak agar dapat lebih sigap mengatasi masalah tersebut, seperti berikut ini: 

  • Lebih mudah tersinggung, marah, mengeluh, atau menangis;
  • Sulit berkonsentrasi atau mendengarkan, khususnya ketika belajar atau berolahraga;
  • Takut atau menolak untuk bertemu dengan orang asing;
  • Lebih memilih sendirian atau menarik diri dari lingkungannya;
  • Jika stres sudah serius, terdapat gejala fisik seperti sakit perut, sakit kepala, atau pusing; dan
  • Sulit tidur atau sering terbangun di tengah malam karena mimpi buruk.

Apabila anak mengalami ciri anak stres di atas, sebaiknya segera cari tahu penyebab stres tersebut. Sebagai permulaan, Ibu bisa mengajaknya curhat dan diskusi soal kecemasan yang ia alami. Sembari mengobrol, Ibu bisa memberikan segelas minuman coklat bubuk untuk bantu atasi stres pada anak.

Manfaat Minuman Coklat Bubuk untuk Redakan Stres

Mungkin Ibu bertanya, apa hubungannya antara coklat bubuk untuk minuman dengan tingkat stres anak?

1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Sebuah studi dari Loma Linda University Health di California menjelaskan bahwa cokelat tinggi akan kandungan antioksidan yang dapat memengaruhi gelombang gamma pada otak yang berhubungan dengan gangguan stres. Oleh karena itu, ketika mengonsumsi cokelat, anak akan merasa lebih rileks dan rasa cemas akibat stres pun berkurang.

2. Mengurangi Hormon Stres

Perlu dipahami bahwa ketika stres, kadar kortisol atau hormon stres akan meningkat dan mengurangi hormon kebahagiaan atau hormon endorfin dalam tubuh. Nah, cokelat merupakan salah satu asupan yang dapat mengurangi tingkat hormon kortisol dan meningkatkan hormon endorfin tersebut, Bu.

3. Meningkatkan Serotonin atau Pemberi Rasa Nyaman

Cokelat juga mengandung Serotonin atau hormon yang berfungsi memberikan rasa nyaman dan senang. Oleh karena itu, minuman coklat bubuk juga dipercaya efektif untuk bantu mengatasi stres pada anak.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Karakter Saling Menghormati dengan Olahraga

Sekarang Ibu sudah tahu manfaat minuman coklat bubuk  untuk bantu mengatasi stres anak ketika harus mengikuti pertandingan olahraga atau ujian di sekolah, bukan? Supaya manfaatnya optimal, pastikan minuman coklat yang dipilih bernutrisi lengkap, rendah gula, dan tinggi akan kakao. Sebagai rekomendasi, Ibu bisa beri anak MILO ActivGo.

MILO ActivGo dengan susu, malt, dan cokelat juga diperkaya Vitamin dan Mineral. Selain itu, MILO ActivGo juga tinggi Zat Besi yang mendukung performa anak aktif sehingga tetap berenergi menjalani aktivitas belajar hingga bermain.

 

 

ARTIKEL LAINNYA