4 Manfaat Olahraga Stretching bagi Anak-anak | MILO Indonesia 4 Manfaat Olahraga Stretching bagi Anak-anak | MILO Indonesia

4 Manfaat Stretching Bagi Anak-Anak yang Belajar dari Rumah

08 June 2021

Tidak terasa sudah lebih dari setahun anak diharuskan untuk belajar dari rumah. Tahukah Ibu, tanpa disadari hal ini turut memengaruhi postur tubuh anak, lho! Ketika berkegiatan di rumah, anak mungkin lebih jarang aktif bergerak. Oleh sebab itu, penting sekali untuk anak rutin melakukan olahraga dan stretching, terutama saat jam istirahat maupun setelah sekolah jarak jauh selesai. Berikut ini perbedaan pemanasan dan stretching, serta empat manfaat olahraga bagi anak-anak seperti stretching bagi postur tubuhnya: 

Perbedaan Pemanasan dan Peregangan (Stretching

Sebelum bahas lebih jauh soal manfaat olahraga bagi anak-anak, penting untuk Ibu mengerti terlebih dahulu perbedaan pemanasan dan peregangan atau lebih dikenal dengan istilah stretching. Pemanasan adalah gerakan intens yang bertujuan untuk meningkatkan detak jantung. Contohnya seperti lompat di tempat, squat, atau aktivitas fisik lainnya yang sejenis kardio. 

Sementara peregangan atau stretching adalah gerakan ringan yang bertujuan untuk merangsang kontraksi otot agar lebih lentur. Seperti merenggangkan engkel, lengan, pergelangan tangan, dan lain sejenisnya. Keduanya memiliki fungsi yang serupa, yaitu meminimalkan risiko cedera dan kram saat olahraga maupun setelah berolahraga. Selain itu, stretching juga bermanfaat untuk anak yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk dan menatap layar handphone, komputer, maupun laptop saat belajar dari rumah.

4 Manfaat Stretching untuk Anak 

Selama masa pembelajaran jarak jauh, tentu saja anak dituntut untuk lebih sering duduk dan menatap layar laptop atau komputer. Oleh karena itu penting sekali bagi anak untuk tetap aktif bergerak secara rutin seperti stretching untuk mendapatkan empat manfaat olahraga bagi anak-anak berikut ini:

1. Tubuh Jadi Lebih Fleksibel

Ketika kurang aktif bergerak, tubuh anak biasanya akan jadi lebih kaku atau berkurang kelenturannya. Tanpa disadari hal ini dapat membuat tubuh anak jadi kurang nyaman selama beraktivitas. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kelenturan tubuh guna meminimalkan nyeri, kram, hingga tegang otot saat belajar dari rumah dengan melakukan stretching secara teratur.

2. Aliran Darah Lancar

Apakah anak sering mengeluh pegal karena terlalu lama belajar sambil menatap layar? Jika iya, tandanya ia perlu melakukan stretching secara rutin. Hal ini dikarenakan kebiasaan menatap layar laptop, komputer, maupun handphone sambil duduk terlalu lama bisa menghambat peredaran darah dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kaki, leher, dan bahu anak mudah pegal dan nyeri setelah belajar jarak jauh dalam periode yang lama. 

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Terlalu lama duduk dan menatap layar komputer, laptop, atau handphone juga bisa membuat postur tubuh anak jadi bungkuk, karena posisi kepala yang terbiasa menunduk. Tidak hanya membentuk postur tubuh yang kurang proporsional, kebiasaan bungkuk juga dapat membuat otot leher anak jadi lemah, sehingga sering mengalami pegal dan nyeri leher. Nah, untuk mengantisipasinya, lakukan stretching setiap hari secara rutin agar otot tubuh anak dapat tetap bekerja dengan baik.

4. Menghilangkan Stres

Tidak hanya baik bagi kesehatan fisiknya, stretching juga memberikan manfaat olahraga bagi anak-anak lainnya, seperti membantunya menghasilkan hormon endorfin yang berfungsi memberikan rasa senang setelah aktif bergerak. Oleh karena itu, rutin stretching juga dapat membantu anak meminimalkan stres, khususnya selama sekolah jarak jauh seperti saat ini. 
Rekomendasi Gerakan Stretching  
Bu, ada beberapa rekomendasi gerakan stretching yang sederhana dan praktis, khususnya untuk anak, seperti: 
●    Peregangan punggung: letakkan tangan di betis, kemudian tarik ke arah dada. Tahan selama 8 detik dan ulangi 9 kali.
●    Peregangan bahu dan lengan: berdiri dan ayunkan lengan ke arah depan, kemudian angkat lengan setinggi mungkin dan turunkan. Ulangi selama 1 menit. 
●    Peregangan leher: buat gerakan putar menggunakan leher dan ulangi sebanyak 3 kali. Kemudian putar balik arah sebanyak 3 kali. 

Ternyata ada banyak sekali ya, manfaat olahraga bagi anak-anak seperti stretching, khususnya selama masa sekolah jarak jauh seperti saat ini. Agar anak lebih semangat, jangan lupa penuhi kebutuhan energi anak selama belajar dan bergerak aktif dengan MILO UHT dingin yang menyegarkan. Selain praktis, MILO UHT kaya akan Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta mineral seperti Kalsium dan Fosfor   yang dapat membantu penuhi nutrisi anak agar tetap berenergi sepanjang hari.

Semoga informasi ini membantu, ya!

buy now image
BELI PRODUK MILO