06 July 2022

Ini Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Bagikan Artikel:

Ibu mau mengajak anak berolahraga bersama? Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, ya. Walau sering disepelekan oleh sebagian orang, manfaat pemanasan penting terhadap kesehatan fisik, lho. Oleh sebab itu, ada baiknya Ibu mengenal nama-nama gerakan pemanasan. 

Misalnya, push up, plank, squat, dan side lunge. Contoh gerakan pemanasan ini sebaiknya dilakukan selama 15-30 menit sebelum berolahraga. Manfaat gerakan pemanasan tersebut adalah supaya tubuh terhindar dari cedera saat berolahraga. 

Selain itu, adapun beberapa manfaat pemanasan lainnya yang juga perlu Ibu ketahui. Berikut ini penjelasannya. 

 

1. Melancarkan Pernapasan

Tahukah Ibu, ketika berolahraga, anak harus dapat mengatur pernapasannya. Salah-salah, anak bisa mengalami kekurangan oksigen, sehingga menjadi cepat lelah. Supaya tubuh terbiasa untuk mengaturnya, anak perlu melakukan pemanasan terlebih dulu. 

Anak bisa diminta berjalan keliling rumah dengan kecepatan rendah selama 15-20 menit. Gerakan pemanasan ini berfungsi untuk mempersiapkan tubuh secara bertahap untuk berolahraga. Jadi, anak tidak tiba-tiba mengalami pernapasan yang cepat. Pemanasan bisa dihentikan ketika tubuh anak mulai mengeluarkan keringat. 

 

2. Menstabilkan Detak Jantung

Ketika melakukan olahraga, detak jantung anak akan meningkat dengan tajam. Nah, peningkatan secara tiba-tiba ini bisa berbahaya bagi sejumlah anak. Ini terutama untuk anak yang memang memiliki masalah jantung. 

Oleh sebab itu, Ibu harus membiasakan anak melakukan pemanasan sebelum berolahraga, ya. Ketahuilah, manfaat pemanasan salah satunya adalah untuk meningkatkan kerja sistem jantung dan pembuluh darah secara bertahap sebelum melakukan aktivitas fisik. 

Hal tersebut sudah dibuktikan lewat sebuah penelitian yang melibatkan 44 orang. Mereka melakukan treadmill dengan intensitas tinggi selama 10-15 detik tanpa melakukan pemanasan. Dari data elektrokardiogram (EKG) menunjukkan bahwa 70% partisipan mengalami perubahan fungsi jantung abnormal. 

 

3. Meningkatkan Stamina

Pastinya, anak tak cuma melakukan olahraga saja sepanjang hari. Ia juga belajar di sekolah dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Tentunya, tanpa disadari hal ini membuat stamina tubuh banyak yang terbakar dan menyebabkan rasa kelelahan timbul. 

Supaya stamina tubuh kembali meningkat, anak memerlukan oksigen untuk mendapatkannya. Oksigen akan beredar secara lebih efisien dengan dilakukannya pemanasan sebelum beraktivitas, sehingga stamina tidak mudah hilang selama berolahraga.

 

4. Meningkatkan Performa Tubuh

Manfaat pemanasan lainnya adalah meningkatkan performa tubuh. Dengan melakukan gerakan pemanasan, sirkulasi darah ke sejumlah otot di dalam tubuh akan lebih lancar. Hal ini kemudian akan membuat otot tidak tegang dan menjadi lebih fleksibel. 

Lancarnya peredaran darah ini tentunya juga membawa lebih banyak lagi oksigen ke seluruh penjuru tubuh. Dengan begitu, energi otot dapat bertambah dan refleks serta jangkauan geraknya semakin luas. Performa olahraga anak pun bisa meningkat, sehingga tubuh mampu melakukan aktivitas tersebut lebih lama lagi. 

 

5. Mengurangi Ketegangan Otot

Selain performa olahraga menjadi lebih baik, manfaat pemanasan lainnya adalah mampu mengurangi ketegangan pada otot. Menurut Journal of Exercise Rehabilitation, pemanasan dapat meningkatkan rentang gerak sendi, serta memelihara, meningkatkan kinerja, dan fleksibilitasnya. 

Gerakan pemanasan membantu tubuh anak memberikan cairan pelumas ke persendian, sehingga membuatnya lebih mudah bergerak. Selain itu, pemanasan juga dapat mencegah risiko munculnya cedera otot dan sendi.

Setelah mengetahui manfaat pemanasan, Ibu juga harus mempersiapkan asupan nutrisi untuk anak yang ingin berolahraga. Pastikan energi anak terlengkapi agar anak dapat berolahraga dengan optimal. Untuk tambahan energi anak saat ia berolahraga, berikan MILO Activ-Go. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Manfaat Pencak Silat Aktivitas
Selain untuk Bela Diri, Simak Manfaat Pencak Silat untuk Tubuh dan Mental Berikut Ini

Anak Ibu hobi latihan pencak silat? Ini adalah aktivitas yang positif karena banyak manfaat pencak silat baik untuk kesehatan, bela diri, dan juga

Teknik Menendang Bola yang Benar Aktivitas
Bagaimana Teknik Menendang Bola Sepak yang Benar?

Buat kamu yang hobi sepak bola tentu perlu tahu bagaimana teknik menendang bola yang tepat agar tendangan lebih akurat dan performa di lapangan

Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya Aktivitas
Ciri ciri Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya

Ibu pasti sudah tahu bahwa peran kalsium bagi kesehatan anak sangat penting. Sebagai salah satu jenis mineral, kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga

Cara Bermain Sepak Bola Aktivitas
Cara Bermain Sepak Bola dan Teknik Dasarnya yang Perlu Kamu Tahu

Mulai anak-anak hingga dewasa tampaknya sudah begitu akrab dengan sepak bola. Jika anak Ibu ada yang tertarik berlatih dan ingin belajar cara bermain

Cara Melakukan Dribling Bola Basket Aktivitas
Ini 4 Cara Melakukan Dribbling Bola Basket yang Perlu Kamu Kuasai

Saat mulai berlatih basket, pemain perlu menguasai cara melakukan dribbling bola basket secara baik dan benar. Dribbling adalah salah satu teknik

Teknik Dasar Bola Basket Aktivitas
5 Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Dikuasai Pemula

Bola basket adalah salah satu permainan yang banyak digemari di dunia, tak terkecuali oleh anak dan remaja. Olahraga tim ini bertujuan memasukkan bola

Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh Aktivitas
5 Contoh Latihan Koordinasi dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kamu sudah familiar dengan istilah latihan koordinasi? Ini merupakan aktivitas untuk melatih kemampuan respons motorik halus secara akurat, termasuk

Manfaat Badminton untuk Fisik dan Mental Aktivitas
10 Manfaat Badminton untuk Dukung Fisik dan Mental

Ibu perlu memberi dukungan penuh saat anak senang berlatih olahraga, termasuk badminton. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat

Fungsi Vitamin dan Mineral Bagi Tubuh Aktivitas
Ini 7 Fungsi Vitamin dan Mineral untuk Dukung Anak Sehat dan Berprestasi

Ibu perlu memahami fungsi vitamin dan mineral berperan penting bagi tumbuh kembang supaya anak sehat, aktif, dan berprestasi. Lalu apa yang dimaksud

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.