06 July 2022

Ini Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Bagikan Artikel:

Ibu mau mengajak anak berolahraga bersama? Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, ya. Walau sering disepelekan oleh sebagian orang, manfaat pemanasan penting terhadap kesehatan fisik, lho. Oleh sebab itu, ada baiknya Ibu mengenal nama-nama gerakan pemanasan. 

Misalnya, push up, plank, squat, dan side lunge. Contoh gerakan pemanasan ini sebaiknya dilakukan selama 15-30 menit sebelum berolahraga. Manfaat gerakan pemanasan tersebut adalah supaya tubuh terhindar dari cedera saat berolahraga. 

Selain itu, adapun beberapa manfaat pemanasan lainnya yang juga perlu Ibu ketahui. Berikut ini penjelasannya. 

 

1. Melancarkan Pernapasan

Tahukah Ibu, ketika berolahraga, anak harus dapat mengatur pernapasannya. Salah-salah, anak bisa mengalami kekurangan oksigen, sehingga menjadi cepat lelah. Supaya tubuh terbiasa untuk mengaturnya, anak perlu melakukan pemanasan terlebih dulu. 

Anak bisa diminta berjalan keliling rumah dengan kecepatan rendah selama 15-20 menit. Gerakan pemanasan ini berfungsi untuk mempersiapkan tubuh secara bertahap untuk berolahraga. Jadi, anak tidak tiba-tiba mengalami pernapasan yang cepat. Pemanasan bisa dihentikan ketika tubuh anak mulai mengeluarkan keringat. 

 

2. Menstabilkan Detak Jantung

Ketika melakukan olahraga, detak jantung anak akan meningkat dengan tajam. Nah, peningkatan secara tiba-tiba ini bisa berbahaya bagi sejumlah anak. Ini terutama untuk anak yang memang memiliki masalah jantung. 

Oleh sebab itu, Ibu harus membiasakan anak melakukan pemanasan sebelum berolahraga, ya. Ketahuilah, manfaat pemanasan salah satunya adalah untuk meningkatkan kerja sistem jantung dan pembuluh darah secara bertahap sebelum melakukan aktivitas fisik. 

Hal tersebut sudah dibuktikan lewat sebuah penelitian yang melibatkan 44 orang. Mereka melakukan treadmill dengan intensitas tinggi selama 10-15 detik tanpa melakukan pemanasan. Dari data elektrokardiogram (EKG) menunjukkan bahwa 70% partisipan mengalami perubahan fungsi jantung abnormal. 

 

3. Meningkatkan Stamina

Pastinya, anak tak cuma melakukan olahraga saja sepanjang hari. Ia juga belajar di sekolah dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Tentunya, tanpa disadari hal ini membuat stamina tubuh banyak yang terbakar dan menyebabkan rasa kelelahan timbul. 

Supaya stamina tubuh kembali meningkat, anak memerlukan oksigen untuk mendapatkannya. Oksigen akan beredar secara lebih efisien dengan dilakukannya pemanasan sebelum beraktivitas, sehingga stamina tidak mudah hilang selama berolahraga.

 

4. Meningkatkan Performa Tubuh

Manfaat pemanasan lainnya adalah meningkatkan performa tubuh. Dengan melakukan gerakan pemanasan, sirkulasi darah ke sejumlah otot di dalam tubuh akan lebih lancar. Hal ini kemudian akan membuat otot tidak tegang dan menjadi lebih fleksibel. 

Lancarnya peredaran darah ini tentunya juga membawa lebih banyak lagi oksigen ke seluruh penjuru tubuh. Dengan begitu, energi otot dapat bertambah dan refleks serta jangkauan geraknya semakin luas. Performa olahraga anak pun bisa meningkat, sehingga tubuh mampu melakukan aktivitas tersebut lebih lama lagi. 

 

5. Mengurangi Ketegangan Otot

Selain performa olahraga menjadi lebih baik, manfaat pemanasan lainnya adalah mampu mengurangi ketegangan pada otot. Menurut Journal of Exercise Rehabilitation, pemanasan dapat meningkatkan rentang gerak sendi, serta memelihara, meningkatkan kinerja, dan fleksibilitasnya. 

Gerakan pemanasan membantu tubuh anak memberikan cairan pelumas ke persendian, sehingga membuatnya lebih mudah bergerak. Selain itu, pemanasan juga dapat mencegah risiko munculnya cedera otot dan sendi.

Setelah mengetahui manfaat pemanasan, Ibu juga harus mempersiapkan asupan nutrisi untuk anak yang ingin berolahraga. Pastikan energi anak terlengkapi agar anak dapat berolahraga dengan optimal. Untuk tambahan energi anak saat ia berolahraga, berikan MILO Activ-Go. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak Aktivitas
5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan

Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online Aktivitas
Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online

Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak

Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya Aktivitas
Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya

Kamu punya hobi bermain games di PC atau gadget setiap hari? Kayaknya kamu harus mulai mengasah skill permainanmu, deh. Siapa tahu kamu nantinya bisa

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah Aktivitas
5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak Aktivitas
Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan

Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya

Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Tahukah Ibu kalau memberi makanan dan minuman anak tidak boleh sembarangan. Apalagi saat anak Ibu sudah memasuki usia sekolah. Ada sejumlah kebutuhan

5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani Aktivitas
5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Pernahkah Ibu melihat anak menangis karena tidak mau masuk kelas? Biasanya, ini terjadi karena ia tak ingin berpisah dari Ibunya. Hal selanjutnya yang

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana Aktivitas
5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun,