12 December 2023

Sumber Protein Nabati Tinggi, Cocok untuk Anak yang Suka Olahraga

Bagikan Artikel:

Protein adalah salah satu dari tiga makronutrien yang punya peran penting bagi tubuh. Salah satu fungsi protein adalah untuk membangun massa otot, sehingga sangat penting bagi anak yang suka berolahraga.

Pada dasarnya, ada dua jenis protein yang dapat kita konsumsi, yakni protein hewani dan protein nabati. Protein hewani bersumber dari hewan. Sementara itu, sumber protein nabati adalah tumbuh-tumbuhan.

Pentingnya Konsumsi Protein Nabati pada Anak yang Suka Olahraga

Protein hewani memang mengandung asam amino lebih lengkap. Kendati demikian, sumber protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan juga baik untuk dikonsumsi.

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi sumber protein nabati pada orang yang rutin berolahraga menguntungkan dalam hal kekuatan, komposisi tubuh, serta pemulihan pasca olahraga.

Penelitian lain juga menemukan bahwa konsumsi lebih banyak protein nabati seperti kacang-kacangan dapat mendukung kesehatan jantung. Bahkan, bukti ilmiah menunjukkan dengan mengganti beberapa porsi protein hewani (bukan keseluruhan) dengan protein nabati baik bagi kesehatan jantung.

Selain itu, protein nabati juga baik untuk kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Apa saja makanan yang termasuk protein nabati yang baik dan apa manfaatnya?

Sumber Protein Nabati

Ada berbagai jenis makanan yang mengandung protein nabati. Beberapa jenis makanan juga disebut memiliki kandungan protein nabati lebih tinggi dibandingkan lainnya. Adapun studi menunjukkan bahwa diet tinggi protein baik untuk membangun kekuatan otot, membuat rasa kenyang tahan lama, dan membantu menurunkan berat badan.

Panduan New American Plate dari American Institute for Cancer Research juga menyarankan untuk mengkonsumsi protein nabati, seperti gandum, sayuran, dan kacang-kacangan, setidaknya dua atau tiga bagian dari piring Anda.

Berikut ini sumber protein nabati yang dapat Anda berikan untuk menunjang pertumbuhan anak:

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti buncis, kacang almond, kacang polong, adalah jenis makan yang kaya akan protein. Disebutkan bahwa dalam satu porsi atau setengah cangkir kacang-kacangan yang dimasak mengandung 9 gram protein. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serat, vitamin, mineral, fitonutrien, dan polifenol yang kaya antioksidan. Menurut penelitian yang diterbitkan pada 2017 di International of Molecular Sciences, disebutkan bahwa kacang-kacangan memiliki sifat anti-kanker, anti-inflamasi, dan anti-diabetes. Itulah alasan kacang-kacangan menjadi protein nabati yang sangat baik untuk dikonsumsi.

  • Tahu, tempe, dan edamame

Tahu dan tempe yang merupakan produk olahan dari kedelai menjadi jenis protein nabati terkaya. Tahu mengandung sekitar 10 gram protein per setengah cangkir. Adapun tempe mengandung sekitar 15 gram protein per setengah gelas. Sementara itu, kacang edamame juga merupakan protein nabati yang baik dengan mengandung 8,5 gram protein per setengah cangkirnya.

Kabar baiknya, tahu dan tempe bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat. Tahu juga bisa menjadi pengganti daging dalam beberapa olahan, seperti isian sandwich, sup, ayam kung pao, atau ayam asam manis.

Tak hanya kaya protein, produk kedelai juga mengandung kalsium dan zat besi dalam jumlah yang baik. Ini menjadikan olahan kedelai sebagai pengganti produk susu yang menyehatkan.

  • Biji-bijian

Biji-bijian, seperti biji rami, chia seed, atau quinoa, merupakan makanan sehat yang kaya akan protein. Dalam 1 sendok makan chia seed, terkandung 2 gram protein nabati. Sementara itu, biji rami dalam jumlah yang sama mengandung hingga 5 gram protein. Adapun dalam 100 gram quinoa yang telah dimasak mengandung 4 gram protein. Biji-bijian juga dikenal sebagai sumber protein yang komplit. Quinoa misalnya, mengandung 22 asam amino sehingga cocok dijadikan sebagai alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi. 

  • Spirulina

Spirulina, ganggang hijau-biru yang biasa ditemukan dalam bentuk bubuk bernutrisi, juga merupakan salah satu sumber protein. Dalam dua sendok makan atau 14 gram spirulina terkandung 8 gram protein lengkap yang bisa memenuhi 22% kebutuhan harian tubuh Anda akan zat besi dan 95% dari kebutuhan tembaga harian. Spirulina juga kaya akan magnesium, riboflavin, mangan, potassium, dan sejumlah kecil nutrisi lain yang diperlukan tubuh, termasuk asam lemak esensial.

  • Brokoli, kale, dan jamur

Beberapa jenis sayuran, khususnya yang berwarna gelap, juga mengandung protein. Jumlah protein yang terkandung dalam sayuran memang tidak dapat mencukupi kebutuhan protein harian. Namun, Anda bisa mengkombinasikan sayuran dengan makanan protein nabati lainnya untuk meningkatkan asupan protein. Misalnya, buatlah salad dari berbagai sayuran hijau dengan taburan quinoa. Sebagai informasi, dalam satu batang brokoli berukuran sedang, terkandung sekitar 4 gram protein. Sementara itu, satu cangkir kale mengandung 2 gram protein dan 5 buah jamur ukuran sedang menawarkan 3 gram protein.

Itulah tadi beberapa sumber protein nabati yang dapat dikonsumsi mendukung pertumbuhan anak yang gemar berolahraga. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak, Anda juga dapat memberikan MILO Activ-Go. Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt yang menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga dilengkapi dengan vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.