12 Makanan untuk Penambah Daya Ingat

Bagikan Artikel:

Semua pasti Ibu ingin anak tumbuh cerdas dan sehat. Namun, kecerdasan anak bisa didapat dari belajar dan stimulasi yang diberikan Ibu sejak kecil. Selain itu, ada baiknya rutin menyantap sajian yang dianggap sebagai makanan agar anak cerdas. Salah satu cara supaya anak menjadi cerdas adalah meningkatkan memori. Untuk itu, makanan penambah daya ingat perlu dikonsumsi secara rutin. 

Rekomendasi Makanan Penambah Daya Ingat Anak

Salah satu cara meningkatkan daya ingat adalah memberi nutrisi terbaik untuk anak melalui makanan. Selain berkontribusi sebagai penambah daya ingat, makanan yang tepat dapat mempengaruhi konsentrasi serta kemampuan otak untuk berpikir. Pastikan makanan yang diberikan kepada anak adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan memori. Berikut adalah makanan yang meningkatkan daya ingat yang bisa dikonsumsi anak.

1. Telur

Telur bisa menjadi salah satu makanan nutrisi otak anak yang paling mudah didapat. Walaupun sering dikonsumsi sehari, tahukah Ibu apa saja kandungan nutrisi pada sebutir telur? Perlu Ibu ketahui, dalam sebutir telur terdapat Vitamin B6, B12, dan Asam Folat. 

Sejumlah kandungan ini sangat baik untuk kesehatan sel saraf dan juga perkembangan otak anak. Tak lupa, telur kaya akan Omega-3 yang tentunya memiliki peranan penting untuk kecerdasan dan daya ingat anak. Telur pun tergolong bahan makanan dengan harga terjangkau dan mudah diolah. 

2. Susu

Susu biasanya menjadi jalan ninja Ibu ketika kebutuhan nutrisi anak tampak belum terpenuhi dari menu makanan hariannya. Umumnya, produk susu sapi mengandung Vitamin B, Protein, Kalsium, Vitamin D, dan juga zat besi. Tentunya, pemberian susu secara rutin pada anak dapat memenuhi gizinya. 

Makanan olahan dari produk susu juga memiliki kandungan nutrisi yang kurang lebih sama. Sejumlah nutrisi membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, serta neurotransmitter. Selain itu, produk olahan susu juga mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi otak.

3. Bayam

Bayam termasuk dalam sayuran berdaun hijau yang kaya akan senyawa oksidan. Misalnya, Vitamin C, Vitamin K, dan juga Asam Folat. Perlu Ibu tahu, antioksidan dan Vitamin C bertugas memperlambat adanya penurunan kemampuan kognitif anak. 

Sementara itu, Vitamin K dan Asam Folat bisa meningkatkan memori anak, mengurangi peradangan, serta meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Itu sebabnya, bayam masuk dalam kategori  makanan penambah daya ingat. Selain bayam, brokoli, sawi, dan kale juga bisa menjadi pilihan Ibu. 

4. Ikan Kembung

Salah satu makanan penambah daya ingat anak lainnya adalah ikan kembung. Sebenarnya, bahan makanan ini masuk dalam jenis ikan laut, seperti salmon, tuna, dan juga sarden. 

Tentunya, ikan kembung kaya akan protein dan asam lemak Omega-3, terutama docosahexaenoic acid (DHA). Rutin mengkonsumsi ikan kembung dapat memperkuat memori anak. Dianjurkan agar anak mengkonsumsi ikan laut sebanyak dua kali dalam seminggu. 

5. Kacang Merah

Kadang-kadang anak kurang menyukai kacang merah atau red bean. Namun, jika Ibu menyajikannya bersama es krim vanila, anak akan berubah pikiran dan menjadi tertarik untuk menyantapnya. Tahukah Ibu kalau kacang merah termasuk dalam daftar  makanan penambah daya ingat? 

Menurut penelitian yang dimuat dalam the Journal of Nutrition, Health, and Aging, kacang-kacangan serta biji-bijian merupakan bahan makanan yang kaya akan asam lemak Omega-3 dan antioksidan. 

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa kebiasaan konsumsi kacang-kacangan memberikan dampak positif untuk fungsi otak ketika tua. Tanpa disadari, antioksidan dalam kacang merah berfungsi melindungi sel otak dari stres oksidatif. Jenis stres tersebut disebabkan oleh tubuh anak yang terpapar radikal bebas.

6. Salmon

Ikan salmon kaya akan omega 3 Ikan, yakni DHA dan EPA. Nutrisi tersebut sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Omega 3 dalam salmon bisa memperlancar aliran darah ke otak. Hal ini memungkinkan kita menyimpan informasi baru, sambil tetap mengingat informasi lama. Manfaat salmon untuk menambah daya ingat anak bisa dirasakan jika Ibu memberikannya satu hingga dua kali seminggu. 

7. Daging Sapi tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak bisa menjadi makanan nutrisi otak karena kandungan seng dan zat besi yang tinggi. Zat besi sangat penting bagi anak  karena mereka lebih mungkin mengalami anemia (kadar zat besi rendah). Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kesulitan belajar dan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD). 

8. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan. Lemak ini membantu mengurangi risiko hipertensi, yang berhubungan dengan penurunan kognitif. Alpukat juga kaya akan lutein, yang merupakan senyawa yang melintasi sawar darah otak (membran pemisah sirkulasi darah dari cairan luar otak dan sistem saraf pusat), yang membantu meningkatkan fungsi kognitif.   

9. Coklat Hitam

Coklat hitam sangat baik untuk kesehatan otak karena kandungan flavonoid di dalamnya. Konsumsi flavonoid telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan,  termasuk kesehatan jantung dan fungsi kognitif. Penelitian juga menunjukan bahwa konsumsi coklat hitam kakao sebesar 70% dapat bermanfaat bagi memori episodik verbal dua jam setelah konsumsi pada orang dewasa muda yang sehat dibandingkan dengan kontrol coklat putih. Adanya temuan ini mendukung teori bahwa konsumsi 35 gram coklat hitam setiap hari bisa bermanfaat untuk  fungsi otak. 

10. Anggur

Anggur bisa menjadi salah satu jenis buah yang membuat daya ingat kuat. Anggur kaya akan resveratrol, senyawa yang meningkatkan daya ingat. Resveratrol pada anggur merupakan antioksidan kuat membantu mengurangi stres oksidatif, yang dapat memberikan efek positif pada otak Anda. Senyawa ini juga membantu mencegah risiko penyakit parkinson dan alzheimer.

11. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang membantu melawan peradangan pada otak. penelitian juga membuktikan bahwa curcumin telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang tentunya meningkatkan fungsi memori dan fokus pikiran. Uji klinis juga membuktikan bahwa  90 miligram kurkumin yang diminum dua kali sehari selama 18 bulan membantu meningkatkan kinerja memori pada orang dewasa tanpa demensia. Manfaat ini karena sifat antioksidan pada curcumin yang membantu mengurangi peradangan otak. Peradangan otak inilah yang membantu mengurangi neurokognisi, yaitu kemampuan berpikir dan bernalar.

12. Buah Beri

Stroberi, ceri, blueberry, blackberry adalah kelompok buah beri yang tinggi antioksidan.  Buah beri adalah sumber vitamin, mineral dan serat bersama dengan flavonoid, beragam kelompok fitonutrien (bahan kimia tanaman) yang ditemukan di hampir semua buah dan sayuran. Konsumsi buah ini  terbukti membantu meningkatkan aliran darah di otak, yang tentunya berkontribusi pada peningkatan fungsi memori dan kemampuan untuk fokus. Itulah mengapa beri menjadi buah untuk meningkatkan konsentrasi.

MILO 3in1 untuk Dukung Perkembangan Otak Anak

Selain dari makanan penambah daya ingat, Ibu juga bisa mendukung perkembangan otak anak dengan MILO 3in1 yang mengandung banyak nutrisi. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


 

Source:

  1. WebMD - Top 10 Brain Foods for Children. Dari https://www.webmd.com/parenting/features/brain-foods-for-children. Diakses 24 September 2023
  2. SALMON Health and Retirement - 10 Brain Healthy Foods for Older Adults. Dari https://salmonhealth.com/brain-matters-10-foods-that-support-brain-health/. Diakses 24 September 2023
  3. Mayo Clinic - Maximize memory function with a nutrient-rich diet. Dari https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/maximize-memory-function-with-a-nutrient-rich-diet. Diakses 24 September 2023  
  4. Hackenshack Meridian Health - Brain-Boosting Diet: 11 Foods to Improve Memory. Dari https://www.hackensackmeridianhealth.org/en/healthu/2023/05/01/brainboosting-diet-11-foods-to-improve-memory. Diakses 24 September 2023
  5. Lamport, D. J., Christodoulou, E., & Achilleos, C. (2020). Beneficial Effects of Dark Chocolate for Episodic Memory in Healthy Young Adults: A Parallel-Groups Acute Intervention with a White Chocolate Control. Nutrients, 12(2), 483. https://doi.org/10.3390/nu12020483
  6. Cleveland Clinic - 10 Health Benefits of Grapes. Dari https://health.clevelandclinic.org/health-benefits-of-grapes/. Diakses 24 September 2023
  7. Cleveland Clinic - 7 Health Benefits of Turmeric. Dari https://health.clevelandclinic.org/turmeric-health-benefits/. Diakses 24 September 2023
  8. Rutgers NJAES - Eat Berries to Improve Brain Function. Dari https://njaes.rutgers.edu/sshw/message/message.php?p=Health&m=350. Diakses 24 September 2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.