20 December 2023

8 Makanan yang Mengandung Mineral, Baik untuk Bantu Pemenuhan Energi

Bagikan Artikel:

Untuk melakukan segala aktivitas sehari-hari, mulai dari tidur, bangun, mandi, sampai tidur lagi,  tubuh membutuhkan yang namanya energi.

Tak hanya untuk beraktivitas, energi juga dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki serta memelihara sel dan jaringan tubuh.

Energi berasal dari makanan yang kita makan, dari karbohidrat, protein, lemak, dan terpenting mineral.

Artikel ini akan membahas makanan yang mengandung mineral. Simak ulasannya.

Manfaat Mineral untuk Tubuh

Mineral merupakan nutrisi terpenting bagi tubuh, karena ini membantu reaksi kimia yang menghasilkan energi dari makanan.

Selain itu, mineral berfungsi untuk melindungi tulang, otot, jantung, dan otak. Mineral juga penting untuk memproduksi enzim dan hormon dalam tubuh.

Ada dua jenis mineral, yakni mineral makro dan mineral mikro.

Tubuh manusia membutuhkan lebih banyak mineral makro berupa kalsium, kalium, natrium, fosfor, magnesium, klorida, dan belerang.

Sementara mineral mikro atau mineral yang dibutuhkan dalam jumlah kecil antara lain besi, mangan, yodium, seng, fluorida, dan selenium.

Sumber mineral untuk tubuh adalah dari berbagai makanan yang kita konsumsi.

8 Makanan yang Mengandung Mineral Tinggi

Kita dapat membutuhkan semua mineral yang dibutuhkan tubuh dengan mengonsumsi makanan bervariasi dan seimbang. Berikut sumber makanan yang mengandung mineral:

  1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan yang mengandung mineral makro seperti magnesium dan fosfor.

Di dalamnya juga terkandung mineral mikro seperti seng, mangan, tembaga, selenium, dan fosfor.

Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat dikonsumsi utuh atau dijadikan selai yang dipadukan dengan buah atau sayuran segar.

2.                Kerang

Makanan tinggi kandungan mineral yang sayang dilewatkan adalah kerang. Kerang termasuk tiram dan remis, merupakan sumber mineral terkonsentrasi dan mengandung selenium, seng, tembaga, dan besi.

Mengonsumsi 6 tiram berukuran sedang (84 gram) memenuhi kebutuhan harian Anda akan seng dan tembaga, serta menyediakan 30 persen kebutuhan harian selenium dan 22 kebutuhan harian zat besi.

Seng adalah nutrisi yang penting untuk fungsi kekebalan, produksi DNA, pembelahan sel, dan produksi protein.

3.                Sayuran kucifer

Sayuran kucifer merupakan contoh makanan yang mengandung mineral dan kalsium. Sayuran hijau yang masuk dalam sayuran kucifer antara lain brokoli, kangkung, kembang kol, bok choy, kubis, dan selada air. Sayuran ini sangat kaya akan belerang, mineral yang diperlukan untuk fungsi seluler, produksi DNA, detoksifikasi, dan sintesis glutathione, antioksidan kuat yang diproduksi oleh tubuh.

Selain belerang, sayuran kucifer merupakan sumber banyak mineral lainnya, termasuk magnesium, kalium, mangan, dan kalsium.

4.                Jeroan

Jeroan termasuk makanan yang mengandung mineral mikro.

85 gram hati sapi dapat memenuhi kebutuhan tembaga harian dan menyediakan 55%, 41%, 31%, dan 33% dari kebutuhan harian Anda masing-masing akan selenium, seng, zat besi, dan fosfor. 

Selain itu, jeroan kaya akan protein dan vitamin, termasuk vitamin B12, vitamin A, dan folat.

5.                Jamur

Jamur mengandung empat mineral penting yakni tembaga, kalium, selenium, dan seng. Inilah mengapa jamur juga disebut sebagai makanan yang mengandung mineral dan zinc.

Jamur merupakan makanan rendah kalori dan dapat menambah rasa pada makanan.

Jamur yang mengandung mineral tinggi dan baik untuk tubuh antara lain jamur kancing putih, shiitake, cremini, dan portobello.

6.                Alpukat

Buah yang mengandung mineral adalah alpukat. Buah ini kaya akan mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan tembaga.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan tinggi makanan kaya kalium seperti alpukat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain mineral, alpukat kaya akan lemak sehat, serat, dan vitamin.

7.                Telur

Telur sering disebut sebagai makanan yang mengandung vitamin alami dan mengandung banyak mineral penting.

Kandungan nutrisi dalam telur di antaranya zat besi, fosfor, seng, dan selenium, serta banyak vitamin, lemak sehat, antioksidan, dan protein.

Kuning telur mengandung hampir semua vitamin, mineral, dan senyawa bermanfaat lainnya untuk tubuh. Jadi pastikan si Kecil memakan telur utuh, bukan hanya putihnya ya Bu.

8.                Buah-buahan tropis

Selain alpukat, buah yang mengandung mineral adalah buah-buahan tropis seperti pisang, manga, nanas, markisa, jambu biji, dan nangka.

 Selain kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin, banyak buah-buahan tropis merupakan sumber mineral yang sangat baik, seperti potasium, mangan, tembaga, dan magnesium. Ini menjadikan buah-buahan tropis sebagai makanan yang mengandung mineral dan vitamin.

 

Pisang, salah satu buah tropis terpopuler, kaya akan beragam mineral, termasuk potasium, magnesium, dan mangan.

Coba tambahkan beberapa buah tropis ke dalam smoothie Anda atau nikmati buah tropis segar untuk meningkatkan asupan mineral, serta asupan vitamin, serat, dan antioksidan di dalam tubuh.

Selain memenuhi asupan si Kecil dari makanan, Ibu juga dapat memberikan nutrisi tambahan dari MILO Activ-Go dengan kandungan malt lebih tinggi yang rasanya disukai anak.

Kandungan malt yang lebih tinggi dapat membantu meningkatkan optimalisasi pelepasan energi untuk mendukung kebutuhan energi harian anak.

MILO Activ-Go menjadi minuman yang mengandung mineral serta vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Jadi, jangan lupa lengkapi asupan makanan yang mengandung mineral dengan memberikan si Kecil MILO ya!


 

Source:

  1. Weekand - Five Reasons the Body Needs Energy. Dari https://www.weekand.com/healthy-living/article/five-reasons-body-needs-energy-18009821.php. Diakses 29 September 2023
  2. MedlinePlus - Minerals. Dari https://medlineplus.gov/minerals.html. Diakses 29 September 2023
  3. Ros E. (2010). Health benefits of nut consumption. Nutrients, 2(7), 652–682. https://doi.org/10.3390/nu2070652
  4. Healthline - 16 Foods Rich in Minerals. Dari https://www.healthline.com/nutrition/foods-with-minerals. Diakses 29 September 2023  
  5. My Food Data - Top 15 Foods Highest in Minerals. Dari https://www.myfooddata.com/articles/high-mineral-foods.php. Diakses 29 September 2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.