17 November 2022

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Bagikan Artikel:

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan anak? Kalau Ibu merasa belum tahu, tidak mengapa. Ini saatnya ibu mengetahui fungsi kalsium untuk anak.

Menurut Dietary Guidelines pada tahun 2010, anak berusia 4-8 tahun mengonsumsi dua setengah gelas susu (1000 Mg) perhari. Kalsium untuk anak 9 tahun ke atas, membutuhkan tiga gelas susu (1.300 Mg) setiap harinya.

Perlu Ibu pahami, sebenarnya tubuh memiliki cadangan kalsium di dalam tulang. Ketika anak kekurangan kebutuhan harian kalsium, secara otomatis tubuh akan mengambilnya dari tulang. Hal inilah yang membuat tulang menjadi lebih rapuh dan mudah terkena masalah kesehatan.

Apakah kalsium bisa meninggikan badan? Ada beberapa faktor yang memengaruhi tinggi badan anak. Misalnya, faktor genetik, aktivitas yang dilakukan, dan juga pemenuhan nutrisi. Sudah disebutkan sebelumnya, kalsium sebenarnya sudah berada di dalam tulang. Kalsium berfungsi untuk menjaga kekuatan tulang agar tidak menurun. Kegunaan kalsium inilah yang membuat pertumbuhan anak dapat berjalan dengan baik dan berlangsung maksimal.

Baca Juga: WAJIB TAHU, INI 5 MANFAAT KALSIUM DALAM SUSU SACHET

Lalu apa saja manfaat kalsium bagi pertumbuhan dan perkembangan anak? Simak beberapa penjelasannya berikut ini.

1. Membentuk Tulang yang Kuat

Tahukah Ibu kalau 99% kalsium di dalam tubuh sudah dicadangkan di dalam gigi dan tulang. Tentunya, manfaat kalsium di sana supaya menjaga kepadatan tulang dan gigi. Jangan sampai tulang dan gigi menjadi kopong sehingga mudah sekali rusak atau rapuh.

Fungsi yang satu ini bagi anak akan terlihat langsung melalui pertumbuhan, lho. Bila anak selalu tercukupi kebutuhan harian kalsiumnya, pastinya tulang dan giginya lebih kuat. Ia pun cepat tumbuh tinggi.

2. Mencegah Osteoporosis

Manfaat kalsium yang satu ini sebenarnya baru terlihat ketika anak beranjak dewasa. Umumnya, pada usia 20-25 tahun, kepadatan tulang seseorang akan berkurang. Hal ini membuat, tulang dan gigi semakin rentan untuk keropos. Dalam bahasa medis, pengeroposan tulang disebut, osteoporosis.

Pemenuhan kebutuhan kalsium harian sejak usia kanak-kanak, tentunya dapat memperlambat osteoporosis terjadi. Setidaknya, anak mempunyai waktu lebih lama menikmati tulang yang kuat dan sehat.

Baca Juga: PENUHI KEBUTUHAN KALSIUM HARIAN ANAK DENGAN 7 MAKANAN INI

3. Menunjang Kerja Saraf Tubuh

Bagaimana sebenarnya otak bekerja? Sebenarnya, otak memberikan sinyal ke seluruh organ tubuh manusia untuk bekerja. Untuk melakukan pekerjaan tersebut, otak memerlukan kalsium. Manfaat kalsium di sini sebenarnya untuk membantu sistem saraf bekerja dengan baik.

Tak cuma itu, kalsium juga berguna sebagai obat penenang alami. Ketika dalam kondisi sakit, pemberian kalsium dalam membuat sistem saraf menjadi lebih rileks. Hal ini membuat rasa sakit berkurang dan otak tidak stres.

4. Mendukung Kerja Jantung

Jangan salah, kalsium juga dibutuhkan untuk membantu kerja jantung, lho. Sebenarnya, mineral yang satu ini dapat memperlancar proses pembekuan darah. Hal ini dapat menjaga otot jantung berdetak teratur.

Bahkan, bisa mengontrol pemompaan darah ke seluruh organ tubuh. Dengan mengendurkan otot polos, kalsium juga dapat mengurangi risiko terjadinya tekanan darah naik.

Itu tadi beberapa manfaat kalsium yang perlu Ibu ketahui. Lengkapi kebutuhan energi anak di pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya. Untuk melengkapi energi anak sekaligus memberikannya minuman dengan kandungan susu, berikanlah MILO 3in1.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak Aktivitas
5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan

Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online Aktivitas
Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online

Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak

Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya Aktivitas
Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya

Kamu punya hobi bermain games di PC atau gadget setiap hari? Kayaknya kamu harus mulai mengasah skill permainanmu, deh. Siapa tahu kamu nantinya bisa

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah Aktivitas
5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak Aktivitas
Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan

Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya

Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Tahukah Ibu kalau memberi makanan dan minuman anak tidak boleh sembarangan. Apalagi saat anak Ibu sudah memasuki usia sekolah. Ada sejumlah kebutuhan

5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani Aktivitas
5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Pernahkah Ibu melihat anak menangis karena tidak mau masuk kelas? Biasanya, ini terjadi karena ia tak ingin berpisah dari Ibunya. Hal selanjutnya yang

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana Aktivitas
5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun,