Apa Manfaat Konsumsi Makanan Tinggi Asam Folat?

Bagikan Artikel:

Ibu perlu tahu bahwa anak perlu mengonsumsi folat atau asam folat cukup untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Dari data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setiap harinya anak laki-laki dan perempuan usia 10 – 18 tahun membutuhkan asupan 400 mcg folat.  

Supaya tahu lebih banyak tentang apa itu asam folat dan manfaat makanan tinggi asam folat, Ibu bisa menyimak bahasan di bawah ini.

Definisi Asam Folat

Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat yang merupakan salah satu vitamin B kompleks, yaitu vitamin B9. Tubuh tidak menghasilkan folat secara alami, sehingga Ibu perlu memberikannya pada anak melalui makanan dan juga bisa dengan suplemen makanan, seperti pada susu asam folat tinggi.  Namun untuk konsumsi suplemen, dianjurkan dikonsultasikan terlebih dulu pada dokter. Ibu juga perlu tahu kalau beberapa makanan secara alami mengandung folat, sementara asam folat adalah bahan sintetis folat yang ditambahkan ke makanan lain.

Manfaat Asam Folat

Kekurangan folat atau asam folat dapat menyebabkan anemia megaloblastik, yang ditandai dengan gejala kelelahan, kehilangan fokus atau sulit berkonsentrasi, dan denyut jantung yang tidak teratur. Gejala kekurangan asam folat lainnya meliputi sesak napas, detak jantung yang tidak teratur, kesulitan fokus, dan kelelahan.

Ibu juga perlu tahu kurangnya asupan asam folat bisa meningkatkan risiko stres, gangguan kecemasan, atau depresi.

Ibu juga perlu memastikan konsumsi makanan mengandung asam folat pada anak tidak melebihi kebutuhan yang disarankan. Ini karena kelebihan asam folat bisa memicu masalah asam lambung dan diare.

Sumber Makanan Tinggi Asam Folat

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak, Ibu bisa memberikan beberapa jenis makanan kaya asam folat dan minuman tinggi asam folat sebagai berikut: 

1. Hati sapi

Ibu bisa menyajikan menu dengan hati sapi untuk memenuhi kebutuhan asam folat pada anak. Pada tiap sajian 85 gram hati sapi mengandung 212 mcg folat. Selain itu, hati sapi juga mengandung protein, vitamin A, vitamin B12, dan tembaga.  

2. Sayuran berwarna hijau gelap

Selain hati sapi, Ibu juga bisa memberikan sayuran tinggi asam folat, seperti  brokoli, bayam, asparagus, sawi hijau, dan kubis hijau. 

Sebagai contoh, penyajian setengah cangkir brokoli mengandung 52 mcg folat. Brokoli juga makanan kaya serat yang membantu mengurangi peradangan dan mengontrol gula darah.

3. Telur

Bagi anak yang suka telur dan tidak ada alergi dengan telur, Ibu bisa memberikan menu ini untuk asupan untuk memenuhi kebutuhan asam folat anak. Satu butir telur rebus mengandung 22 mcg folat. Selain itu, telur juga mengandung protein, selenium, riboflavin, dan vitamin B12. 

4. Buah-buahan

Untuk camilan sehat bagi anak, Ibu bisa menyediakan buah yang mengandung asam folat seperti jeruk, pisang, dan alpukat. Setengah buah alpukat mentah mengandung 82 mcg folat. Selain itu, alpukat yang merupakan buah tinggi asam folat ini juga mengandung potassium, vitamin C, dan juga vitamin K.

5. Kacang-kacangan

Sumber makanan asam folat lainnya juga bisa didapat dari jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, dan kacang polong.

Perlu diingat bahwa sebagian besar makanan yang kaya asam folat harus dimasak dengan benar untuk mempertahankan kandungan nutrisi yang tinggi.

Itu tadi manfaat konsumsi makanan tinggi asam folat bagi anak yang perlu Ibu ketahui. Lengkapi juga kebutuhan energi anak di pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya. Untuk melengkapi energi anak sekaligus memberikannya minuman dengan kandungan susu, Ibu bisa menyiapkan MILO 3in1.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Menkes RI. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia.
  2. Healthline. Folic Acid: Everything You Need to Know. Dari https://www.healthline.com/nutrition/folic-acid . Diakses 5/10/2023
  3. WebMD. Folate (Folic Acid). Dari https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-folic-acid . Diakses 5/10/2023
  4. Felman, A. What to know about folic acid. Dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/219853 . Diakses 5/10/2023
  5. Ajmera, R. 15 Healthy Foods That Are High in Folate (Folic Acid). Dari https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-folate-folic-acid . Diakses 5/10/2023
  6. Burford, M. 8 Foods With Folate. Dari https://www.verywellhealth.com/folic-acid-foods-5216787  . Diakses 5/10/2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.