Ibu Cari Makanan yang Rendah Gula buat Anak? Coba 8 Buah Ini

Bagikan Artikel:

Banyak anak yang cenderung memilih makanan manis dibandingkan dengan rasa lain, seperti asin ataupun asam. Dibandingkan makanan yang rendah gula, hidangan-hidangan manis memang selalu berhasil jadi favorit anak.

Sayangnya, asupan gula yang berlebih juga perlu dihindari demi seimbangnya nutrisi di dalam tubuh. Sebaiknya, asupan gula dijaga dengan memberi anak makanan yang kadar gulanya lebih rendah.

Yuk, simak apa saja buah sebagai alternatif makanan yang rendah gula yang dapat diberi ke anak!

 

1. Semangka

Semangka adalah buah berair banyak yang sangat menyegarkan untuk dikonsumsi pada siang hari. Nah, kabar baiknya, semangka juga punya kandungan gula yang rendah. Dalam secangkir penuh semangka yang dipotong dadu, kandungan gulanya tidak melebihi 10 gram.

 

2. Stroberi

Stroberi termasuk makanan yang rendah gula? Mungkin tak pernah Ibu duga sebelumnya. Namun, faktanya seperti itu, Bu! Dalam satu cangkir stroberi mentah, terdapat sekitar 7 gram gula. Jumlah tersebut sudah cukup direkomendasikan untuk kebutuhan harian rata-rata anak.

 

3. Kiwi

Ingin mengganti yang manis-manis dengan yang asam? Ibu bisa memberikan kiwi pada anak. Dalam satu buah kiwi, kadar gula yang terkandung hanya 6 gram. Itulah sebabnya kiwi dapat dikategorikan sebagai salah satu makanan yang rendah gula. Selain itu, kiwi juga mengandung vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang berguna bagi tubuh.

 

4. Alpukat

Alpukat termasuk buah yang hampir bebas gula. Kadar gula yang terdapat pada alpukat termasuk sangat rendah, yaitu sekitar 1 gram. Bonusnya, buah less sugar ini juga merupakan sumber lemak dan serat yang baik bagi tubuh. Ibu bisa menyajikan alpukat dicampur buah-buahan lain dan segelas susu sebagai makanan pagi anak. 

 

5. Blewah

Buah blewah yang berwarna oranye ini dikenal dengan rasanya yang manis dan daging buahnya yang lembut. Meski manis, rupanya blewah tergolong makanan rendah gula. Satu cangkir blewah mengandung sekitar 13 gram gula. Coba bandingkan dengan sekaleng minuman soda (12 ons) yang bisa mengandung hampir 40 gram gula dengan nilai gizi yang sedikit. 

 

6. Jeruk 

Jeruk juga termasuk makanan yang rendah gula. Dikemas dengan Vitamin C yang tinggi, jeruk baik dikonsumsi anak yang ingin mengurangi camilan manis. Buah jeruk setidaknya punya sekitar 12 gram gula per buah dan kurang dari 70 kalori. 

 

7. Lemon

Tinggi Vitamin C, lemon bersama kelompok citrus lainnya adalah buah yang cukup asam. Buah jenis ini tidak mengandung banyak gula, yakni hanya 1 atau 2 gram gula per lemon. 

Tak cuma itu, menambahkan air perasan lemon ke dalam segelas air bisa membantu mengurangi nafsu makan, lho. Tak salah bila digunakan oleh anak yang kelebihan berat badan.

Beberapa buah di atas memang rendah gula. Namun, bukan berarti anak sama sekali tidak boleh mengonsumsi buah-buahan lain yang tinggi gula. Anak usia 6-12 tetap boleh saja memakannya. Hal tersebut karena, meski gulanya tinggi, buah-buahan itu juga mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Hanya saja yang perlu diperhatikan, Ibu perlu membatasi jumlah yang dikonsumsinya setiap hari. Kombinasikan dengan asupan sehat lainnya dan aktivitas fisik yang cukup.

Penting juga Ibu menjaga asupan rendah gula anak dengan memberikan MILO Less Sugar setiap hari. Ya, MILO kini hadir dengan varian less sugar. MILO Less Sugar dibuat tanpa penambahan gula pasir, tinggi serat dan protein, serta punya rasa coklat MILO yang khas dan disukai. Perlu Ibu tahu, dalam segelas minuman coklat berenergi ini terdapat kandungan Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi. Semuanya bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan dan juga menambah 100% energi anak. Rasanya yang lezat yang berasal dari ekstrak malt, bubuk kakao, dan juga susu ini pasti disukai anak. 

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Persiapan Lebaran Aktivitas
Tips Libatkan Anak untuk Persiapan Lebaran

Banyak kesibukan yang biasa dilakukan untuk persiapan Lebaran. Mulai dari membeli baju Lebaran, membuat kue kering dan menu makanan Lebaran,

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Aktivitas
Selain Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain dari Vitamin A!

Ibu tampaknya sudah banyak tahu soal manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, baik untuk orang dewasa dan juga anak. Namun, selain untuk indera

menu makanan sehat Aktivitas
Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk

Makanan antioksidan tinggi Aktivitas
Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel

Makan dulu atau olahraga dulu Aktivitas
Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Penjelasannya

Nutrisi yang tepat adalah hal yang penting saat berolahraga. Tetapi, banyak orang seringkali bingung soal nutrisi saat berolahraga. Baik jenis

Susu yang bisa menambah tinggi badan Aktivitas
Cek Nutrisi Penting Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Indikator penting dalam tumbuh kembang anak ada dua, yakni berat badan dan tinggi badan.Tenaga kesehatan biasanya mengukur pertumbuhan si kecil dengan

Macam macam makanan yang mengandung kalsium Aktivitas
Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang

Manfaat vitamin C untuk tubuh Aktivitas
Ketahui 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut Ini

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya Ibu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi anak tiap harinya

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.