22 December 2023

Daftar Makanan yang Mengandung Probiotik, Baik untuk Tubuh!

Bagikan Artikel:

Kebiasaan anak yang sering jajan sembarangan kadang membuatnya gampang mengalami masalah sakit pencernaan. Nah, Ibu perlu tahu kalau salah satu cara untuk menjaga kesehatan organ pencernaan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik.

Lalu, apa yang dimaksud probiotik? Probiotik adalah mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang memberikan manfaat kesehatan saat dikonsumsi. Manfaat probiotik diantaranya meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, membantu fungsi otak, seperti mengurangi stres dan depresi, meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan kulit, juga menjaga kesehatan jantung. 

Salah satu cara untuk mendapatkan probiotik alami yaitu dengan mengonsumsi sejumlah makanan fermentasi. Nah, apa saja makanan sumber probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh? Ibu bisa menyimak bahasannya di sini. 

1. Yoghurt 

Yoghurt adalah salah satu sumber probiotik alami. Minuman mengandung probiotik ini terbuat dari susu yang difermentasi oleh beberapa jenis bakteri jenis asam laktat Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Ibu sebaiknya memilih yoghurt yang mengandung kultur aktif atau bakteri hidup karena memberi manfaat bakteri baik lebih optimal. 1

Selain menyehatkan sistem pencernaan, yoghurt juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mengontrol berat badan tetap ideal.

2. Tempe

Ibu pasti sering menghidangkan lauk tempe untuk menu sehari-hari bagi anak dan anggota keluarga lainnya. Hidangan khas Indonesia ini merupakan makanan tinggi probiotik yang diolah dengan proses fermentasi untuk mengurangi kadar asam fitat dan juga menghasilkan vitamin B12. Selain merupakan makanan kaya probiotik, tempe juga sumber protein, asam folat, tembaga, seng, serat pangan, dan isoflavone. 

3. Kimchi

Bagi yang suka makanan Korea, hidangan kimchi sepertinya sudah tidak asing lagi. Menu ini merupakan sayuran yang mengandung probiotik yang dibuat dengan cara fermentasi sayur kubis. Kimchi mengandung bakteri Lactobacillus kimchi dan bakteri asam laktat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.1

4. Acar

Ibu juga bisa menyiapkan acar yang merupakan buah yang mengandung probiotik karena diolah dari buah mentimun yang difermentasi pada larutan garam dan air lalu didiamkan semalaman atau lebih. Acar mengandung bakteri probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Untuk mengolah acar sebaiknya dibuat tanpa cuka karena jika memakai cuka tidak mengandung probiotik hidup. 1

5. Keju

Ibu bisa menyajikan menu keju seperti mozzarella, gouda, dan cheddar sebagai makanan yang mengandung probiotik. Tapi perlu dicatat, tidak semua keju mengandung probiotik. Untuk itu, Ibu bisa mengeceknya di label kemasan dan tertera ‘live cultures’ atau ‘active cultures’.1 

Selain mengandung probiotik, keju juga punya nutrisi lain yang tak kalah penting seperti protein, vitamin A, vitamin B12, vitamin K, zink, kalsium, dan vitamin D.

6. Kefir

Ibu juga bisa memberikan menu kefir yang mirip yoghurt. Kefir adalah minuman susu yang mengandung probiotik dan diolah dari susu sapi atau susu kambing yang ditambahkan dengan butiran kefir, yang merupakan strain bakteri baik dan ragi. Kandungan probiotik pada kefir lebih beragam dibandingkan yoghurt dan juga bisa jadi opsi bagi anak yang intoleran terhadap laktosa.1

Sekarang Ibu sudah tahu apa saja makanan yang mengandung probiotik yang banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, Ibu juga perlu melengkapi kebutuhan energi anak di pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya dengan memberikan MILO 3in1.  

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Palsdottir, H. 11 Probiotic Foods That Are Super Healthy. Dari https://www.healthline.com/nutrition/11-super-healthy-probiotic-foods . Diakses 30/10/2023  
  2. Ware, M. Everything you need to know about yogurt. Dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/295714 . Diakses 30/10/2023
  3. Kemkes RI. Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh. Dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1761/manfaat-tempe-bagi-kesehatan-tubuh . Diakses 30/10/2023
  4. WebMD. Cheese: Are There Health Benefits?. Dari https://www.webmd.com/diet/health-benefits-cheese . Diakses 30/10/2023

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Persiapan Lebaran Aktivitas
Tips Libatkan Anak untuk Persiapan Lebaran

Banyak kesibukan yang biasa dilakukan untuk persiapan Lebaran. Mulai dari membeli baju Lebaran, membuat kue kering dan menu makanan Lebaran,

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Aktivitas
Selain Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain dari Vitamin A!

Ibu tampaknya sudah banyak tahu soal manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, baik untuk orang dewasa dan juga anak. Namun, selain untuk indera

menu makanan sehat Aktivitas
Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk

Makanan antioksidan tinggi Aktivitas
Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel

Makan dulu atau olahraga dulu Aktivitas
Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Penjelasannya

Nutrisi yang tepat adalah hal yang penting saat berolahraga. Tetapi, banyak orang seringkali bingung soal nutrisi saat berolahraga. Baik jenis

Susu yang bisa menambah tinggi badan Aktivitas
Cek Nutrisi Penting Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Indikator penting dalam tumbuh kembang anak ada dua, yakni berat badan dan tinggi badan.Tenaga kesehatan biasanya mengukur pertumbuhan si kecil dengan

Macam macam makanan yang mengandung kalsium Aktivitas
Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang

Manfaat vitamin C untuk tubuh Aktivitas
Ketahui 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut Ini

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya Ibu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi anak tiap harinya

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.