Berikut 7 Kegunaan Vitamin K Bagi Tubuh

Bagikan Artikel:

Walaupun jenis vitamin K belum terlalu populer, tapi Ibu perlu tahu kalau manfaat vitamin K juga dibutuhkan oleh orang dewasa dan juga anak  karena berperan penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Tercukupinya asupan vitamin K ini sangat membantu untuk mengatasi masalah pendarahan saat anak mengalami luka-luka saat bermain atau beraktivitas. Ibu mau tahu lebih banyak tentang fungsi vitamin K dan sumber vitamin K yang sebaiknya dikonsumsi? Simak pembahasan berikut.

Jenis Vitamin K

Vitamin K terdiri dari dua jenis yaitu vitamin K1 (filokinon) dan vitamin K2 (menakinon). Vitamin K1 terdapat pada sayuran hijau sedangkan sumber vitamin K2 adalah dari produk hewani seperti hati sapi, kuning telur, serta produk susu tinggi lemak yang berasal dari sapi yang dikembangbiakkan secara organik.

Manfaat Vitamin K

Tidak hanya untuk membantu pembekuan darah, berikut beberapa manfaat lain vitamin K yang perlu Ibu ketahui.

1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Ibu perlu tahu kalau vitamin K dalam tubuh juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi anak. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi asupan vitamin K yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah pada kerusakan gigi dan penyakit periodontal.

Selain itu, vitamin K, terutama jenis vitamin K2 dapat membantu metabolisme kalsium dan sejumlah mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi.

Vitamin K2 mampu mengikat dua protein, yaitu matrix GLA protein dan osteocalcin yang berperan untuk memperbaiki dan membentuk jaringan tulang, sehingga dapat mencegah osteoporosis dan patah tulang.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Asupan vitamin K (terutama jenis K2) dapat membantu menjaga elastisitas dan kekuatan pembuluh darah di sekitar jantung sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan pada arteri koroner yang mengancam kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi vitamin K2 dapat memperbaiki fungsi arteri koroner pada pasien penyakit jantung koroner.

3. Mencegah Risiko Kanker

Manfaat penting lain dari vitamin K juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Nimptsch K menunjukkan bahwa konsumsi makanan dengan kandungan vitamin K2 yang cukup setiap hari bisa mengurangi risiko kanker prostat hingga 63 persen.

4. Menjaga Kesehatan Otak 

Kabar baiknya lagi, vitamin K juga juga bisa mendukung perkembangan otak anak dan meningkatkan kemampuan kognitif atau kemampuan berpikir yang lebih baik.

5. Meningkatkan Kemampuan Gerak

Vitamin K dapat membantu meningkatkan kemampuan gerak dan keseimbangan. Menurut studi, orang yang mengonsumsi vitamin K secara rutin memiliki kemampuan fisik yang lebih baik dan risiko jatuh yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang kurang mengonsumsi vitamin K.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Seperti disebutkan sebelumnya, vitamin K merupakan nutrisi penting dalam proses penyembuhan luka karena vitamin ini berperan penting dalam proses pembekuan darah, sehingga membantu dalam penutupan luka dan mengurangi risiko terjadinya perdarahan terlalu lama.

Vitamin K untuk bayi juga berfungsi untuk mencegah pendarahan pada tali pusat, lambung, dan juga otak.

Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin K

Vitamin K dalam makanan bisa ditemukan pada bahan makanan alami seperti buah, sayur, dan daging atau ikan. Ibu bisa memberikan beberapa jenis makanan vitamin K berikut untuk menjaga kesehatan anak.

  • Buah-buahan

Contoh buah-buahan yang mengandung vitamin K diantaranya delima, alpukat, kiwi, blueberry, anggur, dan  tomat. Ibu bisa mengolah buah-buahan ini untuk jus atau sup buat santapan anak.

  • Sayuran

Ibu bisa membuat menu untuk anak dengan menggunakan sayuran yang kaya vitamin K diantaranya bayam, kale, brokoli, kubis, kol, buncis, dan lobak hijau.

  • Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung vitamin K adalah kacang mete, kedelai, kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah.

  • Produk Hewani

Selain buah, sayuran, dan kacang-kacangan, sumber makanan vitamin K bisa didapatkan dari keju, daging,  hati sapi dan ayam, telur, susu, ikan, dan udang.

Nah, setelah menyimak bahasan di atas, kini Ibu bisa lebih paham akan manfaat dan sumber makanan yang mengandung vitamin K. Selain itu, ibu juga perlu melengkapi kebutuhan nutrisi anak sejak pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya. Lengkapi dengan MILO 3in1.

Produk MILO ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Leech, J. Vitamin K2: Everything You Need to Know. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-k2 . Diakses 4/10/2023
  2. Kemkes RI. Vitamin K. Dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/687/manfaat-vitamin-k  . Diakses 4/10/2023
  3. Cleveland Clinic. What To Know About Vitamin K2 and Its Health Benefits. Dari https://health.clevelandclinic.org/vitamin-k2/ . Diakses 4/10/2023 
  4. Kemkes RI. Makanan yang Mengandung Vitamin K. Dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/646/makanan-yang-mengandung-vitamin-k. Diakses 4/10/2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Persiapan Lebaran Aktivitas
Tips Libatkan Anak untuk Persiapan Lebaran

Banyak kesibukan yang biasa dilakukan untuk persiapan Lebaran. Mulai dari membeli baju Lebaran, membuat kue kering dan menu makanan Lebaran,

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Aktivitas
Selain Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain dari Vitamin A!

Ibu tampaknya sudah banyak tahu soal manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, baik untuk orang dewasa dan juga anak. Namun, selain untuk indera

menu makanan sehat Aktivitas
Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk

Makanan antioksidan tinggi Aktivitas
Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel

Makan dulu atau olahraga dulu Aktivitas
Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Penjelasannya

Nutrisi yang tepat adalah hal yang penting saat berolahraga. Tetapi, banyak orang seringkali bingung soal nutrisi saat berolahraga. Baik jenis

Susu yang bisa menambah tinggi badan Aktivitas
Cek Nutrisi Penting Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Indikator penting dalam tumbuh kembang anak ada dua, yakni berat badan dan tinggi badan.Tenaga kesehatan biasanya mengukur pertumbuhan si kecil dengan

Macam macam makanan yang mengandung kalsium Aktivitas
Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang

Manfaat vitamin C untuk tubuh Aktivitas
Ketahui 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut Ini

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya Ibu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi anak tiap harinya

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.