16 November 2022

Manfaat Aktivitas Fisik Bisa Diperoleh Lewat Kegiatan Ini

Bagikan Artikel:

Tak hanya makanan dan minuman bernutrisi, anak juga memerlukan kegiatan fisik untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Manfaat aktivitas fisik ini tentunya sangat diperlukan untuk kelancaran periode pertumbuhan aktif anak. Itu sebabnya, kegiatan ini jangan sampai terlewatkan.

Mengapa aktivitas fisik itu penting? Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, aktivitas fisik punya manfaat yang sangat penting bagi tumbuh kembang dan juga kesehatan fisik maupun mental anak. Kegiatan fisik ini perlu rutin dilakukan sejak dini sehingga manfaatnya bisa dirasakan pada masa depan.

Tujuan aktivitas fisik yang utama adalah mendapat kesehatan baik fisik maupun mental, tubuh yang bugar, serta sebagai salah satu sarana rekreasi. Perlu Ibu pahami, berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, anak di atas usia 6 tahun ke atas dianjurkan berkegiatan fisik selama kurang lebih 60 menit.

Baca Juga: 5 MANFAAT AKTIVITAS FISIK BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK

Cara melakukan aktivitas fisik untuk mencegah penyakit adalah dengan membaginya jadi dua hingga empat durasi waktu. Kegiatan ini juga harus disesuaikan berdasarkan usia, jenis kelamin, perkembangan fisik dan juga emosional anak. Aktivitas fisik ini juga dibagi menjadi tiga, yakni intensitas ringan, sedang, dan berat. Ibu tinggal sesuaikan dengan kondisi anak, ya.

Untuk mendapatkan manfaat aktivitas fisik yang maksimal, Ibu bisa memotivasi anak melakukan beberapa kegiatan berikut ini. Yuk, beri anak semangat!

1. Aktivitas Fisik Harian

Pertama-tama, anak bisa melakukan aktivitas fisik harian. Apakah itu? Ini merupakan sejumlah kegiatan yang biasa dilakukan dalam keseharian anak. Misalnya, menyapu, mengepel, mencuci baju, berjalan kaki, dan juga bersepeda ke sekolah.

Walau terlihat sederhana, sesungguhnya kegiatan fisik yang satu ini membakar kalori yang cukup banyak. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadarinya. Rutinitas ini tanpa disadari mendatangkan manfaat aktivitas fisik.

Ada baiknya, Ibu mulai membuat rutinitas fisik anak setiap hari. Jangan lupa untuk menyemangati anak tak melewatkan waktu piket di kelasnya. Piket kelas ini juga bisa menjadi salah satu cara anak melakukan aktivitas fisik harian.

2. Latihan Fisik

Manfaat aktivitas fisik yang maksimal juga bisa didapatkan jika anak melakukan latihan fisik. Ini sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan lebih terstruktur dan terencana dari aktivitas fisik harian. Contohnya, ibu secara rutin mengajak anak untuk jogging pada pagi hari atau setiap weekend bersepeda keliling kompleks rumah.

Tentunya, ini merupakan latihan dasar sebelum berolahraga berat. Latihan fisik ini dapat membuat tubuh anak terbiasa mendapatkan challenge. Hal tersebut membuat kekuatan fisik anak dapat meningkat. Perlu Ibu ketahui, umumnya atlet olahraga juga melakukan latihan fisik untuk meningkatkan stamina.

Baca Juga: CEK 5 MANFAAT AKTIVITAS FISIK JANGKA PANJANG INI

3. Olahraga

Setelah stamina anak semakin menguat, kamu boleh mengajaknya untuk melakukan olahraga yang lebih berat. Hal yang membedakan olahraga dengan latihan fisik adalah adanya sejumlah peraturan yang berlaku untuk melakukan aktivitas tersebut. Mulai dari kostum hingga aturan pemain ada dalam olahraga. Beberapa contohnya di antara lain sepak bola, futsal, badminton, voli, dan basket.

Biasanya, setiap cabang olahraga memiliki organisasi naungannya sendiri. Bahkan ada klub hingga sekolah untuk cabang olahraga khusus. Anak bisa memilih olahraga mana yang disukainya. Lalu, Ibu bisa mendukungnya dengan memasukan anak ke dalam klub olahraga.

Manfaat aktivitas fisik yang satu ini sebenarnya cukup banyak. Salah satunya adalah kemampuan bersosialisasi anak dapat meningkat. Hal ini karena anak akan bertemu dan berjuang dengan satu tim. Tentunya anak akan belajar kerja sama yang baik.

Itu tadi beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan manfaat aktivitas fisik. Ibu jangan sampai lupa memberikan MILO Activ-Go setelah anak beraktivitas seharian untuk mengembalikan energi yang hilang.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak Aktivitas
5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan

Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online Aktivitas
Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online

Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak

Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya Aktivitas
Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya

Kamu punya hobi bermain games di PC atau gadget setiap hari? Kayaknya kamu harus mulai mengasah skill permainanmu, deh. Siapa tahu kamu nantinya bisa

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah Aktivitas
5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak Aktivitas
Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan

Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya

Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Tahukah Ibu kalau memberi makanan dan minuman anak tidak boleh sembarangan. Apalagi saat anak Ibu sudah memasuki usia sekolah. Ada sejumlah kebutuhan

5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani Aktivitas
5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Pernahkah Ibu melihat anak menangis karena tidak mau masuk kelas? Biasanya, ini terjadi karena ia tak ingin berpisah dari Ibunya. Hal selanjutnya yang

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana Aktivitas
5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun,