Ini 7 Fungsi Vitamin dan Mineral untuk Dukung Anak Sehat dan Berprestasi

Bagikan Artikel:

Ibu perlu memahami fungsi vitamin dan mineral berperan penting bagi tumbuh kembang supaya anak sehat, aktif, dan berprestasi. Lalu apa yang dimaksud kedua nutrisi tersebut? Vitamin dan mineral adalah zat gizi mikro atau dibutuhkan dalam jumlah sedikit oleh tubuh untuk mendukung beberapa fungsi tubuh agar berjalan normal.

Pastikan untuk mengonsumsi vitamin dan mineral dalam jumlah cukup. Sebab jika kekurangan dan berlebihan, sama-sama berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi vitamin dan mineral dalam takaran yang tepat atau menyesuaikan kebutuhan vitamin dan mineral per hari berdasarkan Angka Kecukupan Gizi yang diatur pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 tahun 2019.

Mayoritas vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman sehat.

Vitamin sendiri memiliki 13 jenis dan 8 di antaranya termasuk dalam kelompok vitamin B. Sementara zat mineral juga beragam jenisnya, diantaranya adalah kalsium, zink, fosfor, zat besi, tembaga, selenium, dan magnesium.

Lalu apa saja fungsi dan contoh vitamin dan mineral? Ibu bisa menyimak ulasan berikut.

7 Fungsi Vitamin dan Mineral

1. Vitamin A

Jenis vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan penglihatan, mendukung fungsi kekebalan tubuh, dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel.

2. Vitamin B kompleks

Terdiri dari termasuk B-1 (tiamin), B-2 (riboflavin), B-3 (niasin), B-5 (asam pantotenat), B-6 (piridoksin), B-7 (biotin), B-9 (folat), dan B-12 (kobalamin). Fungsi penting dari vitamin B kompleks adalah untuk membantu produksi energi, pembentukan sel darah merah, dan mendukung fungsi saraf dan kognitif.

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis antioksidan dimana dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Fungsi lain dari vitamin C juga mendukung kesehatan kulit, penyembuhan luka, dan produksi kolagen.

4. Vitamin D

Selain mendukung kesehatan tulang, vitamin D juga berfungsi untuk menjaga fungsi otot, pertumbuhan sel, daya tahan tubuh, dan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Selain dengan makanan, tubuh juga perlu mendapatkan paparan matahari untuk mengoptimalkan proses pembentukan vitamin D.

5. Vitamin E

Vitamin E juga kaya antioksidan yang berperan menangkal radikal bebas, dan berkontribusi pada kesehatan kulit, melindungi membran sel, dan berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.

6. Vitamin K

Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah, mengatasi pendarahan yang berlebihan penggumpalan darah, dan mendukung kesehatan tulang. Jenis vitamin K ada 2 kelompok, yakni K1 yang berasal dari sayuran dan K2 dari sumber makanan hewani.

7. Mineral

Mineral terbagi menjadi dua jenis, yaitu mineral makro dan mikro. Mineral makro meliputi kalsium, magnesium, fosfor, natrium, kalium, klorida, dan belerang. Sedangkan mineral mikro meliputi besi, seng, tembaga, mangan, yodium, selenium, dan molibdenum.4

Fungsi mineral tersebut sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang, pembentukan hemoglobin, menjaga kontraksi otot, transmisi saraf, mendukung fungsi otak (menjaga konsentrasi dan daya ingat), menjaga imun, dan berperan dalam pembentukan sel dan hormon. 

Dari bahasan di atas bisa diketahui apa perbedaan vitamin dan mineral jika dilihat dari jenis dan fungsinya pada tubuh.

Sumber Vitamin dan Mineral

Berikut beberapa makanan dan minuman sumber vitamin dan mineral yang bisa Ibu berikan pada menu harian anak. 

  • Vitamin A: wortel, kentang manis, labu, bayam, dan hati.
  • Vitamin B: daging sapi dan ayam, ikan, biji-bijian, sayuran hijau, dan susu.
  • Vitamin C: jeruk, stroberi, kiwi, tomat, kubis, dan paprika.
  • Vitamin D: salmon, telur, dan margarin.
  • Vitamin E: biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan produk gandum.
  • Vitamin K:. Sumber makanan termasuk sayuran hijau, minyak kedelai, dan buah-buahan seperti kiwi dan alpukat.
  • Mineral: telur, daging sapi, ayam, ikan, kerang, hati ayam/sapi, alpukat, kacang-kacang, kismis, dan biji-bijian utuh.

Itulah beberapa fungsi vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang anak sehat, aktif, dan berprestasi. Selain itu, Ibu juga perlu menjaga agar asupan makanan anak bergizi lengkap dan seimbang.

Selain itu, jangan lupa lengkapi asupan nutrisi anak dengan segelas MILO 3in1 agar anak tetap berenergi setelah beraktivitas.

MILO 3in1 dengan malt, susu, dan rasa cokelat yang lezat diperkaya vitamin B1, B2, B3, B6, kalsium, dan fosfor, dan zat besi, untuk membantu anak kembali berenergi setelah beraktivitas. Rasa cokelatnya yang lezat juga lebih enak dan segar dinikmati dalam penyajian dingin.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.