17 November 2022

Jangan Terlewat, Ini Fungsi Zinc untuk Tubuh!

Bagikan Artikel:

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya tahan tubuh anak bisa berkurang dan akhirnya menghambat kegiatan. Salah satu jenis gizi yang dibutuhkan oleh anak adalah zinc. Fungsi zinc bagi tubuh anak ternyata penting, lho.  

Fungsi Zinc untuk Tubuh

Ibu tentunya bertanya-tanya vitamin zinc untuk apa? Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Juni 2022 dalam American Journal of Clinical, manfaat vitamin zinc salah satunya dapat membantu anak mencapai tinggi dan berat yang sehat. Itu sebabnya, mineral ini dibutuhkan untuk anak dalam masa pertumbuhan.

Fungsi zinc dalam tubuh juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kondisi ini membantu anak aktif untuk bisa terus beraktivitas tanpa hambatan. Tubuh anak pun jadi terhindar dari sejumlah masalah kesehatan.

Selain itu fungsi zinc atau manfaat zinc bagi tubuh anak juga membantu perangsangan kinerja sekitar 100 jenis enzim. Supaya manfaat zinc untuk anak bisa optimal, Ibu perlu memastikan asupan nutrisi zinc yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan zinc harian. 

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan, anak laki-laki dan perempuan usia 10 – 12 tahun membutuhkan zinc kisaran 8 mg per hari. Sementara  anak laki-laki usia 13–18 tahun membutuhkan zinc 11 mg per hari. Dan anak perempuan usia 13–18 tahun membutuhkan 9 mg zinc per hari.

Ibu mau tahu fungsi zinc bagi tubuh anak yang lainnya? Coba cek beberapa penjelasannya berikut ini. 

1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Fungsi zinc bagi tubuh anak yang pertama adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mineral yang satu ini ternyata bisa mengaktifkan sel darah putih. Tepatnya, limfosit sel T. Nah, perlu Ibu tahu sel tersebut berguna untuk meningkatkan imun tubuh anak.

Sudah pasti kalau kebutuhan zinc anak cukup, pastinya ia bisa terhindar dari bakteri, virus, dan juga jamur yang bisa mengganggu kesehatan. Tentunya, risiko terkena berbagai penyakit bisa menurun. 

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Tahukah Ibu kalau seluruh organ tubuh kita ini diatur gerakannya oleh otak? Nah, tentunya otak memerlukan suatu perantara untuk menyampaikan maksudnya ke organ-organ tubuh lain.

Ternyata, zinc bisa menjadi perantara tersebut. Mineral ini punya manfaat menjaga komunikasi antarsaraf. Dengan begitu otak bisa bekerja dengan lancar tanpa adanya hambatan. Anak akan memiliki daya ingat yang baik dan juga bisa berpikir dengan sempurna. 

Kekurangan zinc bisa berdampak fungsi kognitif kurang baik, diantaranya susah konsentrasi, gangguan kecemasan, stres, dan sering lupa.  

3. Mempertahankan Nafsu Makan Sehat

Adakalanya, anak sering kehilangan nafsu makan. Bisa juga anak malas untuk sarapan pagi dan akhirnya membuat ia jajan berlebih saat berada di sekolah. Tentunya, hal ini tidak baik untuk kesehatan. Anak bisa mengalami malnutrisi ataupun kelebihan berat badan.

Salah satu khasiat zinc bagi tubuh anak adalah dapat mencegah anak kehilangan nafsu makan. Jadi, Ibu bisa memberikan menu makanan pada saat waktu makan yang tepat. Anak terhindar dari masalah kesehatan lainnya. 

4. Membantu Perkembangan Tulang

Perlu Ibu tahu, mineral yang satu ini juga bisa membantu perkembangan tulang. Ini termasuk mempromosikan pembentukan kolagen untuk mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan kekuatan tulang, serta membantu perkembangan tulang rawan untuk sendi yang sehat. 

5. Membantu Penyembuhan Luka

Fungsi zinc atau kegunaan zinc bagi tubuh anak lainnya adalah memperlancar produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen ini dibutuhkan untuk memperbaiki, menutup, dan memulihkan bekas luka luar tubuh. Itu sebabnya, mineral ini sering digunakan sebagai bahan dasar obat perawatan kulit.  

6. Meringankan Penyakit Diare

Selain itu manfaat zinc untuk pencernaan adalah sebagai suplemen terapi dalam mengurangi keluhan saat seseorang mengalami diare. Manfaat suplemen zinc yang diresepkan dokter saat diare akan berguna untuk mencegah munculnya komplikasi lebih lanjut dari gangguan pencernaan tersebut.  

Namun Ibu perlu memastikan penggunaan zinc sesuai dengan pentunjuk dokter, karena kelebihan zinc akan berdampak seperti lemas, mual, sakit kepala, dan muntah.

Pilihan Makanan yang Mengandung Zinc

Makanan yang mengandung zinc biasanya banyak ditemukan di dalam ASI, kacang-kacangan, daging sapi, oyster, ikan laut, dan juga olahan susu. Selain itu, Ibu bisa memperoleh manfaat zinc untuk tubuh dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut: 

  • Telur 
  • Kepiting
  • Kacang Mede
  • Cokelat Hitam 

Itu tadi fungsi zinc dan beberapa makanan sumber zinc bagi tubuh yang perlu Ibu ketahui. Lengkapi kebutuhan energi anak di pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya. Untuk melengkapi energi anak sekaligus memberikannya minuman dengan kandungan susu, berikanlah MILO 3in1.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Menkes RI. 2019. Permenkes Nomor 28 tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi bagi Masyarakat Indonesia 
  2. Hafez, L.M., Aboudeya, H.M., Matar, N.A. et al. Ameliorative effects of zinc supplementation on cognitive function and hippocampal leptin signaling pathway in obese male and female rats. Sci Rep 13, 5072 (2023). https://doi.org/10.1038/s41598-023-31781-8
  3. Kemkes RI. Manfaat Zinc. Dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/760/manfaat-zinc . Diakses 30/10/2023 
  4. Galan, N. What happens when a person takes too much zinc?. Dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/326760#symptoms . Diakses 30/10/2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Persiapan Lebaran Aktivitas
Tips Libatkan Anak untuk Persiapan Lebaran

Banyak kesibukan yang biasa dilakukan untuk persiapan Lebaran. Mulai dari membeli baju Lebaran, membuat kue kering dan menu makanan Lebaran,

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Aktivitas
Selain Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain dari Vitamin A!

Ibu tampaknya sudah banyak tahu soal manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, baik untuk orang dewasa dan juga anak. Namun, selain untuk indera

menu makanan sehat Aktivitas
Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk

Makanan antioksidan tinggi Aktivitas
Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel

Makan dulu atau olahraga dulu Aktivitas
Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Penjelasannya

Nutrisi yang tepat adalah hal yang penting saat berolahraga. Tetapi, banyak orang seringkali bingung soal nutrisi saat berolahraga. Baik jenis

Susu yang bisa menambah tinggi badan Aktivitas
Cek Nutrisi Penting Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Indikator penting dalam tumbuh kembang anak ada dua, yakni berat badan dan tinggi badan.Tenaga kesehatan biasanya mengukur pertumbuhan si kecil dengan

Macam macam makanan yang mengandung kalsium Aktivitas
Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang

Manfaat vitamin C untuk tubuh Aktivitas
Ketahui 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut Ini

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya Ibu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi anak tiap harinya

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.