cara meningkatkan kecerdasan anak dengan aktivitas fisikcara meningkatkan kecerdasan anak dengan aktivitas fisik

4 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Lewat Aktivitas Fisik

31 May 2022

facebook iconwhatsapp icon

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya untuk cerdas dan berprestasi. Hal ini membuat para Ibu mencari tahu cara meningkatkan kecerdasan anak yang tepat. Bahkan, tak jarang Ibu mendaftarkan sejumlah les untuk merangsang kecerdasan anak.

Sebenarnya, cara meningkatkan kecerdasan anak tidak melulu seperti itu, Bu. Memasuki usia sekolah, anak memiliki banyak energi untuk bisa digunakan lewat aktivitas fisik. Jenis kegiatan itu juga tanpa disadari Ibu bisa meningkatkan kecerdasan otak anak, lho. Jadi, anak tidak usah melulu berkutat dengan pelajarannya.

Lalu, apa saja aktivitas fisik yang dapat melatih kecerdasan otak anak? Ini beberapa olahraganya yang perlu Ibu ketahui.

 

1. Senam Pagi

Cara meningkatkan kecerdasan anak yang pertama ini bisa dilakukan anak dan Ibu secara bersama di rumah. Ibu hanya bermodal sepatu olahraga dan video streaming. Senam pagi sebenarnya merupakan aktivitas fisik yang fungsinya untuk peregangan. Biasanya, ini akan memicu kemampuan motorik anak karena menggunakan musik dan gerakan seperti tarian.

Sekarang ini, banyak sekali contoh video latihan senam pagi yang beredar di media sosial. Ibu bisa memilih yang sesuai dengan kemampuan anak. Lakukan senam pagi setiap hari selama 30 menit bersama anak.

Melakukan gerakan fisik yang teratur ini bisa meningkatkan kadar hormon oksitosin di dalam tubuh. Nah, hormon ini berfungsi untuk meningkatkan memori otak anak.

Baca Juga : Ini Cara Tingkatkan Rasa Percaya Diri pada Anak Selama di Rumah

 

2. Lari Pagi

Salah satu penyebab yang membuat nilai akademis anak tidak begitu baik adalah sulitnya untuk fokus saat di sekolah karena mood-nya jelek. Tahukah Ibu kalau lari bisa membantu anak mengatasi masalah tersebut?

Olahraga lari sendiri sebenarnya merupakan aktivitas fisik yang tidak mengeluarkan banyak biaya dan fleksibel bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Anak cukup lari rutin setiap hari selama 20-30 menit saja, Ibu bisa melihat hasilnya.

Dengan berlari pagi sekitar lingkungan rumah, bad mood anak pun bisa menghilang. Alhasil, anak lebih bisa konsentrasi belajar. Anak yang secara teratur berolahraga ringan dapat memecahkan masalah dan meningkatkan fokus mereka ketika beraktivitas di sekolah.

 

3. Pencak Silat

Anak yang memiliki emosi tidak stabil dan sering bad mood juga dapat membuat kecerdasan otaknya sulit meningkat. Hal ini karena anak akan cenderung bersikap masa bodoh dengan pelajaran yang tengah dijelaskan. Bahkan, marah-marah dan mudah menyerah ketika tidak berhasil menyelesaikan soal dari guru. Emosi yang tidak stabil ini biasanya memang dialami oleh anak yang sudah memasuki usia puber.

Untuk itu, anak memerlukan sesuatu kegiatan untuk meluapkan emosinya supaya ia menjadi lebih tenang. Aktivitas yang cocok untuk mengatasi masalah itu adalah pencak silat.

Baca Juga : 6 Cara Membangun Karakter Saling Menghormati Dengan Olahraga

Olahraga yang satu ini biasanya menggunakan gerakan melompat, menendang, memukul, hingga berlari. Tentunya gerakan-gerakan ini bisa membuat energi anak terkuras.

Tanpa disadari aktivitas yang dilakukan saat olahraga pencak silat juga membantu anak menyalurkan emosi dengan baik. Bahkan, tubuh akan mengeluarkan endorfin atau hormon kebahagiaan yang membuat anak memiliki energi positif dan semangat. Anak pun akan merasa lega. Ketika memulai belajar, dia akan lebih segar dan mudah berkonsentrasi.

 

4. Bersepeda

Tahukah Ibu kalau salah satu manfaat bersepeda adalah untuk meningkatkan kecerdasan anak? Pasti Ibu bertanya-tanya bagaimana caranya? Jadi begini, ketika anak mengayuh sepeda, tentu ada bagian tubuh yang ikut beraktivitas. Bahkan, ada tiga anggota tubuh yang bekerja secara bersamaan, yaitu mata, tangan, dan kaki.

Ini tanpa disadari memerlukan konsentrasi penuh, terutama untuk menyelaraskan gerakan. Belum lagi, anak harus memastikan tubuhnya tetap seimbang di atas sepeda. Hal ini dapat melatih anak untuk berkonsentrasi penuh.

 

Melatih kecerdasan anak tidak lengkap tanpa adanya asupan gizi. Ibu bisa menyediakan minuman pelengkap nutrisi MILO Activ-Go sesudah anak melakukan aktivitas

Minuman coklat favorit anak ini mengandung susu, bubuk kakao, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. MILO Activ-Go juga mengandung Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

buy now image
BELI PRODUK MILO