22 December 2023

Manfaat Jalan Santai untuk Kebugaran Tubuh

Bagikan Artikel:

Kunci menjaga kebugaran tubuh salah satunya adalah dengan berolahraga. Tapi kalau anak Ibu termasuk tipikal yang tidak terlalu suka aktivitas yang menguras tenaga, ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan dengan lebih relaks. Salah satunya adalah jalan santai. Ibu bisa memotivasi anak untuk mulai konsisten berolahraga dengan mencoba jalan santai yang bisa dilakukan dimana saja, termasuk di sekitar rumah. 

Tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik, manfaat jalan santai yang dilakukan secara rutin pun bisa menyehatkan mental anak. Yuk, Bu, simak penjelasan lengkap tentang manfaat jalan kaki dan jalan santai berikut ini.  

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Supaya anak makin semangat untuk konsisten jalan santai, Ibu bisa jelaskan kalau manfaat jalan kaki setiap hari dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh sehingga mengurangi risiko flu atau pilek. Sebuah studi melakukan survei pada 1000 orang pada musim banyak orang terserang flu. Hasilnya, mereka yang jalan kaki santai selama 30 hingga 45 menit tiap mengalami gejala flu lebih ringan dan durasi sakit flu nya berkurang 43 persen dibanding dengan kelompok yang tidak melakukan jalan santai.

2. Membakar Kalori

Dampak positif lainnya dari jalan kaki pagi hari adalah membantu proses pembakaran kalori sehingga bisa menjaga berat badan ideal dan mengurangi risiko obesitas. Kalori yang terbakar tergantung pada beberapa faktor, seperti jarak yang dicapai dan kondisi medan tempat berjalan (misal, saat mendaki melewati bukit), dan juga berat badan.1 

3. Meningkatkan Energi 

Ibu juga perlu tahu kalau jalan santai ternyata bisa lebih efektif meningkatkan energi dibanding dengan minum kopi. Itu karena dengan rutin jalan kaki bisa meningkatkan aliran oksigen di tubuh dan meningkatkan sejumlah hormon tertentu seperti endorphin yang membantu meningkatkan kadar energi.  

4. Menguatkan Jantung

Mengutip dari situs kesehatan Healthline, berjalan santai minimal 30 menit sehari sebanyak lima hari seminggu dapat mengurangi risiko atau mencegah jantung koroner sekitar 19 persen. Manfaat itu akan lebih meningkat, jika durasi jalan kaki ditambah.

Sebagai contoh atau tips jalan santai, misalnya kalau pada tahap awal anak hanya kuat berjalan 1000 langkah, mungkin pada minggu selanjutnya bisa ditambah jadi 5000 langkah, atau bahkan 10.000 langkah. Supaya menjaga kaki bergerak dengan nyaman, pastikan anak memakai sepatu khusus untuk olahraga atau jalan kaki yang pas di kakinya dan memberi kenyamanan saat jalan. 

5. Membantu Memperkuat Tulang dan Sendi

Manfaat jalan untuk kesehatan juga berpengaruh pada kekuatan sendi, tulang, dan juga menambah kekuatan otot kaki. Rutin berjalan kaki juga akan mencegah menurunnya massa tulang dan mengurangi risiko retak atau patah tulang saat anak beraktivitas. 

6. Menjaga Kesehatan Mental

Berjalan santai dapat membantu meningkatkan suasana hati dengan menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan, dan depresi. Secara tidak langsung, manfaat tersebut juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada anak sehingga lebih mudah untuk bersosialisasi. 1

7. Memacu Ide Kreatif

Kabar baiknya lagi, jalan santai juga bisa meningkatkan fungsi otak sehingga memacu seseorang untuk berpikir atau melahirkan ide kreatif. 1 

Kini Ibu sudah paham apa saja manfaat jalan santai bagi anak. Selain itu, jangan lupa lengkapi kebutuhan energi anak di pagi hari dengan memberikannya MILO 3in1. Minuman coklat berenergi dengan kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO

MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.


Source:

  1. Chertoff, J. What Are the Benefits of Walking?. Dari https://www.healthline.com/health/benefits-of-walking . Diakses 25/10/2023 
  2. Harvard. Walking for Exercise. Dari https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/walking/ . Diakses 26/10/2023
  3. Kemkes RI. Ajaib Jalan Kaki. Dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1518/ajaib-jalan-kaki . Diakses 25/10/2023

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.