02 September 2022

Menanamkan kepada Anak Pentingnya Olahraga

Bagikan Artikel:

Selain makanan dan minuman kaya nutrisi, Ibu juga harus mengajak anak melakukan aktivitas fisik setiap hari. Memiliki tubuh bugar dan aktif adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Itu sebabnya, Ibu harus memperkenalkan pentingnya olahraga kepada anak. Semakin awal anak melakukannya sebagai rutinitas, semakin baik pula dampaknya untuknya.

Menurut Stanford Children Health Hospital, Amerika Serikat, olahraga sebenarnya adalah latihan gerakan yang dapat memicu aliran darah terpompa lebih cepat ke seluruh organ tubuh. Aktivitas fisik ini membuat detakan jantung lebih kencang sehingga oksigen bisa dihirup paru-paru lebih banyak lagi. Secara tidak langsung, peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh akan lebih lancar.

Itu sebabnya, Ibu harus memberi tahu anak soal pentingnya olahraga. Biasanya, anak yang teratur berolahraga akan lebih bugar, sehat, mudah konsentrasi, memiliki mood baik, dan juga tak mudah sakit.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi alasan pentingnya olahraga untuk anak. Ingin tahu apa saja? Cek di sini penjelasannya.

Baca Juga : Alasan Olahraga Pagi Bisa Bantu Sang Juara Optimalkan Tumbuh Kembangnya

 

1. Olahraga Baik untuk Pertumbuhan Fisik

Tahukah Ibu kalau otot dan tukang juga perlu dirangsang untuk pertumbuhan dan perkembangannya? Salah satu cara untuk merangsangnya adalah dengan rutin melakukan olahraga.

Selain itu, olahraga juga dapat menjaga berat badan ideal anak. Jadi, anak tidak memiliki risiko tinggi mengalami obesitas. Kelebihan berat badan ini bisa membuat perkembangan fisik terhambat, lho. Itu sebabnya, pentingnya olahraga harus dipahami anak juga.

 

2. Olahraga Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Berolahraga diperlukan supaya badan kita tetap dalam kondisi sehat. Ini karena aktivitas fisik membuat ketahanan tubuhnya meningkat. Ini artinya, anak tahan aktif berkegiatan sepanjang hari selama di sekolah.

Bila ketahanan tubuh meningkat, berarti imunitas anak pun menjadi lebih tinggi. Itu tandanya, anak jadi tidak mudah terkena penyakit ataupun terpapar radikal bebas. Dengan teratur berolahraga, anak juga bisa terhindar dari risiko penyakit jantung hingga kanker.

 

3. Mendapat Pengalaman Seru dari Olahraga

Untuk memahami pentingnya olahraga, Ibu harus mengajak anak langsung merasakan aktivitas tersebut. Ibu bisa memperkenalkan jenis kegiatan fisik yang seru untuk anak. Jangan lupa untuk melakukannya bersama. Misalnya, Ibu mengajak bersepeda keliling lingkungan rumah ataupun mengajak anak tracking di atas bukit bersama-sama. Di sela-sela tracking, Ibu bisa mengajaknya bermain di mata air.

Selain ini menjadi pengalaman olahraga yang seru, anak dan Ibu pun jadi punya quality time untuk mempererat kedekatan. Pastinya, anak akan ketagihan melakukan olahraga bersama-sama lagi.

 

4. Anak Jadi Memahami Soal Aturan

Ketika anak sudah ada minat untuk berolahraga, Ibu bisa membuatkan jadwal aktivitas fisik tersebut. Ibu bisa membuat jadwal olahraga atau aktivitas fisik bersama anak saat hari Sabtu selama 1 jam.

Durasi olahraga juga bisa lebih lama atau sebentar, sesuai dengan kemampuan anak. Lakukan secara rutin dan beri tahu anak manfaat dari rutinitas fisik tersebut. Secara tidak disadari, anak jadi belajar untuk memahami dan menaati sebuah aturan. Jadi, anak tidak kaget ketika menghadapi aturan untuk hal lain.

Itu tadi menjadi alasan betapa pentingnya olahraga bagi anak. Ibu bisa berikan MILO Activ-Go setelah anak berolahraga untuk mengembalikan energinya yang hilang. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

menanamkan kepada anak pentingnya olahraga Aktivitas
Menanamkan kepada Anak Pentingnya Olahraga

Selain makanan dan minuman kaya nutrisi, Ibu juga harus mengajak anak melakukan aktivitas fisik setiap hari. Memiliki tubuh bugar dan aktif adalah

siapkan 4 hal ini saat anak mau berangkat sekolah Aktivitas
Siapkan 4 Hal Ini Saat Anak Mau Berangkat Sekolah

Berangkat sekolah menjadi momen tersibuk Ibu dan anak ketika pagi hari. Apalagi anak sudah masuk sekolah tahun ajaran baru 2022 secara tatap muka. Itu

alasan usia ideal masuk SD adalah 7 tahun Aktivitas
Alasan Usia Ideal Masuk SD adalah 7 Tahun

Walau terlihat mudah, ternyata permasalahan memilih sekolah untuk anak cukup pelik, Ibu. Apalagi untuk anak yang baru akan merasakan jenjang

6 contoh sikap optimis untuk diajarkan kepada anak Aktivitas
6 Contoh Sikap Optimis untuk Diajarkan kepada Anak

Tahukah Ibu ternyata sikap optimis dibutuhkan anak juga dalam tahap perkembangannya. Anak pastinya memiliki impian atau target tertentu dalam

 5 cara meningkatkan percaya diri anak yang ampuh Aktivitas
5 Cara Meningkatkan Percaya Diri Anak yang Ampuh

Ibu pastinya sering mendengar istilah insecure digunakan dalam social media. Bahkan, beberapa kali anak menyebutkan kata tersebut di depan Ibu ketika

dukung perkembangan karakter anak dengan 4 cara Ini! Aktivitas
Dukung Perkembangan Karakter Anak dengan 4 Cara Ini!

Ibu merasa ada perubahan karakter anak ketika ia memasuki usia abege atau remaja? Anak yang tadinya penurut dan mudah senyum, berubah menjadi

mengenal 4 tahap perkembangan kognitif pada anak Aktivitas
Mengenal 4 Tahap Perkembangan Kognitif pada Anak

Kecerdasan kognitif anak ternyata tidak bisa muncul dengan sendirinya, lho. Anak harus mendapatkan rangsangan tertentu agar kemampuan tersebut muncul.

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Aktivitas Fisik Untuk Anak Aktivitas
Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Aktivitas Fisik

Mengapa aktivitas fisik itu penting untuk anak? Ya, semestinya Ibu jangan senang kalau anak hanya lebih suka berdiam diri saja di rumah. Bahkan, tidak

Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Anak Aktivitas
Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Olahraga Teratur untuk Anak

Ketika hari olahraga nasional, biasanya sekolah akan membuat acara pertandingan untuk seluruh murid. Ada baiknya, Ibu mempersiapkan untuk hari itu