7 Cara Menghilangkan Ngantuk saat Belajar, Wajib Coba!

Bagikan Artikel:

Mengantuk adalah salah satu hal yang kadang dihadapi anak saat sedang fokus belajar. Yang bikin kesal, rasa kantuk tak jarang muncul saat motivasi belajar sedang tinggi. Hal ini tentu berpotensi mengendurkan semangat untuk mencari ilmu dan mengembangkan diri.

Lalu bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat belajar? Bagaimana solusi biar tidak ngantuk ketika sedang mempelajari sesuatu? Simak ulasannya berikut ini. 

Penyebab Kantuk Saat Belajar

Mudah ngantuk saat belajar adalah hal umum yang biasa terjadi pada semua orang. Banyak hal yang mengakibatkan kantuk ketika sedang belajar sendiri maupun di ruang kelas. Riset menyebutkan konsentrasi pelajar memang cenderung menurun setelah 10 menit pertama karena diserang kantuk.

Penyebab ngantuk saat belajar pun beragam. Usai mengonsumsi makanan terlalu banyak, anak biasanya akan kekenyangan. Hal ini memicu timbulnya rasa kantuk yang susah hilang. Selain itu, penyebab ngantuk yang lain adalah akibat menderita hipersomnia.

Hipersomnia merupakan kondisi di mana seseorang terus mengantuk sepanjang hari meski sudah tidur cukup. Faktor lain seperti belajar saat larut malam, belajar usai melakukan aktivitas berat atau olahraga, kualitas tidur yang buruk, stress hingga kekurangan nutrisi juga bisa memicu kantuk.

Cara menghilangkan ngantuk saat belajar sebenarnya beragam dan simpel. Berikut tips agar tidak ngantuk saat belajar.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar

1. Jaga Kualitas Tidur

Tidur yang cukup menjadi salah satu cara agar tidak ngantuk di kelas. Kurang tidur serta sejumlah gangguan tidur lain bisa membuat anak mengantuk saat sedang menuntut ilmu. Ibu perlu memastikan anak dapat menjaga kualitas tidur pada malam hari. Jika memungkinkan, anak dapat meluangkan tidur barang sebentar saat siang. 

2. Hindari Belajar di Kamar

Agar tidak ngantuk saat belajar, ada baiknya menghindari belajar di kamar tidur. Belajar di kamar akan membuat orang cenderung merasa nyaman hingga mudah mengundang kantuk.

3. Bergerak yang Cukup

Berdiri kemudian bergerak yang cukup bisa menambah energi untuk belajar. Selain membantu agar tetap terjaga, langkah simpel ini dapat membantu menghilangkan stres ketika mempelajari sesuatu.

Studi pada tahun 2018 terhadap siswa dari segala usia – mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi – menemukan bahwa 10 menit berjalan di luar ruangan secara signifikan meningkatkan kinerja siswa dalam hal memori dan pemecahan masalah matematika.

4. Tetap Terhidrasi

Tahukah Ibu bahwa dehidrasi bisa membuat otak menyusut? Penting bagi anak untuk tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari, terutama selama ujian atau sedang belajar dengan keras. Minumlah 2 liter atau 6 hingga 8 gelas air sehari agar tetap segar saat belajar.

5. Cari Paparan Cahaya

Cara menahan ngantuk selanjutnya adalah belajar dengan cahaya yang memadai. Paparan cahaya, terutama di pagi hari, adalah salah satu cara paling sederhana dan termurah untuk membangunkan pikiran dan tubuh.

Dengan kata lain, anak mungkin tak mudah ngantuk karena tubuh menerima sinyal untuk tetap terjaga saat ada cahaya. Hal ini bisa terjadi karena protein dalam tubuh yang teraktivasi saat tubuh terpapar sinar.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi pangan sehat ternyata dapat menjadi makanan pencegah ngantuk yang mujarab. Ya, makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Konsumsi makanan manis dan junk food dapat mendorong tubuh lesu karena meningkatnya gula darah.

Ibu bisa memberikan anak makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks dan lemak sehat untuk menjaga kebugaran tubuh sebelum belajar.

7. Belajar Kelompok                   

Anak sering cepat ngantuk jika belajar sendirian? Jika demikian, cobalah membiasakan anak untuk belajar kelompok untuk mengatasi problem itu. Dengan saling berbagi ilmu dan berinteraksi, anak akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar.

Selain deretan tips di atas, kebiasaan minum susu coklat hangat sebelum tidur dapat membuat anak lebih berenergi di keesokan hari. Saat tidur malam, nutrisi dalam susu coklat akan diserap tubuh menjadi cadangan energi saat anak bangun di pagi hari. Anak akan lebih berenergi ketika mempersiapkan diri untuk mempelajari berbagai materi sekolah dari gurunya.

Pastikan susu coklat yang dikonsumsi kaya nutrisi dan memiliki kandungan gula rendah seperti MILO 3in1. Dalam segelas MILO 3in1 terkandung ekstrak malt, cokelat, dan susu yang membuat rasanya lezat dinikmati anak.

Dengan gula 25% lebih rendah dari kemasan sebelumnya, manfaat MILO 3in1 juga diperkaya Vitamin B Kompleks yang membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh dan energi anak setiap harinya. Itu dia sejumlah cara menghilangkan ngantuk saat belajar.


Source:

  1. Hershner, S. D., & Chervin, R. D. (2014). Causes and consequences of sleepiness among college students. Nature and science of sleep, 6, 73–84. https://doi.org/10.2147/NSS.S62907
  2. Body Wise - How to Avoid Sleep While Studying ~ 12 Ways to Stay Awake! Dari https://bebodywise.com/blog/how-to-avoid-sleep-while-studying/. Diakses 19 September 2023
  3. Muehlhan, M., Marxen, M., Landsiedel, J., Malberg, H., & Zaunseder, S. (2014). The effect of body posture on cognitive performance: a question of sleep quality. Frontiers in Human Neuroscience, 8. https://doi.org/10.3389/fnhum.2014.00171
  4. Aku pintar - Cara Mengatasi Siswa Mengantuk saat Belajar. Dari https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-mengatasi-siswa-mengantuk-saat-belajar. Diakses 19 September 2023
  5. Healthline - How to Avoid Sleepiness While Studying: 9 Ways to Stay Awake. Dari https://www.healthline.com/health/how-to-avoid-sleepiness-while-studying#move. Diakses 19 September 2023
  6. GIIS Noida - Top 11 Tips to Avoid Sleep While Studying. Dari https://noida.globalindianschool.org/blog-details/how-to-avoid-sleep-while-studying. Diakses 19 September 2023
  7. Healthline - How to Stay Awake in Class: 11 Strategies for Alertness. Dari https://www.healthline.com/health/how-to-stay-awake-in-class#light-up-your-day. Diakses 19 September 2023
  8. MILO Indonesia - 7 Manfaat Minum Coklat Hangat Sebelum Tidur. Dari https://www.milo.co.id/artikel/7-manfaat-minum-coklat-hangat-sebelum-tidur. Diakses 19 September 2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.