19 August 2022

Suka Sepak Bola, Ini 4 Manfaat Olahraga bagi Anak-anak

Bagikan Artikel:

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dari tua hingga muda melakukan jenis kegiatan fisik ini. Sepak bola tentunya membawa keuntungan jika dilakukan oleh anak. Ingin tahu manfaat olahraga bagi anak? 

Manfaat bermain bola tentunya masih berkaitan dengan fisik dan kesehatan anak. Bahkan, ada yang menyebutkan sepak bola bisa mempengaruhi pertumbuhan anak. Termasuk, perkembangan emosional dan sosial. 

Jadi, Ibu jangan melarang anak ketika diajak bermain sepak bola oleh teman-temannya. Biarkan ia merasakan manfaat olahraga bagi anak. Berikut ini beberapa keuntungan yang Ibu harus tahu dari melakukan aktivitas fisik ini.

 

1. Membangun Kebiasaan Sehat

Apa yang dipikirkan Ibu ketika mendengar kata sepak bola? Pastinya, ibu akan membayangkan anak akan sering memperebutkan dan menendang bola menggunakan kaki. Ternyata, tak cuma sekadar gerakan, lho. Ada juga manfaat menendang bola yang perlu Ibu tahu. 

Menurut terapis kinesiologi Canadian National Australian Rules Football team, Sean Hayes, sepak bola dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Hal ini disebabkan olahraga ini membuat anak harus berlari, berjalan, dan melompat tanpa henti selama 90 menit permainan.

Selain itu, aktivitas menendang bola merupakan latihan kardio yang membantu meningkatkan perkembangan fisik, fleksibilitas, dan kekuatan. Itu sebabnya, anak yang rutin bermain sepak bola biasanya lebih tahan lama saat melakukan kegiatan fisik lain. Secara daya tahan tubuhnya pun lebih kuat sehingga tak mudah terserang penyakit.Selain itu, sepak bola juga dapat melatih otot dan membentuknya.

Baca Juga : Bu, Olahraga Bulu Tangkis Punya Segudang Manfaat Bagi Anak, Lho!


2. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Secara kasat mata, Ibu hanya melihat anak menendang bola dan berlari saat bermain sepak bola. Padahal yang terjadi bukan hanya itu, lho. Secara tidak disadari Ibu, permainan ini justru membutuhkan koordinasi beberapa organ tubuh. Mulai dari kaki hingga mata dan otak. 

Tentunya, hal ini juga melatih motorik anak dan refleks terhadap suatu hal. Misalnya, ketika anak harus menggiring bola ke tengah lapangan. Saat itu, mata, kaki, tangan, dan otak harus berkoordinasi. Otak yang memutuskan arah yang harus ditempuh dan gerakan dilakukan. Mata melihat arah, sedangkan kaki dan tangan sebagai eksekutor. 

Jangan heran, anak yang rutin bermain sepak bola justru lebih mudah berkonsentrasi saat belajar. Bahkan, ia bisa menjadi problem solver yang baik. Ini karena anak harus memutuskan dengan cepat arah dan gerakan yang dilakukan saat berada di permainan sepak bola. Itu dia salah satu manfaat olahraga bagi anak. 

 

3. Mengajarkan Keterampilan Sosial

Sudah disebutkan sebelumnya, manfaat olahraga bagi anak tak cuma untuk kesehatan saja. Namun, juga ada fungsinya bagi perkembangan sosial dan emosionalnya. Ingat Ibu, sepak bola merupakan permainan satu tim, bukan individual. Fakta ini mengharuskan anak untuk berinteraksi dengan banyak orang ketika ingin bergabung dalam permainan. 

Satu tim tersebut akan berlatih bersama selama berbulan-bulan, mengatur strategi, hingga saling menyemangati. Dalam olahraga ini pun, anak belajar untuk kerja sama dan menghormati kemampuan orang lain. Ia pun mulai memahami konsep bersikap sportif ketika kalah atau menang dari lawan tanding. 

Tak jarang sepak bola membuat anak memiliki beberapa sahabat dekat. Ini karena dalam satu tim mereka melalui susah-senang bersama. Anak pun dapat berkembang menjadi orang yang supel dan mudah beradaptasi di lingkungan baru.

 

4. Membuat Anak Lebih Bahagia

Tahukah Ibu, manfaat olahraga bagi anak lainnya? Sepak bola ternyata membuat anak lebih merasa bahagia. Selain karena anak bisa berinteraksi langsung bersama teman-temannya, faktor hormon juga mempengaruhi perasaan bahagia anak. 

Tanpa Ibu sadari ketika bermain sepak bola, tubuh anak juga banyak memproduksi hormon bahagia dopmain dan serotonin. Hal-hal inilah yang membuat anak merasa lebih puas secara emosional dan terhindar dari emosi yang negatif. 

Setelah mengetahui manfaat olahraga bagi anak, Ibu pastinya tahu harus menyediakan makanan dan minuman berenergi. Pantau terus energi anak supaya tetap terlengkapi. Ini supaya anak dapat beraktivitas sepak bola dengan optimal. Untuk tambahan energi anak saat ia berolahraga, berikan MILO Activ-Go

Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.
 

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak Aktivitas
5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan

Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online Aktivitas
Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online

Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak

Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya Aktivitas
Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya

Kamu punya hobi bermain games di PC atau gadget setiap hari? Kayaknya kamu harus mulai mengasah skill permainanmu, deh. Siapa tahu kamu nantinya bisa

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah Aktivitas
5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak Aktivitas
Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan

Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya

Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Tahukah Ibu kalau memberi makanan dan minuman anak tidak boleh sembarangan. Apalagi saat anak Ibu sudah memasuki usia sekolah. Ada sejumlah kebutuhan

5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani Aktivitas
5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Pernahkah Ibu melihat anak menangis karena tidak mau masuk kelas? Biasanya, ini terjadi karena ia tak ingin berpisah dari Ibunya. Hal selanjutnya yang

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana Aktivitas
5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun,