10 Manfaat Badminton untuk Dukung Fisik dan Mental

Bagikan Artikel:

Ibu perlu memberi dukungan penuh saat anak senang berlatih olahraga, termasuk badminton. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat badminton juga bagus untuk mendukung kesehatan mental dan kemampuan sosial. Berikut adalah 10 manfaat bermain bulu tangkis untuk kesehatan fisik dan mental.

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Manfaat badminton bagi tubuh adalah dapat meningkatkan kekuatan otot. Gerakan terus-menerus dari satu tempat ke tempat lain membangun massa otot dan merangsang pertumbuhan otot, terutama otot inti, betis, paha, dan hamstring.

2. Meningkatkan Fungsi Jantung

Tiap gerakan dalam permainan badminton memperkuat otot jantung dan memperlancar aliran darah. Selain itu, bermain badminton dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko serangan jantung, dan stroke.

3. Mengurangi Stres

Fungsi bulu tangkis juga bisa membantu mengurangi hormon stres dalam tubuh. Olahraga ini dapat menyegarkan pikiran dan melawan stres yang dapat mempengaruhi kemampuan fisik dan mental. Melalui olahraga ini, tubuh meningkatkan produksi hormon bahagia sehingga anak bisa lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Meningkatkan Fleksibilitas

Melakukan gerakan smash dengan backhand dan forehand saat bermain badminton dapat membantu melatih otot-otot menjadi lebih fleksibel dan kuat. Dengan memiliki fleksibilitas otot yang baik, ini akan membantu menjaga tubuh tetap aktif dan tidak mudah cedera.

5. Meningkatkan Metabolisme

Dengan berlatih badminton secara rutin, aktivitas tersebut akan membuat tubuh secara alami membakar kalori, berkeringat, yang merupakan proses detoksifikasi untuk meningkatkan metabolism tubuh. Tingkat metabolisme baik akan membuat anak selalu bugar dan tetap berenergi saat beraktivitas.

6. Memperkuat Tulang

Gerakan maju-mundur, hentakan tangan, kaki, dan lengan, juga lompatan dalam aktivitas badminton membantu  matriks kalsium sehingga bisa mendukung kekuatan dan pertumbuhan tulang. Hal ini juga merupakan manfaat badminton untuk tinggi badan.

7. Menguatkan Mental dan Semangat

Meskipun tampak ringan, olahraga ini membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi dan mental yang kuat untuk mengatur strategi menghadapi lawan tanding. Hal ini bisa manfaat untuk membangkitkan mental dan semangat pantang menyerah yang berguna dalam aspek kehidupan sehari-hari.

8. Meningkatkan Interaksi Sosial

Olahraga badminton melibatkan dua atau empat orang pemain, dimana ini adalah kompetisi sehat dan sebuah kegiatan untuk interaksi sosial sekaligus cara bersenang-senang dan gembira secara positif.

9. Meningkatkan Kemampuan Otak

Badminton butuh strategi cermat mulai dari servis, smash, dan cara pertahanan. Hal tersebut melatih anak untuk memaksimalkan kemampuan otak untuk membuat langkah dan strategi yang cermat.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat main bulu tangkis di malam hari adalah membuat tubuh merasa lebih relaks, otot lemas, sehingga membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia. Dengan tidur yang cukup hal tersebut akan membantu kesehatan secara keseluruhan, yaitu untuk fisik dan mental. Tapi pastikan, waktu olahraga di malam hari dilakukan antara jam 6 sore hingga 8 malam atau tidak boleh terlalu larut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah efek samping badminton, seperti cedera sendi, otot, dan kram. Itu sebabnya penting dilakukan pemanasan dan pendinginan setelah latihan.

Nah, itu tadi bahasan tentang manfaat badminton untuk mendukung fisik dan mental anak agar senantiasa sehat.

Ibu juga perlu tahu mempersiapkan makanan dan minuman berenergi untuk mendukung aktivitasnya. Supaya anak dapat beraktivitas dengan optimal, Ibu bisa memberikan MILO Activ-Go.

Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.