Cara Bermain Sepak Bola dan Teknik Dasarnya yang Perlu Kamu Tahu

Bagikan Artikel:

Mulai anak-anak hingga dewasa tampaknya sudah begitu akrab dengan sepak bola. Jika anak Ibu ada yang tertarik berlatih dan ingin belajar cara bermain sepak bola, ada beberapa teknik, aturan, dan juga apa manfaat dari bermain sepak bola yang perlu diketahui. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Aturan Dasar Sepak Bola

Sepak bola adalah sebuah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 orang, yang terbagi menjadi satu kiper dan sepuluh pemain lapangan. Kiper bertugas menjaga gawang dari serangan lawan. Sedangkan, pemain lapangan dibagi menjadi sumber menjadi tiga bagian yaitu: pemain bertahan, gelandang, dan penyerang.

Ukuran lapangan sepak bola internasional minimal memiliki ukuran 100m x 64m dan maksimum 110m x 75m. Lapangan dibagi menjadi dua bagian sama besar yang masing-masing berukuran 45m x 64m dengan satu garis tengah dan dua garis samping.

Teknik Dasar dan Cara Bermain Sepak Bola

Jika ada yang meminta sebutkan langkah-langkah permainan sepak bola, inti permainan ini adalah setiap tim berusaha untuk mencetak gol dengan memasukkan bola ke jaring gawang lawan. Tim yang mencetak gol terbanyak pada akhir pertandingan, akan menjadi pemenangnya. Untuk memulai pertandingan sepak bola akan dilakukan kick off di tengah lapangan yang dilakukan oleh tim yang memenangkan lemparan koin pleh wasit.

Selanjutnya yang hal-hal perlu dikuasai adalah teknik cara bermain sepak bola meliputi menendang bola, mengoper dan menerima bola, menggiring bola, menyundul, tackling (merebut bola), menyapu bola, dan juga lemparan ke dalam.

Selanjutnya mengenai cara bermain sepak bola, seperti dijelaskan sebelumnya pertandingan sepak bola dimainkan antara dua tim, masing-masing terdiri dari 11 pemain yang berada di lapangan pada saat yang bersamaan.

Durasi pertandingan durasi standar pada pertandingan sepak bola adalah 90 menit, terbagi menjadi dua babak masing-masing 45 menit, dengan jeda istirahat selama 15 menit.

Sementara yang mirip dengan teknik sepak bola juga biasa dilakukan dalam olahraga futsal yang dimainkan oleh dua tim dan setiap tim menempatkan 5 orang (1 kiper dan 4 pemain) yang bermain di lapangan. Pertandingan futsal adalah cara bermain sepak bola singkat karena dimainkan dalam durasi lebih pendek, yaitu 2 x 20 menit dan jeda istirahat 15 menit.

Untuk cara bermain sepak bola dan peraturannya lainnya yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • Offside. Seorang pemain berada dalam posisi offside jika ia lebih dekat ke garis gawang lawan dibandingkan dengan bola dan pemain lawan kedua terakhir pada saat bola dioper kepadanya.
  • Pelanggaran dan penalti. Terdapat berbagai macam pelanggaran yang dapat terjadi dalam pertandingan sepak bola, seperti menendang, mendorong, menyentuh bola dengan sengaja, atau bermain berbahaya. Wasit dapat memberikan tendangan bebas, penalti, atau mengeluarkan kartu kuning atau merah kepada pemain yang melakukan pelanggaran.
  • Gol. Tujuan dari pertandingan sepak bola adalah mencetak gol ke dalam gawang lawan. Bola dinyatakan gol saat bola melewati garis gawang antara kedua tiang gawang dan di bawah mistar gawang.
  • Lemparan sudut dan lemparan gawang. Jika tim yang melakukan serangan terakhir kali menyentuh bola sebelum bola keluar lapangan melewati garis gawang lawan, tim bertahan yang akan diberikan kesempatan lemparan gawang. Jika tim yang bertahan terakhir kali menyentuh bola sebelum bola keluar lapangan melewati garis gawang, tim lawan akan diberikan kesempatan lemparan sudut.

Apa Manfaat dari Bermain Sepak Bola?

Selain mengetahui cara bermain dan tekniknya, hal lain yang perlu diketahui yaitu manfaat bermain sepak bola secara rutin, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah.
  • Meningkatkan massa otot dan kekuatan tulang.
  • Mengurangi lemak tubuh dan menjaga berat badan ideal.
  • Meningkatkan stamina dan kecepatan.
  • Melatih fungsi otak, termasuk untuk meningkatkan konsentrasi dan koordinasi.
  • Melatih kemampuan kerja sama tim, bersosialisasi, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Itulah bahasan mengenai cara bermain sepak bola hingga manfaatnya bagi fisik dan mental. Ibu juga perlu menjaga asupan nutrisi makanan dan minuman terpenuhi agar selalu berenergi dalam aktivitas dan jangan lupa juga untuk mengonsum MILO Activ-Go.

Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.