02 January 2024

7 Olahraga Peninggi Badan untuk Remaja

Bagikan Artikel:

Tinggi badan seseorang sebagian besar dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Bahkan, sekitar 80% tinggi badan maksimal kita sudah ditentukan sejak lahir. Walau demikian, asupan gizi dan aktivitas fisik juga turut mempengaruhi tinggi badan lho, meski tidak secara signifikan.

Salah satu aktivitas fisik yang dianjurkan adalah berolahraga. Olahraga rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, menjaga berat badan, menurunkan risiko terserang penyakit, hingga menguatkan tulang dan otot. Terlebih jika dilakukan semasa remaja, saat tubuh masih dalam masa pertumbuhan.

Lalu, adakah olahraga yang bisa membantu badan tumbuh lebih tinggi? Apa saja olahraga peninggi badan untuk remaja?

Cara Olahraga Menambah Tinggi Badan

Sebelum membahas tentang olahraga yang bisa membantu tubuh lebih tinggi, kita perlu tahu bagaimana cara olahraga meninggikan badan?

Tubuh bertambah tinggi berkat pertumbuhan tulang yang memanjang. Perpanjangan tulang ini dipengaruhi lempeng pertumbuhan (growth plate) atau epifisis, yaitu tulang rawan di ujung tulang paha, tulang kering, betis, dan tulang lengan atas.

Tinggi badan dapat bertambah selama lempeng epifisis belum mengeras dan menutup, yang biasanya terjadi setelah melewati masa remaja.

Aktivitas fisik, termasuk berolahraga, membantu bertambahnya massa lempeng pertumbuhan. Olahraga yang memicu gerakan peregangan dan memberi tekanan tinggi pada bagian tulang panjang sangat disarankan untuk membantu tulang mencapai massa yang optimal.

Rutin berolahraga akan menguatkan otot dan tulang, menjaga berat badan, dan mendorong produksi hormon pertumbuhan (HGH).

Jenis Olahraga Peninggi Badan untuk Remaja

Kegiatan olahraga dapat membuat anak tetap aktif sembari tetap bersenang-senang dan tentunya baik untuk perkembangan fisik, mental, sekaligus sosialnya.

Beberapa jenis olahraga yang bisa menunjang remaja tumbuh lebih tinggi, di antaranya:

1. Push up

Gerakan push up yang sederhana menjadikan latihan ini dapat dilakukan di mana pun. Push up dilakukan dengan mengangkat tubuh bagian atas menggunakan kekuatan kedua tangan dari posisi tengkurap. Apabila dilakukan secara tepat, push up tidak hanya meningkatkan kebugaran tetapi juga menurunkan berat badan dan mendorong badan tumbuh tinggi.

Jika sulit melakukan gerakan push up standar bisa berlatih secara bertahap. Pertama, wall push up, yaitu melakukan gerakan push up sambil berdiri dengan mendorong tembok.

Kedua, seated push up, dari posisi duduk di bangku dan kedua tangan mendorong ke bawah hingga pantat dan kaki sedikit terangkat.

Ketiga, kneeling push up. Ini seperti gerakan push up standar namun kaki bertumpu pada lutut sehingga mengurangi beban tubuh bagian atas.

2. Pull up

Latihan gerakan agar cepat tinggi berikutnya adalah pull up, yaitu mengangkat tubuh menggunakan kedua tangan dari posisi bergelantungan. Posisi menggelantung saat pull up akan menarik dan meluruskan tulang belakang sehingga membantu memperbaiki postur tubuh sehingga tampak lebih tinggi.

Untuk hasil maksimal usahakan menggunakan palang dengan ketinggian yang cukup agar seluruh bagian tubuh menggantung dengan sempurna dari tangan hingga ujung kaki.

3. Lompat tali

Latihan lompat tali atau skipping tentu sudah tidak asing dan mudah dilakukan. Alat yang digunakan juga sederhana. Jika tidak memiliki tali skipping, cukup gunakan seutas tali tambang dengan panjang yang cukup.

Latihan ini sejak lama dipercaya dapat menambah tinggi badan. Namun apakah lompat bisa meninggikan badan? Gerakan melompat secara berulang berguna untuk memperbaiki postur tubuh agar lebih tegap, selain itu juga membantu meregangkan lempeng pertumbuhan pada tulang.

4. Renang

Aktivitas olahraga meninggikan badan yang selanjutnya adalah berenang. Saat berenang, tubuh akan meregang dan membuka celah-celah pada lempeng pertumbuhan. Selain itu, ketika di kolam renang pengaruh gaya gravitasi pada tubuh berkurang. Hal ini membantu meregangkan tulang belakang.

5. Basket

Selain renang, olahraga yang sering dikaitkan dengan tinggi badan adalah basket. Faktanya, gerakan berlari dan melompat saat bermain basket memang membantu pertumbuhan anak. Berlari dan melompat membantu peredaran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk ke lempeng pertumbuhan di tulang sehingga membantu tubuh tumbuh tinggi.

6. Sepakbola

Bermain sepakbola juga dapat membantu remaja tumbuh tinggi. Serupa dengan basket, pemain sepakbola juga dituntut banyak berlari dan melompat sehingga mendorong pertumbuhan pada jaringan tulang kaki. Bermain sepakbola juga mengajarkan tentang kerja sama dan sportivitas sehingga dapat membangun mental anak.

7. Bulu tangkis

Olahraga peninggi badan untuk remaja yang berikutnya adalah bulu tangkis atau badminton. Olahraga ini disebut cara paling efektif untuk mendorong tambah tinggi badan. Saat bermain bulu tangkis seluruh tubuh akan bergerak, menggunakan otot dan persendian. Ini mempengaruhi lempeng pertumbuhan pada tulang untuk tumbuh lebih panjang.

Aktif bergerak dan berolahraga memang sangat baik untuk remaja, terutama agar bantu tumbuh lebih tinggi. Namun yang juga tidak boleh lupa adalah memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan makanan dan minuman bergizi.

MILO Activ-GO memiliki kandungan utama dari susu, ekstrak malt, gula, dan coklat yang diperkaya 6 vitamin dan 3 mineral untuk bantu mengoptimalkan pelepasan energi lebih tahan lama dan mendukung anak terus aktif menjalani hari.

Itulah 7 contoh olahraga peninggi badan untuk remaja yang bisa jadi pilihan aktivitas anak. Ajak anak berolahraga secara rutin dan jangan lupa berikan susu MILO Activ-GO untuk menemani aktivitasnya!


Source:

  1. Healthline. How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? Dari https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height diakses pada 22 September 2023
  2. CDC. Benefits of Physical Activity. Dari https://www.cdc.gov/physicalactivity/basics/pa-health/index.htm diakses pada 22 September 2023
  3. Healthline. Does Basketball Make You Taller? We Found Out. Dari https://www.healthline.com/health/fitness/does-basketball-make-you-taller diakses pada 22 September 2023
  4. Vicente-Rodríguez G. (2006). How does exercise affect bone development during growth?. Sports medicine (Auckland, N.Z.), 36(7), 561–569. https://doi.org/10.2165/00007256-200636070-00002
  5. Carleton Athletics. The impact of sport on the development of children. Dari https://athletics.carleton.ca/2014/impact-sport-development-children/ diakses pada 22 September 2023
  6. Vinmec. Do push-ups help increase height? Dari https://www.vinmec.com/en/news/health-news/healthy-lifestyle/do-push-ups-help-increase-height/ diakses pada 22 September 2023
  7. Healthline. Pushups and Tips for Beginners. Dari https://www.healthline.com/health/push-ups-for-beginners diakses pada 22 September 2023
  8. Fitness Purity. Do Pull Ups Help Increase Height? 3 Tips That Can Help You! Dari https://fitnesspurity.com/pull-ups-increase-height/ diakses pada 22 September 2023
  9. Elevate Rope. Does Jumping Rope Make You Taller? Dari https://www.elevaterope.com/does-jumping-rope-make-you-taller/?v=b718adec73e0 diakses pada 22 September 2023
  10. Get It Tall. Top 10 Sports to Increase Height and Worst 5 to Avoid. Dari https://getittall.com/sports-to-increase-height/ diakses pada 22 September 2023
  11. Badminton Passion. Can badminton increase height? Dari https://www.badmintonpassion.com/can-badminton-increase-height/ diakses pada 22 September 2023
komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.